5 Kelebihan Kayu Meranti Untuk Daerah Tropis, Cocok Untuk Indonesia

Kayu Meranti merupakan jenis kayu yang sudah sangat terkenal dan memiliki tekstur serta warna yang mudah dikenali. Kayu yang sudah tua, biasanya berwarna merah gelap. Kayu ini juga memiliki tekstur yang keras dan padat.

Kayu jenis ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan.  Mulai dari bahan pembuatan konstruksi bangunan, hingga sebagai bahan baku pembuatan furniture.  Mengapa kayu ini banyak dipilih sebagai bahan dasar pembuatan mebel? berikut ini alasannya.

Mudah Untuk Dikeringkan

Setiap jenis kayu memiliki kandungan air yang dengan kadar yang berbeda-beda. Semakin tinggi kadar air yang dimiliki, maka semakin lama kayu tersebut bisa dikeringkan. Kayu dengan kadar air tinggi, biasanya akan memiliki perubahan bentuk dan ukuran ketika sudah kering.

pinterest.com

Kayu jenis Meranti ini memiliki kadar air yang cukup rendah, yaitu hanya sekitar 15 persen saja. Dengan kadar air sebesar ini, kayu menjadi mudah untuk dikeringkan hanya dengan bantuan sinar matahari. Dengan demikian, kayu bisa segera digunakan dan bentuknya juga tidak berubah.

Untuk membuat mebel, diperlukan kayu yang memiliki kadar air rendah. Karena dikhawatirkan, lama kelamaan bentuk dan ukuran mebel mebel berkurang karena penyusutan kadar air. Tentu saja hal tersebut sangat berpengaruh pada kualitas mebel yang dihasilkan.

Awet Dan Tahan Lama

Kualitas dan keawetan mebel sangat ditentukan oleh bahan dasar yang digunakan. Di sini, pemilihan jenis kayu sebagai bahan dasar pembuat mebel harus dilakukan dengan benar agar mendapatkan kualitas mebel yang bagus.

pinterest.com

Keawetan dan kekuatan kayu digolongkan menjadi beberapa kelas, biasanya dimulai dari kelas I hingga kelas V. Untuk kekuatannya, kayu Meranti masuk ke kelas II, yaitu kelas kuat, hingga 15 tahun. Sedangkan tingkat keawetannya masuk kelas III-IV yang bisa bertahan hingga 10 tahun.

Dengan demikian, kayu jenis ini sangat tepat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan mebel. Ini karena mebel yang dihasilkan akan awet hingga bertahun-tahun. Biasanya sebelum digunakan, kayu akan diawetkan dengan campuran minyak kreosol dan diesel.

Kuat dan Anti Rayap

Alasan lain mengapa kayu jenis Meranti ini bagus digunakan untuk bahan mebel adalah karena kayu ini termasuk kuat dan anti terhadap serangan rayap. Seperti dijelaskan pada poin sebelumnya, tingkat kekuatan kayu ini berada di golongan II-IV, yang bisa kuat hingga 15 tahun.

kayu meranti

Renis.id

Biasanya, mebel sangat rawan dengan adanya serangan rayap. Rayap itu sendiri sering menyerang perabotan yang lembab dan memiliki kadar air yang tinggi. Akibatnya, perabotan atau mebel menjadi cepat sekali rusak.

Kayu jenis ini hanya memiliki kadar air sekitar 15 persen saja. Kayu ini juga sangat mudah untuk dikeringkan. Dengan demikian, mebel yang terbuat dari jenis kayu Meranti ini akan memiliki ketahanan dari serangan rayap.

 

Struktutnya Keras

Kayu jenis Meranti ini memiliki struktur yang keras. Kayu dengan struktur keras sangat cocok digunakan sebagai bahan dasar pembuatan konstruksi bangunan termasuk bahan dasar untuk pembuatan perabot atau mebel.

pinterest.com

Kayu yang memiliki struktur keras biasanya memiliki kelebihan yaitu tidak mudah mengalami perubahan bentuk dan ukuran. Hal ini dikarenakan kayu jenis ini tidak gampang untuk menyusut atau memuai karena adanya perubahan suhu.

Bisa dibayangkan apa yang terjadi apabila perabotan mebel mengalami perubahan bentuk dan ukuran karena bahan dasarnya memuai atau menyusut. Sebagai contoh, pintu lemari menjadi sulit untuk dibuka karena bahan kayu yang digunakan memuai.

Memiliki Warna yang Bagus

Kayu meranti juga memiliki warna dan tekstur yang bagus. Biasanya kayu ini cenderung memiliki warna merah, dan warnanya akan semakin bertambah gelap sesuai dengan umurnya. Kayu muda berwarna merah muda pucat, dan menjadi merah tua kecoklatan untuk kayu tua.

Renos.id

Warna kayu ini sangat bagus untuk digunakan sebagai bahan mebel, karena akan memberikan nuansa estetik pada perabotan yang dihasilkan. Hanya dengan penambahan sedikit polesan, warna mebel akan menjadi lebih bagus dan indah.

Pemilihan bahan dasar yang tepat sangat berpengaruh pada kualitas mebel yang dihasilkan. Kayu jenis Meranti ini akan membuat mebeler yang dihasilkan memiliki kualitas bagus karena kualitas kayu juga bagus dan awet serta indah.

Tags:

Artikel Terkait

Artikel Terbaru