Jenis Jenis Kaktus yang Bisa Ditempatkan di Dalam Ruangan

Memiliki ruangan yang nyaman tidak cukup hanya dengan diisi perabot rumah tangga. Bagi sebagian orang, selain bersih dan nyaman sebuah ruangan juga harus hidup, maka banyak yang mengisi ruangan dengan tanaman hidup seperti lidah buaya, lavender dan jenis jenis kaktus tertentu.

Salah satu tanaman yang menarik di sini adalah kaktus, memiliki bentuk yang indah sekaligus mudah dirawat. Kaktus merupakan salah satu tanaman sukulen yang menyimpan air di bagian batangnya. Terdapat beberapa jenis kaktus juga yang dapat Anda manfaatkan untuk dekorasi ruangan.

Kaktus Mini Echinocactus Grusonii

Nilai estetis sebuah tanaman dalam ruangan salah satunya terletak pada harga dari tanaman tersebut. Adapun kaktus mini echinocactus grusonii adalah jenis kaktus nomor satu untuk menghiasi ruangan kantor manager, direktur, maupun rumah, karena disukai pecinta kaktus dan harganya selangit.

Jagad.id

Bentuknya sangat unik menyerupai gentong, sehingga ada yang menyebutnya sebagai kaktus gentong emas. Lebih jelas, durinya yang mengelilingi daun memiliki warna kuning kecoklatan, sangat cocok dipadukan dengan ruangan yang bersih dan mewah. Kaktus jenis ini berasal dari Texas dan Mexico.

Kaktus Belimbing

Anda juga direkomendasikan untuk menggunakan jenis kaktus belimbing untuk menghias ruangan. Kelebihan dari kaktus belimbing adalah tidak berduri dan fotogenik.

Lazada.co.id

Artinya, dapat dipastikan ruangan Anda akan menjadi lebih estetis jika memilikinya. Selain itu, juga mudah merawat jenis kaktus ini karena memiliki cadangan air yang banyak pada batangnya.

Sebagai catatan, kaktus belimbing ini memiliki sifat yang dapat tumbuh menjadi tinggi dan sangat besar. Penting untuk mempersiapkan pot berukuran besar untuk memindahkannya, namun tentu saja Anda dapat tetap menghias ruangan anda dengan tanaman kaktus belimbing ukuran kecil yang baru.

Kaktus Mickey Mouse

Seperti namanya, kaktus mickey mouse adalah jenis kaktus dalam ruangan yang memiliki bentuk seperti tokoh kartun populer mickey mouse. Karena bentuknya yang unik inilah kaktus tersebut banyak direkomendasikan untuk menggunakannya sebagai hiasan dalam rumah.

Bibitbunga.com

Kaktus mickey mouse dikelilingi dengan duri kecil yang dilapisi oleh selaput menyerupai kapas, sehingga dari kejauhan tampak seperti polkadot. Jika belum puas memiliki kaktus ini di rumah, Anda bisa membawanya untuk digunakan sebagai tanaman hias di kantor.

Kaktus Mini Ariocarpus

Hiasi ruangan Anda menggunakan kaktus mini ariocarpus jika ingin tampilan yang estetik. Di antara jenis jenis kaktus, kaktus mini ariocarpus merupakan yang paling banyak disukai karena bisa berbunga. Adapun warna bunga dari kaktus ini juga bervariasi mulai dari ungu, pink, putih, merah dan kuning.

Jagad.id

Bentuk daun yang artistik berbentuk prisma juga menjadi daya tarik tersendiri. Ada ujung daun yang runcing, tumpul maupun lengkung. Anda bisa memilih jenis kaktus ini disesuaikan dengan selera dan desain interior di ruangan terkait.

Kaktus Mini Astrophytum

Kaktus mini astrophytum memiliki ukuran seperti namanya yaitu mini atau kecil, tetapi ketika berbunga kaktus ini akan tampak lebih indah dari sebelumnya. Warna bunga kaktus ini juga beragam dari merah, kuning dan pink. Cukup letakkan di dalam ruangan dan kaktus ini akan tumbuh berbunga.

Hipwee.com

Jika belum berbunga, visual daun kaktus ini juga menarik karena berbentuk bintang menyerupai buah belimbing. Jika dipadukan dengan pot yang indah dengan warna media tanam dibuat bervariasi, Anda bisa dengan mudah menghidupkan ruangan dengan kaktus mini astrophytum ini.

