Pengertian Kolase: Jenis, Teknik dan Cara Membuatnya

Kolase adalah salah satu bentuk karya seni yang memiliki nilai estetik dan unik. Karya seni kolase ini dapat dibuat dengan memanfaatkan berbagai bahan yang ada disekitar Anda. Agar lebih jelas, simak informasi lengkap tentang kolase berikut ini.

Pengertian Kolase

Kolase adalah sebuah karya seni rupa yang dibuat dengan teknik menempelkan berbagai unsur atau bahan dalam satu frame sehingga akan menghasilkan sebuah karya baru. Karena menggunakan teknik menempel, pembuatan kolase ini membutuhkan keterampilan dan kesabaran.

pexels.com

Selain itu, pembuatan sebuah kolase juga membutuhkan kreativitas yang tinggi. Oleh sebab itu, kolase dianggap sebagai salah satu karya seni rupa yang pembuatannya terbilang sulit. Untuk menghasilkan kolase yang indah, Anda harus dapat memadukan dan menyusun bahan yang tepat.

Unsur-unsur Kolase

Meskipun terlihat mudah, pembuatan kolase tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Dalam pembuatan kolase harus memperhatikan beberapa unsur sebagai berikut.

  • Titik dan bintik

Unsur yang pertama adalah titik dan bintik. Titik dalam kolase dapat dibuat dengan menggunakan bahan dengan ukuran kecil yaitu pasir. Sementara bintik dapat dibuat menggunakan biji-bijian atau sejenisnya.

  • Garis

Garis dalam karya seni dapat berupa garis lengkung, garis lurus, garis spiral, maupun garis putus-putus. Agar kolase mengandung unsur garis, Anda dapat menggunakan bahan-bahan seperti lidi, batang korek, kawat, dan sebagainya.

  • Warna

Warna merupakan unsur yang penting untuk menunjukkan keindahan sebuah kolase. Pemberian unsur warna pada sebuah kolase dapat dilakukan melalui warna dari bahan, pengecatan, dan sebagainya.

  • Bidang

Unsur kolase yang terakhir adalah bidang. Dalam hal ini, Anda dapat menambahkan unsur bidang dengan membuat kolase dua dimensi (2D) atau 3 dimensi (3D).

Jenis-jenis Kolase

 

Kolase adalah karya seni dengan jenis yang sangat beragam. Oleh karena itu, kolase termasuk karya seni yang unik dan sangat menarik.

bukalapak.com

Kolase adalah karya seni dengan jenis yang sangat beragam. Oleh karena itu, kolase termasuk karya seni yang unik dan sangat menarik. Berikut beberapa penggolongan jenis-jenis kolase.

  • Berdasarkan Fungsi

Berdasarkan fungsinya, kolase dibedakan menjadi dua yaitu karya seni murni dan karya seni pakai. Artinya, kolase ini dapat dibuat dengan tujuan untuk dinikmati keindahannya saja ataupun diciptakan untuk memenuhi suatu kebutuhan praktis.

  • Berdasarkan Bahan atau Material

Menurut bahan atau materialnya, jenis kolase dibedakan menjadi dua yaitu bahan dari alam dan bahan buatan (sintetis). Contoh kolase bahan alam antara lain daun, bunga, biji-bijian, kerang, dan sebagainya. Sementara bahan dari sintetis antara lain plastik, kertas, kain, dan sebagainya.

  • Berdasarkan Matra

Jenis kolase dapat dibuat menjadi sebuah karya seni dua dimensi maupun tiga dimensi (ruang).

  • Berdasarkan Corak

Kolase berdasarkan coraknya dibagi menjadi dua yaitu representative dan nonrepresentatif. Maksudnya, sebuah kolase dapat dibuat menjadi sebuah bentuk yang nyata dan dapat dikenali ataupun bentuk abstrak sesuai dengan keinginan seniman.

 

Teknik dan Metode Kolase

Kunci utama pembuatan karya seni kolase adalah menempel. Secara umum, kolase dapat dibuat menggunakan beberapa teknik antara lain teknik sobek, teknik potong, teknik jahit, teknik gunting, dan sebagainya. Anda dapat menggunakan salah satu atau memadukan teknik-teknik tersebut.

pinterest.com

Sedangkan metode yang digunakan dalam pembuatan kolase diantaranya tumpang tindih, pengulangan, penataan ruang, dan kombinasi. Sama halnya teknik kolase, metode pembuatan kolase dapat digunakan salah satu atau digabung untuk menghasilkan karya seni yang indah.

Cara Membuat Kolase

Kolase dapat dibuat dengan mudah dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitar Anda. Pertama, tentukan konsep gambar dan bahan yang ingin Anda gunakan untuk membuat kolase.

pexels.com

Setelah itu, Anda harus menyiapkan alat dan bahan yang digunakan untuk membuat kolase. Alat dan bahan membuat kolase diantaranya gunting, penggaris, lem, kertas, dan bahan utama kolase. Tentukan juga teknik dan metode yang akan digunakan untuk membuat kolase.

Selanjutnya, mulai buat kolase dengan menempelkan bahan-bahan pada kertas menggunakan lem. Penempelan kolase harus dilakukan secara teliti agar menghasilkan karya seni yang indah dan menarik.

Contoh Kolase

Beberapa contoh kolase antara lain adalah gabungan foto polaroid yang ditata di dinding atau digantung, gambar hewan dari biji-bijian, gambar pesawat dari butiran beras yang sebelumnya telah diwarnai, dan sebagainya.

pinterest.com

Berdasarkan informasi di atas, dapat disimpulkan bahwa kolase adalah sebuah karya seni yang dapat dibuat dengan bahan, bentuk, dan teknik yang bervariatif. Dengan demikian, Anda dapat membuat sebuah kolase sesuai dengan kreativitas yang dimiliki.

Tags:

Artikel Terkait

Artikel Terbaru