11 Keuntungan Palem Merah untuk Rumah, Menarik Nih!

keuntungan palem merah

Tanaman palem merah menjadi pilihan populer untuk pekarangan, dimana kehadirannya dianggap dapat meningkatkan daya tarik properti. Ada banyak desain rumah eksklusif yang kerap menampilkan tanaman ini.

Apa alasannya? Karena salah satu keuntungan palem merah adalah ia diyakini sebagai tanaman pembawa keberuntungan serta penolak bala bagi penghuni rumah.

Tentunya, tanaman satu ini juga memiliki aspek lingkungan dan kesehatan yang baik seperti meningkatkan kualitas udara dan bersifat sebagai antioksidan.

Dari Feng Shui hingga perspektif lingkungan, ada banyak keuntungan palem merah yang bisa Anda dapatkan. Ingin tahu seperti apa informasi lengkapnya? Simak artikel berikut.

Manfaat & Keuntungan Palem Merah buat Pekarangan Rumah

Palem merah, atau Cyrtostachys renda, memiliki ciri khas berupa batang merah. Keindahannya yang eksotik memadukan suasana tropis dengan rona merah cerah yang unik, menjadikannya tanaman yang banyak dicari.

Namun, di luar daya tarik estetikanya, palem merah memiliki banyak manfaat, lho! Salah satunya tanaman ini dipercaya membawa keberuntungan. Simak manfaat palem merah di sini!

1. Palem Merah Ampun Menangkal Energi Negatif

Dalam kepercayaan feng shui, berbagai jenis tanaman palem termasuk palem merah, sangat dianjurkan untuk ditanam di pekarangan. Struktur tinggi tanaman palem ini diyakini efektif menetralisir energi negatif.

Patut dicatat bahwa tanaman palem merah juga menjadi maskot kota Jambi yang salah satu tujuannya adalah untuk melindungi warga dari potensi bencana.

2. Palem Merah Melambangkan Keberuntungan dan Kemakmuran

Keuntungan palem merah lainnya terletak pada hubungannya dengan keberuntungan. Legenda mengatakan bahwa pohon palem merah pernah dihadiahkan kepada pengantin Latin, yang akhirnya menjadi bisnis yang menguntungkan bagi pasangan tersebut.

Kisah ini kemudian menimbulkan kepercayaan bahwa palem merah membawa keberuntungan. Benar atau tidak, tak ada salahnya menanam palem merah di rumah bukan?

Selain itu, menurut prinsip Feng Shui, tanaman palem merah dapat mendatangkan rezeki bagi rumah tangga. Kehadiran tanaman ini berpotensi mengangkat status, pangkat, dan keberuntungan penghuninya.

Dalam budaya Tionghoa, warna merah juga melambangkan keberuntungan, selaras dengan simbolisme varietas palem ini. Tradisi memberikan palem merah sebagai hadiah kepada pengantin baru diyakini dapat menjamin kemakmuran dalam usaha mereka.

3. Palem Merah Menjadi Lambang Kebahagiaan di Rumah

Dalam tradisi budaya Tiongkok, warna merah menjadi simbol segala hal yang positif. Rona merah cerah dan berkilau pada palem merah menjadikannya simbol kebahagiaan untuk rumah. Selain itu, ada warna hijau dari daun batang yang menyegarkan secara visual.

Tanaman palem merah tidak hanya menambah daya tarik estetika rumah, tetapi juga menciptakan suasana sejuk dan mewah.

4. Palem Merah Dipercaya Dapat Menangkal Bala

Dari pasangan Latin hingga kepercayaan tradisional Tiongkok, kita bisa mengetahui bahwa palem merah identik dengan pembawa kebahagiaan.

Selain itu, palem merah memiliki arti penting bagi masyarakat Jambi. Sebagai maskot kota, palem merah dipercaya dapat menolak bala dan ilmu hitam.

Banyak warga Jambi yang menanam palem merah untuk melindungi rumahnya dari potensi bencana atau malapetaka.

5. Palem Merah Dapat Meningkatkan Kualitas Udara

Sebagai tanaman hijau yang tumbuh subur di dataran rendah, palem merah berperan penting dalam meningkatkan kualitas udara di sekitar rumah.

Sering digunakan sebagai penyaring udara alami, tanaman ini membantu menyerap polutan yang disebabkan oleh kendaraan atau emisi industri di sekitar hunian yang dapat membahayakan kesehatan.

