Daftar Lengkap Jenis Kabel Listrik dan Harganya agar Tidak Salah Pilih!

jenis dan harga kabel listrik

Listrik merupakan salah satu kebutuhan pokok. Anda setuju, kan? Memang, penggunaan kabel listrik yang luas menjadikannya salah satu elemen vital dalam infrastruktur sebuah bangunan. Bisa dibilang hampir semua perangkat dan sistem bergantung pada listrik, sehingga secara tidak langsung peran kabel listrik juga sangat penting.

Semua komponen kelistrikan di Indonesia harus patuh terhadap regulasi. Sebab itu, semua kabel listrik harus sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI), serta mematuhi arahan yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional (BSN).

Terdapat berbagai jenis kabel listrik dan harganya yang dibedakan berdasarkan tujuan dan fungsinya masing-masing. Pemilihan kabel listrik yang tepat dengan tujuan fungsional Anda juga penting untuk menunjang tingkat keamanan proyek bangunan itu sendiri.

Simak informasi lengkap seputar jenis kabel listrik dan harganya di bawah ini!

8 Jenis Kabel Listrik dan Harganya

Ada berbagai jenis kabel listrik yang sering digunakan di Indonesia. Cari tahu apa saja jenis kabel listrik dan harganya dalam ulasan berikut:

1. Kabel NYA

Jenis kabel listrik yang pertama adalah Kabel NYA. Kabel ini dapat dengan mudah ditemukan dalam instalasi listrik perumahan.

Ukuran kabel NYA relatif kecil, biasanya dalam kisaran 1,5 hingga 2,5 mm. Spesifikasi tersebut membuatnya ideal dipakai untuk instalasi lampu serta soket atau stop kontak.

Dibangun dengan inti tunggal dan dilapisi insulasi PVC, kabel NYA hadir dalam variasi merah, kuning, biru, dan hitam. Namun, lapisan isolasinya yang cukup tipis, membuat kabel ini mudah cacat dan robek, kurangnya lapisan kedap air, serta rentan dari gigitan hewan pengerat seperti tikus.

Kabel listrik NYA diukur dalam satuan per 100 meter, dengan harga berkisar Rp145.000 hingga Rp350.000. Kalau Anda membutuhkannya, Anda bisa mendapatkannya di berbagai toko perlengkapan bangunan, baik melalui platform online maupun toko offline

2. Kabel NYM

Jenis kabel listrik yang juga sering digunakan untuk instalasi listrik rumah dan gedung adalah kabel NYM. Jenis kabel ini dipakai untuk lingkungan yang kering atau basah, akan tetapi tidak boleh ditanam di bawah tanah.

Inti kabel NYM terdiri dari 1 hingga 4 bagian yang masing-masing dilapisi dengan lapisan isolasi PVC. Isolasinya yang lebih tebal dua kali lipat memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi dibandingkan jenis kabel NYA yang dibahas sebelumnya.

Selain fitur keselamatannya, kabel ini juga unggul dari segi biaya. Kabel NYM dijual dalam satuan 50 meter, kabel listrik NYM dibanderol antara Rp250.000 hingga Rp415.000.

3. Kabel NYY

Salah satu ciri khas dari kabel NYY adalah lapisan isolasi berwarna hitamnya. Jenis kabel ini listrik ini terdiri dari 2 sampai 4 inti di dalam strukturnya.

Biasanya, kabel NYY digunakan untuk instalasi kabel bawah tanah atau instalasi tanam gedung. Alasannya karena kabel listrik jenis ini punya lapisan isolasi yang kuat serta mampu mengusir tikus, sehingga sangat cocok untuk aplikasi semacam itu.

Selain itu, kabel ini menunjukkan ketahanan terhadap air. Meskipun demikian, untuk listrik bertegangan tinggi, disarankan untuk menyediakan pipa pelindung ekstra untuk kabel NYY.

Jenis kabel listrik NYY dijual dalam satuan 50 meter dengan harga antara Rp325.000 hingga Rp550.000.

4. Kabel NYAF

Kabel NYAF memiliki sifat yang fleksibel, ia disertai konduktor tembaga yang terbungkus dalam isolasi PVC. Varian kabel ini menawarkan keuntungan tersendiri untuk pemasangan listrik rumah. Fleksibilitasnya yang luar biasa membuatnya sangat cocok untuk pemasangan panel, terutama di area yang memiliki belokan atau tikungan tajam.

