8 Jenis Kaktus Mini Yang Menarik Untuk Ditanam Di Rumah

Kaktus mini adalah salah satu jenis tanaman yang diminati banyak orang. Lalu, apa saja jenis kaktus mini apa saja yang sering ditanam di rumah? Yuk kenali jenis-jenisnya berikut ini.

Kaktus Kursi Mertua

Kaktus jenis ini dalam bahasa latin dikenal dengan sebutan golden barrel cactus. Kaktus Kursi Mertua bisa dibilang sebagai jenis kaktus yang paling populer. Oleh sebab itu, jangan heran jika Anda sering menemui kaktus ini di banyak rumah.

jenis kaktus

pexels.com

Kaktus Kursi Mertua memiliki bentuk bulat menyerupai bola. Di sekitar tubuh kaktus juga dipenuhi oleh duri berwarna keemasan sesuai dengan nama latinnya yakni golden.

Kaktus Mini Astrophytum

Tidak kalah populer dengan Kaktus Kursi Mertua, kaktus Mini Astrophytum juga banyak diminati. Bentuknya yang unik mirip seperti bintang menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi bentuk batangnya yang bulat membuatnya cocok ditaruh di sudut ruangan.

cactus-art.biz

Kaktus Mini Astrophytum sangat cantik ditaruh di ruang tamu. Astrophytum dilengkapi dengan bunga yang indah dengan aneka warna. Ada yang berwarna pink, merah hingga kuning.

Pastikan untuk tidak meletakkannya dekat dengan cahaya matahari langsung. Letakkan kaktus mini Astrophytum di ruangan yang minim cahaya agar bunga kaktus cepat berbunga.

Kaktus Tongkol Jagung

Kaktus Tongkol Jagung atau Euphorbia submaxilaris memiliki batang tebal. Bentuk batangnya mirip dengan tongkol jagung. Sebab itulah, kaktus ini dikenal dengan nama tongkol jagung.

pinterest.com

Kaktus Tongkol Jagung memiliki batang berwarna hijau tua dan tidak jarang pula dengan warna sedikit putih. Kaktus ini bisa Anda beli dengan harga yang tidak begitu mahal loh, cukup 15-30 ribu saja.

Kaktus Forectus

Jenis kaktus yang unik dan cantik berikutnya adalah kaktus ferocactus. Kaktus ini memiliki pesona tersendiri terutama pada bagian durinya. Duri pada kaktus berukuran panjang dan berwarna kemerah-merahan.

pinterest.com

Perawatan kaktus ferocactus amat sangat mudah. Kaktus ini bisa hidup di tempat yang kering dan juga tempat yang basah. Menempatkan kaktus ferocactus di ruangan rumah dijamin akan mempercantik ruangan tersebut.

 

Kaktus Karang

Pernahkah Anda melihat karang sebelumnya? Jika pernah pastinya Anda tidak akan asing lagi dengan kaktus karang. Yups kaktus Karang adalah salah satu jenis kaktus yang bentuknya menyerupai karang.

pbase.com

Dalam bahasa latin kaktus jenis ini dikenal dengan istilah euphorbia lactea cristata. Selain bentuknya yang unik kaktus karang tidak memerlukan perawatan yang mahal.

Anda hanya perlu memberikan air yang cukup serta tidak meletakkannya tempat yang panas. Jauhkan kaktus karang dari sinar matahari langsung karena bisa menyebabkan tanaman ini gosong.

Kaktus Koboi

Bernama latin cereus peruvianus, kaktus Koboi juga menjadi primadona bagi pecinta kaktus. Kaktus koboi seringkali digunakan sebagai penghias ruangan di restoran, cafe atau tempat nongkrong lainnya.

pexels.com

Ukurannya yang mini dan bentuknya yang simpel membuat kaktus ini sangat cocok sebagai pemanis ruangan. Apalagi bentuk batangnya yang memanjang vertikal memiliki daya tarik tersendiri.

Meskipun lebih sering ditempatkan pada ruangan indoor. Kaktus koboi juga bisa hidup di outdoor. Perawatannya pun sangat simpel.  Berikan pengairan yang cukup serta bersihkan tanaman kaktus dari rumput pengganggu. Dengan begitu, kaktus koboi bisa hidup dalam jangka waktu yang lama.

Kaktus Haworthia

Kaktus Haworthia kerap disebut juga sebagai kembaran tanaman lidah buaya. Selain memiliki kesamaan bentuk, keduanya juga termasuk dalam keluarga asphodeloideae. Dalam dunia sukulen kaktus ini dibagi menjadi dua jenis.

pexels.com

Pertama yaitu Haworthia Fasciata dan yang kedua yaitu Haworthia Attenuata. Di antara keduanya tidak begitu banyak perbedaan. Perbedaan yang paling menonjol ada pada corak di batang kaktus.

Kaktus Haworthia memiliki proses pertumbuhan yang cukup lambat. Oleh sebab itu kaktus ini tidak masalah apabila dirawat di dalam rumah. Warnanya yang cukup unik serta bentuknya yang kecil dan mungil cocok ditempatkan di meja kerja. Menempatkannya di sudut jendela juga tidak kalah menarik.

Kaktus Cantong

Tanaman kaktus terkenal dengan bentuknya yang unik dan menarik. Seperti halnya dengan kaktus centong. Jenis kaktus ini memiliki bentuk mirip seperti centong.

pexels.com

Dalam bahasa Jawa centong adalah alat yang digunakan untuk mengambil nasi. Menempatkan kaktus ini di dalam rumah maupun luar rumah tidak jadi masalah karena kaktus centong bisa hidup dengan di lahan kering.

Tags:

Artikel Terkait

Artikel Terbaru