6. Palem Merah Kaya Akan Zat yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Palem merah juga menghasilkan buah yang sering digunakan untuk mengekstrak minyak atsiri. Buah ini mengandung vitamin E dan karoten tingkat tinggi, antioksidan kuat yang melawan radikal bebas.

Melalui konsumsi secara rutin, Anda bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penyakit yang berkaitan dengan penurunan fungsi sel. Banyak manfaatnya!

7. Palem Merah Menjadi Bahan Dapur yang Serbaguna

Buah palem merah yang berwarna-warni dapat dimanfaatkan sebagai bumbu dapur serbaguna. Terutama sebagai pewarna makanan alami. Nah, bahan ini cocok menjadi alternatif bagi Anda yang senang memasak dengan bahan-bahan unik.

8. Palem Merah Menjadi Dekorasi atau Hiasan untuk Pekarangan Rumah yang Estetik

Yang terakhir, palem merah dengan segudang manfaatnya juga dapat menambah daya tarik visual pada pekarangan. Batangnya yang berwarna merah menjulang tinggi dengan dedaunan hijau subur menciptakan estetika yang menenangkan.

Pohon palem merah tumbuh subur di berbagai jenis tanah, termasuk kondisi kering, menjadikannya pilihan serbaguna untuk lansekap.

Selain itu, pohon palem memiliki perawatan yang rendah, hanya membutuhkan sedikit pemupukan dan irigasi.

9. Palem Merah Kaya Akan Antioksidan

Buah palem merah merupakan salah satu sumber kandungan vitamin E dan beta-karoten. Senyawa ini dapat menjadi antioksidan kuat untuk melawan zat radikal bebas.

Konsumsi secara teratur meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan penurunan fungsi sel. Buah palem juga dapat digunakan untuk mengekstrak minyak atsiri.

10. Palem Merah Membuat Suasana Rumah Menjadi Lebih Menenangkan

Tanaman palem merah dikenal karena auranya yang menyejukkan, sehingga menciptakan rasa ketenangan.

Kehadiran tanaman ini mampu membuat penghuninya merasa lebih rileks sehingga turut menciptakan suasana homey. Terlebih, secara visual, palem merah juga terlihat indah dan menyejukkan.

11. Palem Merah Melambangkan Produktivitas dan Optimisme

Terakhir, pohon palem merah menjadi lambang atau simbol dari produktivitas dan optimisme.

Tanaman ini memberikan rasa damai bagi penghuninya. Simbolisme ini dapat mengubah sebuah rumah dengan membawa keberuntungan dan aura positif bagi penghuninya.

Cara Mudah Menanam Tanaman Palem Merah di Rumah

Setelah membaca penjelasan tentang keuntungan palem merah, apakah Anda tertarik untuk menanamnya di rumah? Yuk, pelajari langkah-langkah menanam tanaman palem merah dalam uraian berikut!

1. Gunakan Pot & Gali Lubang di Tengah

Untuk budidaya palem merah, Anda bisa menggunakan tanah pot dan buat lubang di tengah pot dengan kedalaman sekitar 5-8 cm.

2. Keluarkan Benih Palem Merah

Keluarkan benih dari media pembibitan dan masukkan ke dalam lubang, tutupi dengan tanah hingga menutupi akar.

3. Sirami Tanaman Palem Merah

Sirami tanaman sampai tanah lembab. Sirami tanaman sekali sehari saat masih kecil dan dua kali sehari saat sudah besar.

Ditandai dengan pelepah dan urat berwarna merah cerah, palem merah dapat tumbuh setinggi 16 meter, dengan daun agak melengkung dan berbentuk sirip. Tanaman ini dapat tumbuh subur di daerah dengan sinar matahari tinggi atau panas.

Buat Anda yang tertarik untuk membudidayakan palem merah, bibitnya yang berkualitas dapat didapatkan di toko tanaman terdekat.

Anda cukup menyediakan bahan-bahan seperti media tanah berkualitas baik serta bibit unggul. Kemudian, rutin melakukan pemupukan dan pengairan secukupnya. Tidak susah, kan?

Terima kasih telah membaca artikel tentang keuntungan palem merah ini. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasanmu, ya!

Artikel Terkait

Artikel Terbaru