Kabel ini tersedia dalam berbagai warna isolasi seperti merah, biru, hitam, dan kuning. Namun, karena isolasinya hanya satu lapis, kabel NYAF tidak direkomendasikan untuk penggunaan di luar ruangan karena rentan terhadap kerusakan.

Pada esensinya, kabel NYAF dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal, contohnya instalasi internet rumah, telepon digital, atau panel transmisi. Dijual dalam satuan 100 meter, kabel NYAF dikenakan harga antara Rp130.000 hingga Rp280.000.

5. Kabel NYFGBY

Apakah Anda membutuhkan kabel listrik dengan perlindungan tinggi? Jika iya, maka kabel NYFGBY adalah pilihan terbaik untuk Anda!

Kabel ini sangat cocok dipakai untuk ruang bawah tanah atau di dalam saluran terbuka. Kedalaman penguburannya hingga 0,8 meter di bawah tanah. Secara tidak langsung, hal ini bisa membantu meminimalkan risiko masalah mekanis.

Selain itu, kabel NYFGBY juga dirancang untuk menahan tekanan rentangan tinggi selama pemasangan dan pengoperasiannya. Bahkan, kabel NYFGBY tidak memerlukan perlindungan tambahan kecuali kabel tersebut memotong jalan raya. Canggih ya?

Tertarik dengan kabel NYFGBY? Jenis kabel ini dijual per meter, dengan kisaran harga mulai dari Rp140.000 hingga Rp650.000.

6. Kabel NYYHY

Jenis kabel listrik lain yang perlu dipertimbangkan adalah kabel NYYHY. Kabel ini menawarkan fungsi yang serbaguna.

Salah satu keunikannya adalah ia memiliki satu atau lebih sumber listrik tembaga bersama dengan serabut berlapis PVC. Kabel listrik ini bisa Anda tandai dari warna putih dan hitamnya yang khas.

Kabel NYYHY pun sering diterapkan pada peralatan rumah tangga yang beroperasi dalam daya 900 watt atau lebih rendah. Kelebihannya ada pada daya tahan dan fleksibilitas yang luar biasa, sehingga mengurangi kemungkinan kerusakan.

Dijual dalam satuan 50 meter, kisaran harga kabel NYYHY adalah Rp140.000 hingga Rp375.000.

7. Kabel NYMHYO

Jenis kabel berikutnya yang akan dibahas adalah kabel NYMHYO. Kabel ini dikenal karena fungsi utamanya sebagai kabel audio pada sound system, loudspeaker, dan pengaturan video virtual. Pada dasarnya, kabel NYMHYO memang biasa digunakan untuk peralatan elektronik arus rendah.

Kabel NYMHYO memiliki ciri khas yaitu serabut pada lebih dari satu inti tembaga, serta lapisan serat PVC di permukaan luarnya. 

Jika Anda membutuhkannya, kabel NYMHYO tersedia di berbagai pasar dan supermarket karena penggunaan peralatannya secara umum. Kabel NYMHYO dijual dalam kelipatan 50 meter, dengan kisaran harga Rp90.000 hingga Rp250.000.

8. Kabel NYCY

Terakhir, ada kabel NYCY yang juga biasa diterapkan pada konstruksi bangunan. Kabel NYCY sendiri termasuk dalam kategori kabel tegangan rendah yang dilengkapi pelindung atau Low Voltage Screened. Kemudian, dikemas dalam sistem isolasi PVC. Di bagian internalnya, berisi Screen Copper Wire dengan lapisan pelindung tambahan atau lapisan luar PVC.

Dengan tegangan nominal kabel NYCY berkisar antara 600 hingga 1000 V, ia sering digunakan untuk instalasi di dalam dan luar ruangan. Bisa dibilang, ini menunjukkan ketahanannya yang luar biasa terhadap beragam kondisi cuaca.

Kabel NYCY juga mencakup konduktor atau penghantar konsentris yang memiliki lapisan pita CU. Jika dijual, kabel ini biasanya diukur dan dihargai per meternya dengan kisaran harga Rp45.000 hingga Rp55.000.

Demikian pembahasan tentang 8 jenis kabel listrik dan harganya. Semua jenis kabel ini bisa Anda temukan dengan mudah di pasaran.

Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda, sekaligus membantu Anda menemukan jenis kabel listrik yang tepat untuk kebutuhan. Terima kasih telah membaca!

Artikel Terkait

Artikel Terbaru