Ragam Jenis Keramik Rumah Berdasarkan Fungsi dan Bahannya

jenis keramik

Di dalam proses pembangunan rumah, lantai dan dinding memegang peran penting untuk menunjang kenyamanan ruangan. Di luar aspek kepraktisannya, pemilihan material lantai dan dinding yang tepat juga berkontribusi besar terhadap daya tarik visual rumah Anda.

Salah satu material yang sering dipakai untuk lantai dan dinding rumah adalah keramik. Ada banyak jenis keramik beserta karakteristiknya yang bisa dipilih sesuai preferensi dan kebutuhan Anda. Simak penjelasan berbagai jenis keramik dalam tulisan berikut!

Apa Itu Keramik?

Keramik adalah material yang terbuat dari campuran mineral dari tanah liat. Proses pembuatannya melewati tahapan pemadatan, percetakan, pembentukan, hingga pembakaran pada suhu tinggi. Proses pembakaran ini akan menghasilkan bahan yang keras, tahan terhadap kelembaban, dan menambah daya tahannya agar tidak gampang rusak dan pecah.

Sebagai salah satu material penting dalam kehidupan sehari-hari, keramik memiliki beragam jenis dan kegunaan yang beragam. Mulai dari proyek bidang arsitektur hingga dekorasi rumah.

Material ini juga memiliki variasi pilihan yang luas. Anda bisa menentukan motif, warna, dan jenis keramik dengan leluasa sesuai selera.

Berbagai Jenis Keramik dan Fungsinya

Ditinjau dari fungsi penggunaannya, ada 5 jenis keramik yang perlu Anda ketahui. Berikut penjelasannya:

1. Keramik Lantai

Salah satu pemakaian keramik yang paling umum adalah keramik lantai. Ketebalan dan ukurannya relatif keramik lantai cukup besar. Hal itu terjadi karena jenis keramik ini memang dirancang untuk menahan beban berat dari furniture yang dipergunakan di dalam rumah tinggal atau bangunan lainnya.

Tekstur keramik lantai cenderung halus dengan permukaan licin untuk mempermudah proses pembersihan atau perawatan sehari-hari.

2. Keramik Dinding

Pemasangan keramik dinding sebagai dekorasi bisa menjadi salah satu trik untuk meningkatkan nilai estetika ruangan. Itulah salah satu fungsi utama dari jenis keramik dinding!

Biasanya, keramik dinding menampilkan tekstur yang tipis, licin, dan menggunakan bahan pelapis khusus. Motif keramik dinding juga indah dan unik.

Untuk dimensinya, keramik dinding biasanya punya bentuk persegi panjang dengan kisaran ukuran 20 x 25 cm, 25 x 50 cm, dan sebagainya.

3. Keramik Dapur

Di area dapur, ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Oleh karena itu, pemilihan jenis keramik yang tepat pada area ini sangat penting.

Keramik dapur biasanya akan dipakai untuk area cuci piring atau dinding tempat penyimpanan peralatan dapur. Anda bisa memilih jenis keramik yang estetik untuk menambah daya tarik visualnya.

Selain estetika, keramik dapur juga patut dipertimbangkan karena perawatannya sederhana dan cenderung mudah dibersihkan.

4. Keramik Kamar Mandi

Karena area kamar mandi selalu basah hampir setiap saat, Anda membutuhkan jenis keramik yang berbeda dari lantai biasa. Seperti apa keramik kamar mandi yang direkomendasikan?

Sangat disarankan untuk memilih jenis keramik lantai untuk kamar mandi yang permukaannya cenderung kasar dan tidak licin. Selain itu, pilihlah jenis keramik yang tidak terlalu tebal.

5. Keramik Outdoor

Untuk area outdoor rumah, Anda memerlukan jenis keramik yang memiliki kekuatan dan daya tahan tinggi. Alasan di baliknya adalah karena kondisi suhu yang lebih ekstrem dibandingkan penempatan keramik di dalam ruangan.

Di lain sisi, keramik outdoor juga akan menopang banyak benda-benda berat. Jenis keramik outdoor yang direkomendasikan adalah keramik yang permukaannya tidak rata dan kasar, tebal, dan kokoh terhadap perubahan suhu dan cuaca.

Berbagai Jenis Keramik untuk Lantai Berdasarkan Bahannya

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, salah satu penggunaan keramik yang paling populer adalah keramik lantai. Jenis keramik lantai tersedia dalam berbagai jenis untuk berdasarkan bahannya, diantaranya adalah:

1. Keramik Porselen

Keramik porselen terbuat dari tanah liat putih yang dilapisi kaca pada permukaannya. Oleh karena itu, ia memiliki tekstur mengkilap (glossy) yang indah.

Keramik porselen juga tersedia dengan variasi warna lain, seperti abu-abu. Selain itu, ada juga jenis keramik doff porselen yang bisa Anda pilih untuk area teras atau kamar mandi.

2. Keramik Marmer

Apakah Anda menyukai kesan alami pada rumah Anda? Keramik marmer dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda!

Diproduksi dari material batu alam dan mineral yang solid, keramik marmer memberikan nuansa natural yang serasi jika dipadankan dengan material kayu.

Perawatan keramik marmer pun relatif mudah, lho. Anda hanya memerlukan lap dan campuran air sabun saja. Karena itu, jenis keramik ini cocok dipakai untuk lantai kamar mandi karena perawatannya yang sederhana.

3. Keramik Semen

Berikutnya, ada keramik semen yang bersifat kokoh dan sering dipakai untuk area pabrik dan garasi rumah. Selain kekuatannya, keunggulan lainnya adalah sifatnya yang awet dan tahan lama, serta biaya pemasangannya yang cukup murah.

Keramik semen menjadi rekomendasi jenis keramik untuk Anda yang mencari keramik yang kaya akan tekstur dan desain.

4. Keramik Andesit

Untuk Anda yang mencari keramik yang tahan akan segala cuaca, keramik andesit adalah jawabanya! Jenis keramik ini tidak hanya sangat tahan cuaca, tapi juga tahan akan potensi jamur dan lumut yang membuat ruangan menjadi lembab.

Anda bisa menggunakan jenis keramik andesit untuk area garasi ataupun area outdoor lainnya.

5. Keramik Granit

Salah satu jenis keramik yang cukup populer adalah keramik granit. Jenis keramik ini adalah alternatif yang lebih terjangkau untuk keramik marmet.

Keramik granit sendiri terbuat dari bahan batuan alam yang memiliki motif alami yang unik seperti layaknya keramik marmer.

Jenis keramik ini memiliki banyak kelebihan. Mulai dari harganya yang ramah di kantong, mudah ditemukan di mana pun, daya tahan yang kuat, mudah dibersihkan, tidak mudah tergores, serta kemampuannya untuk memberikan efek sejuk pada ruangan. Oh iya, selain itu Anda bisa menerapkan keramik granit pada lantai maupun dinding, lho!

6. Keramik Kaca

Menawarkan nuansa cerah nan berkilau, keramik kaca cocok digunakan untuk menghias lantai, dinding, atau area dekoratif lainnya seperti backsplash. Karena nilai estetikanya yang tinggi, jenis keramik ini biasa digunakan di ruangan kamar mandi dan dapur.

7. Keramik Mozaik

Pernah dengar soal keramik mozaik? Seperti namanya, keramik ini memiliki pola mozaik yang unik. Dibuat dari campuran pecahan kaca atau pecahan keramik, keramik mozaik memiliki sifat serbaguna sehingga bisa diaplikasikan untuk area lantai dan dinding.

Keramik mozaik biasanya memadukan lebih dari tiga warna di setiap segmennya. Hal ini menjadikan lantai rumah Anda lebih menawan secara estetika dibandingkan lantai lainnya.

Selain itu, keramik mozaik juga tahan terhadap air dan memiliki kepadatan yang tinggi sehingga cocok dipakai di ruangan kamar mandi atau teras.

8. Keramik Digital Printed

Ada juga jenis keramik digital printed yang hadir seiring perkembangan teknologi. Menggunakan metode printing, jenis keramik ini cocok untuk Anda yang ingin model keramik yang dipersonalisasi.

Anda bisa menggunakan keramik digital printed untuk area ruang tamu maupun teras rumah. Menarik untuk dicoba!

9. Keramik Standar

Keramik standar adalah jenis keramik non-porselen. Bahan pembuatannya adalah tanah liat.

Sifatnya lebih lunak daripada porselen, sehingga keramik standar relatif lebih mudah untuk dipotong dan dipasang. Sayangnya, jenis keramik ini memang cenderung kurang awet.

10. Keramik Teraso

Keramik teraso terdiri dari campuran pecahan marmer, semen, tegel, dan pasir. Anda bisa melihat motif khas bintik-bintik yang terasa timbul ketika disentuh pada keramik teraso.

Jenis keramik ini bisa dipakai untuk area dalam maupun luar ruangan rumah anda. Karena nuansa etnik yang unik, keramik teraso bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin mendekorasi rumah.

Itulah penjelasan lengkap mengenai apa itu keramik serta jenis-jenis keramik yang bisa diaplikasikan di rumah Anda. Semoga dengan informasi ini, Anda bisa memilih jenis keramik yang tepat untuk keperluan dekorasi rumah, ya!

Artikel Terkait

Artikel Terbaru