Konsep Ruang Tamu Aesthetic dan Minimalis yang Menarik

Mengubah desain ruang tamu dengan konsep aesthetic dan minimalis menjadi sangat diminati saat ini karena menjadikan hunian tampak lebih modern. Ada banyak tema yang bisa diterapkan agar ruang tamu tampak lebih estetik dengan ukuran minimalis. Simak penjelasan lengkapnya sebagai berikut.

Ruang Tamu Tema Bohemian

Tema desain ruang tamu pertama untuk membuat ukurannya yang minimalis tampak estetik adalah konsep bohemian. Ide ruang tamu yang satu ini memanfaatkan perabotan berbahan dasar rotan dengan mempertahankan warna aslinya.

pexels.com

Konsep ini bisa terapkan dengan mengecat dinding ruang tamu minimalis menggunakan warna putih netral. Selanjutnya, gunakan perabotan berupa sepasang meja dan kursi yang berbahan rotan. Jangan lupa untuk menambahkan sofa yang warnanya senada dengan dinding.

Pada bagian kanan dan kiri sofa letakkan tanaman hias untuk menambahkan nuansa alam dan ruang tamu menjadi lebih segar. Sementara pada dinding tambahkan hiasan berupa gorden kain rajut dengan warna yang senada.

Ruang Tamu dengan Warna Netral

Tema warna netral merupakan ide konsep ruang tamu aesthetic dan minimalis selanjutnya yang tidak ribet untuk diterapkan. Pilihan warna yang tepat untuk konsep ini antara lain adalah putih, hitam, dan abu-abu. Anda juga tidak perlu meletakkan terlalu banyak hiasan agar ruang tamu terkesan kalem.

pexels.com

Bagian dinding bisa dicat berwarna dominan abu-abu tua dengan aksen putih di beberapa bagian sebagai perpaduan, seperti pintu dan bingkai jendela misalnya. Selanjutnya, pilihlah perabotan berwarna senada, yaitu satu set sofa abu-abu tua dan meja putih.

Selain itu, pasangkan karpet bulu yang warnanya senada dengan sofa sebagai alas meja agar semakin indah. Hiasan yang perlu ditambahkan untuk tema ruang tamu satu ini cukup sederhana, yaitu vas bunga di samping sofa dan satu lampu gantung untuk pojok ruangan.

 

Baca Juga: Bunga Hias Indoor yang Cocok Jadi Dekorasi Ruangan

 

Ruang Tamu dengan Nuansa Down to Earth

Konsep ruang tamu minimalis dengan nuansa down to earth juga cocok apabila Anda menyukai kesan netral. Tema ini cocok untuk ruang tamu minimalis karena tidak membuatnya terkesan sempit, meskipun perabotan dan penataannya cukup sederhana.

ubin vinyl

unsplash.com

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk menerapkan konsep ini adalah mengecat dinding dengan warna putih. Selanjutnya, letakkan satu set sofa berwarna coklat yang menyerupai kulit kayu dan meja putih dengan bagian atas berlapis kaca.

Sementara pada bagian dinding bisa ditambahkan hiasan dari rotan dan cermin bulat yang digantung. Selanjutnya, pembatas antara ruang tamu dan bagian rumah lainnya bisa disekat menggunakan partisi, sehingga menghilangkan kesan sempit sekaligus berfungsi sebagai penyimpanan tambahan.

Ruang Tamu dengan Konsep Open Space

Bagi Anda yang ingin mendesain ruang tamu minimalis dengan aesthetic dan tidak terkesan sempit, maka konsep open space merupakan pilihan terbaik. Konsep ini cocok untuk ruang tamu dengan ukuran sempit asalkan penataan perabotan dilakukan secara tepat.

pexels.com

Ide ini diterapkan melalui penggabungan ruang tamu dengan bagian lain di rumah, seperti tempat nonton TV misalnya. Hal ini berguna untuk menghemat penggunaan ruang serta meminimalisir adanya sekat yang bisa membuat rumah semakin tampak sempit.

Pemilik rumah bisa memilih perabotan dengan ukuran kecil, seperti satu set sofa mini yang ditata menempel pada dinding. Selanjutnya, sisakan salah satu sisi untuk bagian ruangan lainnya, misalnya tempat makan. Konsep ini cocok untuk rumah minimalis pasangan baru yang dihuni sedikit orang saja.

Ruang Tamu Ala Korea

Desain interior ruang tamu ala Korea juga menjadi pilihan terbaik jika luas hunian Anda terbatas. Konsep desain yang satu ini juga membuat ruang tamu tampak lebih bersih karena pemilihan warnanya kalem. Desain ruang tamu ala Korea identik dengan warna coklat muda, krim, dan putih.

Selain itu, gunakan peralatan yang bentuknya sederhana, sesuai kebutuhan, serta kapasitas ruang agar tidak terlalu ramai. Pada bagian pojok ruangan bisa dihiasi dengan tanaman hidup untuk menambahkan kesan alam dan nuansa segar.

Pemilik rumah juga bisa menambahkan storage terbuka yang diletakkan menempel pada dinding layaknya ruang tamu aesthetic di drama Korea. Storage terbuka tersebut bisa digunakan untuk menyimpan buku maupun hiasan agar terlihat lebih rapi serta menjaga ruangan tetap bersih.

Tags:

Artikel Terkait

Artikel Terbaru