Baca Juga : Selain Meja dan Kursi Ini Jenis Perkakas Rumah Lainnya yang Wajib Dimiliki

Kaktus Mini Cephalocereus Senilis

Kaktus orang tua adalah julukan yang tersemat pada kaktus mini cephalocereus senilis. Benar saja, jika dilihat secara sekilas, kaktus ini dipenuhi bulu berwarna putih yang menyerupai rambut orang yang sudah lanjut tua. Cukup unik bukan? Anda bisa meletakkan kaktus ini di sudut ruang kerja.

Mediago.id

Dibandingkan dengan jenis jenis kaktus lainnya, ukuran kaktus mini cephalocereus senilis tergolong pendek. Ketinggian kaktus ini hanya mencapai 12 cm saja. Walaupun begitu Anda tetap bisa memadukannya dengan jumlah yang cukup, sehingga tetap tampak estetis dan melengkapi ruangan.

Kaktus Mini Ferocactus

Salah satu pilihan kaktus dalam ruangan yang juga menarik adalah kaktus mini ferocactus yang bagi pecinta kaktus ini memiliki nilai estetis yang tinggi. Daun kaktus ini berlekuk dan bulat, sekilas seperti bola atau peta dunia globe. Di ujung daun pun terdapat duri berwarna merah yang tertata secara alami.

Rumah.com

Ukuran kaktus jenis ini juga lumayan ideal ketika diletakkan di meja samping. Ini adalah yang paling besar di antara jenis kaktus mini.

Hanya saja, kaktus ini memiliki duri yang lumayan panjang, sehingga lebih baik ditempatkan di ruangan yang tidak banyak dikelilingi anak-anak seperti kantor.

Kaktus Mini Cereus Tetragonus

Kaktus mini cereus tetragonus adalah jenis kaktus hias yang secara sekilas seperti kaktus belimbing, tetapi memiliki duri berwarna putih. Ternyata, kaktus ini berasal dari Amerika, dan banyak digunakan sebagai penghias pagar depan rumah karena bisa tumbuh tinggi menghias pagar.

Ruparupa.com

Dilihat dari bentuknya yang menyegarkan mata, kaktus mini cereus tetragonus ini juga cocok untuk hiasan di dalam ruangan. Memiliki bentuk yang indah dan kalem membuat kaktus ini cocok digunakan sebagai hiasan ruang tamu, kamar atau juga bisa dipadukan untuk hiasan foto produk.

Kaktus Mini Echinofossulocactus

Di antara jenis jenis kaktus hias, kaktus mini echinofossulocactus merupakan yang paling lama untuk bisa berbunga. Butuh waktu kurang lebih 3 tahun setidaknya. Walaupun begitu, Anda tetap bisa memanjang batang dan daun kaktus ini karena memiliki warna yang khas.

Popmama.com

Warna daun kaktus ini adalah hijau tua, yang dikelilingi oleh duri. Sangat cocok dipadukan dengan dekorasi ruangan yang tegas dan elegan. Jika telah berbunga, kaktus ini memiliki bunga berwarna merah, putih dan kuning.

Kaktus Mini Gymnocalycium

Memiliki bentuk seperti buah labu dan berasal dari amerika selatan, seperti inilah kaktus mini gymnocalycium. Warna daun kaktus ini memang tidak seperti kaktus pada umumnya. Warnanya khas labu oranye dipadukan dengan warna hijau kaktus cocok untuk ditumbuhkan di dalam ruangan.

Dekoruma.com

Jenis kaktus ini dapat berbunga dan tentu saja akan membuat tampilannya lebih menarik. Setiap sisi kaktus ini akan dipenuhi dengan bunga bermekaran ketika sudah waktunya berbunga. Uniknya, jenis kaktus ini dapat tumbuh dengan baik walaupun di bawah terik sinar matahari.

Kaktus Mini Lobivia

Sebagai bonus sekaligus pilihan terakhir, terdapat kaktus mini lobivia yang tidak kalah unik dengan jenis kaktus lainnya. Daun kaktus yang satu ini begitu mencolok berwarna kuning dengan balutan kecil berwarna merah di ujung batang. Berukuran mini, kaktus ini dapat tumbuh tinggi hingga 10 cm.

Pinterest.com

Demikian pembahasan jenis jenis kaktus yang perlu Anda ketahui. Banyaknya pilihan tentu saja menjadi hal yang baik karena Anda bisa leluasa melakukan mix and match disesuaikan dengan selera dan desain interior ruangan yang akan dihias dengan tanaman kaktus ini.

Jangan lupa gunakan juga rak atau meja hias terbaik untuk kaktus Anda. Produknya  bisa didapatkan secara mudah di Renos.id.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru