Inspirasi Konsep Teras Minimalis Elegan

Desain teras merupakan salah satu bagian yang mendapat perhatian ketika membangun sebuah rumah. Saat ini teras rumah juga memiliki beragam fungsi sebagai tempat bersantai maupun sebagai ruang tamu. Teras minimalis elegan akan memberikan sentuhan yang manis pada rumah Anda.

Tampilan teras dapat mewakili konsep hunian secara keseluruhan. Teras sendiri bisa berada di bagian depan, samping maupun belakang rumah. Beberapa konsep teras di bawah ini bisa memberi inspirasi maupun ide untuk mendesain teras yang cocok untuk rumah Anda.

Teras Vintage Elegan

Vintage sendiri dapat diartikan sebagai gaya lawas yang unik. Teras model vintage juga memberikan sentuhan elegan pada hunian minimalis Anda. Model teras ini dapat diterapkan di bagian depan, samping maupun belakang rumah.

Dekoruma.com

Beberapa cara dapat dilakukan untuk menciptakan kesan vintage pada sebuah teras. Berikut ini beberapa cara kreatif dalam mendesain sebuah teras vintage

Teras Vintage dengan Warna Monochrome

Warna monochrome seperti putih dapat memberikan sentuhan vintage namun  tetap elegan. Warna putih ini juga memberikan kesan simpel, cocok untuk Anda yang kurang menyukai warna-warna mencolok.

Dekoruma.com

Kesan vintage dapat diperkuat dengan penambahan furniture maupun dekorasi-dekorasi vintage pada teras Anda. Variasi dinding bata ekspos yang dicat putih juga bisa menjadi pilihan.

Teras Vintage dengan Perpaduan Warna Netral dan Pastel

Selain dominasi warna netral, Anda juga dapat memadukan warna-warna pastel pada cat dinding maupun dekorasi teras.  Seperti halnya penambahan warna biru pastel cukup elegan untuk mempercantik teras vintage Anda.

Teras Vintage dengan Penambahan Perabotan Vintage

Salah satu cara untuk memberikan kesan vintage pada teras, tentunya dengan mendekorasi teras dengan perabotan-perabotan vintage. Misalnya dengan meletakkan furniture model lawas, peti sebagai meja multifungsi serta beberapa tanaman hijau untuk menambah estetika.

Gaya teras vintage di atas tidak hanya dapat diterapkan pada ukuran teras yang luas. Rumah minimalis dengan teras yang kecil juga dapat didesain dengan teras model vintage. Anda dapat pula menggunakan lantai kayu pada teras untuk menghadirkan kesan vintage yang elegan.

Teras Tropis

Teras bertema tropis banyak digemari oleh masyarakat Indonesia yang memang beriklim tropis. Konsep ini menonjolkan kesan sejuk dan nyaman dengan aneka vegetasi sebagai pelengkap dekorasi teras. Teras model ini juga membuat rumah minimalis tampak lebih elegan.

Dekoruma.com

Teras tropis cocok diaplikasikan pada teras bagian depan, samping maupun belakang rumah. Ada beberapa cara untuk membuat teras Anda berkesan tropis, antara lain

Menambahkan Aneka Vegetasi Di Dalam Teras

Salah satu cara untuk membuat teras minimalis elegan Anda memiliki kesan tropis adalah dengan menambahkan beragam vegetasi atau tumbuh-tumbuhan hijau. Aneka tanaman bisa diletakkan di sudut-sudut teras.

Ada beberapa cara untuk meletakkan berbagai tanaman di teras. Anda dapat meletakkannya dengan cara digantung apabila teras anda berukuran kecil atau minim tempat. Penggunaan rak bertingkat untuk meletakkan tanaman juga bisa menjadi opsi.

Penambahan kolam

Alternatif lain untuk memberikan kesan tropis pada teras adalah dengan penambahan kolam. Ukuran kolam sendiri bisa menyesuaikan ukuran teras Anda. Kolam tidak harus berukuran besar. Kolam kecil dengan ikan-ikan dan sedikit tumbuhan air sudah sangat cantik dan elegan.

Mengatur Pencahayaan

Untuk menciptakan teras minimalis elegan yang berkesan tropis, Anda juga perlu memperhatikan pencahayaan pada teras. Anda dapat mengatur pencahayaan dengan warna-warna yang menciptakan atmosfer tropis yang hangat seperti warna keemasan.

Teras Tema Tradisional

Berita.99.co

Kesan tradisional pada teras, biasanya ditonjolkan dengan penggunaan material kayu atau rotan pada lantai dan furniture yang diletakkan di teras. Lampu-lampu gantung berwarna kuning juga membuat teras lebih elegan dan hangat.

Teras dengan Tambahan Kanopi

Berikutnya, penggunaan kanopi pada teras minimalis juga dapat dipilih untuk mempercantik teras rumah Anda. Penggunaan kanopi sendiri secara fungsi dapat melindungi teras dari panas maupun hujan. Pilihan warna kanopi yang tepat dapat membuat teras tampak lebih elegan.

Teras Outdoor

Teras ini cocok untuk Anda yang memiliki halaman yang luas di depan atau di belakang rumah. Meski demikian, tidak mustahil juga untuk diterapkan pada halaman yang kecil. Pilihan desain teras outdoor antara lain sebagai berikut.

Baca Juga : Pilihan Warna Cat Rumah Elegan dan Estetik

Teras yang Dikelilingi Pepohonan

Jika memiliki halaman yang luas, maka Anda dapat membuat teras dengan pepohonan di sekitarnya. Selain memiliki atmosfer sejuk yang menenangkan, teras semacam ini juga elegan. Duduk bersantai di teras yang dikelilingi pepohonan akan membuat Anda merasa lebih rileks.

Teras dengan Taman Kecil

Taman kecil yang didesain di teras, tentunya akan menyejukkan setiap mata yang memandang. Tak perlu area yang luas untuk membuat teras dengan taman di dalamnya. Cukup taman berukuran kecil yang didesain apik, akan membuat teras minimalis Anda semakin estetik.

Teras Outdoor Dengan Ayunan

Banyak pilihan furniture atau dekorasi yang dapat diletakkan di teras, salah satunya adalah ayunan. Tentunya menyenangkan bersantai di teras sambil bermain ayunan bersama si kecil.

Teras Outdoor Untuk Halaman Sempit

Tak perlu berkecil hati jika halaman rumah Anda berukuran kecil. Anda tetap bisa memiliki teras minimalis elegan di halaman yang sempit. Untuk mewujudkannya, Anda hanya dapat mendesain teras dengan rerumputan dan meletakkan batu-batu alami sebagai jalan setapak.

Teras dengan Meja Makan di Belakang Rumah

Selain area untuk bersantai atau menerima tamu, teras juga dapat difungsikan sebagai ruang makan outdoor keluarga. Khususnya teras semacam ini dapat diterapkan di bagian belakang rumah.

Cukup dengan menempatkan meja dan kursi makan di belakang rumah, maka Anda dapat menikmati suasana makan yang berbeda bersama keluarga. Penambahan taman dan pencahayaan yang sesuai akan menambah suasana lebih hangat.

Teras Minimalis Modern

Pexels.com

Untuk bangunan rumah minimalis, dapat memilih desain teras yang sederhana dan modern. Teras ini tidak menggunakan terlalu banyak ornamen. Teras ini hanya memerlukan area kecil di samping ruang tamu yang menyatu dengan bangunan rumah. Terkesan simpel dan juga modern.

Teras Modern Belakang Rumah

Untuk tipe rumah minimalis modern, Anda bisa menambahkan kolam renang kecil di belakang rumah. Teras belakang semacam ini dapat difungsikan sebagai tempat bersantai maupun berolahraga. Nuansa modern dan elegan juga semakin tercipta dengan adanya kolam renang.

Teras dengan Gaya Jepang

Teras ini bergaya klasik Jepang. Ciri khas gaya tradisional Jepang nampak dengan tidak adanya meja kursi serta material kayu yang dominan. Teras akan semakin cantik dengan penambahan beberapa tanaman atau pepohonan.

Teras Sempit di Samping Rumah

Untuk rumah dengan tipe kecil, Anda dapat memanfaatkan ruang kecil di samping rumah sebagai teras. Warna cat putih atau warna terang dapat diterapkan untuk membuat area teras tampak lebih luas. Penggunaan pagar roster juga akan membuat teras tidak terasa pengap.

Tentunya ulasan di atas dapat memberikan ide konsep teras minimalis elegan untuk hunian Anda. Selanjutnya, Anda tetap perlu menyesuaikan desain teras dengan konsep rumah supaya serasi. Jangan lupa lengkapi teras dengan furniture yang mendukung, dan dapatkan produknya di Renos.id.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru