Inspirasi Desain Rumah Kayu Unik dan Cantik

Mewujudkan rumah impian memang membutuhkan persiapan secara mendetail. Termasuk dalam pemilihan desain, karena ini tentu berpengaruh terhadap nuansa dan kebutuhan budget. Rumah bagus tidak selalu terbuat dari beton, kini banyak rumah kayu unik dan cantik yang bisa dirujuk. Ini Inspirasinya.

Daftar Inspirasi Desain Rumah Kayu

Kayu merupakan material yang memiliki banyak fungsi, bahkan saat ini banyak orang mendesain rumah impiannya dengan bahan ini. Tidak kalah keren dengan rumah dari beton, sebab kayu ini juga bisa disulap menjadi hunian cantik dan unik. Langsung saja cek inspirasi desain rumah kayu berikut.

Rumah Kayu Bungalow

Ide rumah kayu yang bisa Anda tiru adalah Bungalow. Desain rumah ini tentu memiliki keunikan tersendiri dan bisa jadi modal investasi di masa depan. Membangun rumah kayu Bungalow ini cocok sekali untuk Anda yang mempunyai tanah tidak terlalu luas.

olx.co.id

Rumah dengan panggung ini akan lebih menarik jika Anda memadukan antara material kayu dengan jerami. Anda bisa mendapatkan nuansa alami. Perlu diingat karena memang rumah model ini lebih kecil jadi hanya bisa membuat 2 kamar saja.

Rumah Kayu Jepang

Gaya rumah di Jepang ternyata bisa diaplikasikan untuk membuat rumah kayu. Tentu inspirasi desain rumah kayu unik dan cantik ala Jepang ini cocok bagi Anda yang menginginkan hunian simple, tetapi tetap elegan. Rumah dengan desain ini semua komponen penyusunnya menggunakan kayu, sehingga tampak homey.

bangun-rumah.com

Agar mendukung tampilan desain yang sudah bagus tersebut, Anda dapat menambahkan taman di depannya. Tidak perlu terlalu banyak tanaman, tetapi poinnya adalah konsepnya selaras dengan desain rumah Anda.

Rumah Kayu Minimalis Nuansa Putih

Jangan salah bahwa rumah dari kayu selalu identic dengan warna alaminya yaitu cokelat. Saat ini banyak sekali ide desain rumah yang unik seperti rumah kayu minimalis bernuansa putih. Tidak dapat dipungkiri, bahwa putih adalah warna yang identik dengan konsep modern minimalis.

ruparupa.com

Model yang cocok untuk hunian ini adalah model panggung, dan Anda dapat mengkombinasikan dengan galvalum. Atap dengan bahan ini lebih simple dan cocok untuk konsep minimalis. Tentunya Anda juga dapat menaruh beberapa pot tanaman agar nuansa rumah tampak lebih rindang dan estetik.

Rumah Kayu Gaya Korea

Korea tampaknya tidak hanya ditiru dari segi fashionnya saja, melainkan gaya rumahnya juga bisa jadi ide cemerlang. Jangan salah rumah kayu dengan gaya korea bisa jadi hunian tampilan untuk, tetapi tetap nyaman ditempati.

courtina.id

Namun, perlu Anda ketahui bahwa rumah ini tidak full material kayu sebab juga ada material lain seperti batu dan tanah. Hal yang unik dari model rumah ala korea ini adalah bagian atapnya, tidak lupa untuk menjaga sirkulasi udara jendelanya juga dari material kayu.

Rumah Kayu Open Space

Jika ingin rumah kayu unik dan cantik, gaya open space bisa jadi opsi bagi Anda. Rumah dengan model seperti ini cukup jarang ditemui di Indonesia, tetapi tidak ada salahnya Anda memilih desain ini. Rumah kayu open space ini tentu bagian bangunannya terdapat banyak bagian ruang terbuka.

Rumah.com

Cocok sekali desain ini bagi Anda yang ini tampilan eksotis, tetapi tetap ada unsur elegannya. Konsep ini tentunya akan indah dan nyaman, jika pembuatan bagian atap dibuat dengan ukuran lebih tinggi. Anda juga bisa menambahkan ornamen dari batu untuk tampilan lebih elegan dan eye catching.

Baca Juga : Di Bolde Official Store Bisa Beli Produk Apa Saja ? Ini Daftarnya

Rumah Kayu Kontemporer

Gaya kontemporer ini memiliki peminat yang cukup banyak. Menariknya rumah kayu juga bisa disulap desainnya dengan model kontemporer. Rumah dengan desain seperti ini tidak memiliki banyak detail penggunaan ornament, sehingga tampilannya memang lebih versatile.

renovasimakassar.com

Ingin tampilan rumah kayu kontemporer lebih menarik? Pastikan Anda untuk memilih material berkualitas, agar dinding kayu tersebut teksturnya bagus. Selain itu, penting juga untuk Anda perhatikan mengenai pemilihan furniture dengan tone warna senada.

Rumah Kayu Bergaya Rustic

Berikutnya, ide desain rumah kayu yang bisa jadi inspirasi bagi Anda adalah tema rustic. Bagi sebagian orang bisa saja tidak asing dengan istilah rustic. Konsep ini sempat booming akhir-akhir ini, bahkan sampai saat ini peminatnya juga masih ada.

bramblefurniture.com

Membuat konsep rumah kayu rustic tidak terlalu sulit diwujudkan. Pada dasarnya konsep rustic ini adalah ingin menonjolkan kesan natural. Dengan memakai material kayu saja sebenarnya sudah memenuhi konsepnya bukan?

Namun, demi menunjang kesan rustic tersebut Anda dapat membuat hunian dari kayu dengan perpaduan atap memakai jerami. Bentuk dari hunian ini memang sekilas mirip rumah adat, hanya saja Anda juga dapat membuatnya dengan versi berbeda.

Rumah Kayu Konsep Hobbit

Membahas inspirasi rumah kayu unik dan cantik, mungkin konsep Hobbit bisa Anda pertimbangkan. Bagi Anda yang tidak tahu apa itu konsep Hobbit, hunian ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan halamannya.

penginapan.net

Jadi, konsep hunian ini lebih menyatu dengan alam dengan menonjolkan taman luas lengkap dengan kolam berukuran kecil. Inspirasi itu muncul dari karakter di serial franchise tolken. Jika Anda cocok dengan konsep tersebut bisa untuk dieksekusi.

Kelebihan Rumah Kayu Apa Saja?

Melihat dari banyaknya peminat rumah kayu, tentu ada hal unggul dibaliknya. Apa saja kelebihan rumah kayu, berikut jawabannya.

  • Ramah Lingkungan

Bisa diketahui bahwa kayu adalah material alami, sehingga dibandingkan dengan material bangunan lain tentu lebih ramah lingkungan. Namun, perlu Anda ingat dari segi biaya memang diperlukan ongkos lebih tinggi, dan itu adalah hal wajar.

Dengan membangun rumah berbahan kayu Anda juga telah mendukung gerakan menghemat energy. Hal ini dikarenakan kayu tidak menimbulkan banyak masalah lingkungan, sehingga nuansa alam pun tetap terlihat asri.

  • Pengerjaan Cepat

Jika ingin segera menempati hunian impian dengan cepat, maka pilihlah rumah kayu. Secara proses pengerjaan, rumah ini lebih unggul karena lebih cepat prosesnya. Anda juga tidak perlu repot melakukan pengecatan, sebab warna alaminya saja sudah cantik dan menawan.

Meskipun jika ingin memberinya sentuhan warna pun tidak salah. Hal ini kembali lagi ke preferensi masing-masing penghuninya.

  • Rumah Kokoh

Jangan salah bahwa rumah kayu ini juga terkenal kokoh dan kuat. Apalagi jika Anda memakai material dengan kualitas unggul. Umumnya, jenis kayu yang banyak digunakan karena kualitasnya adalah jati. Kayu tersebut akan lebih kuat dan tahan lama jika dibarengi dengan perawatan yang baik.

  • Unik

Terlepas dari kelebihan rumah kayu di atas, tentunya ini adalah hunian yang unik. Dengan Anda membuat rumah dari kayu ini sebenarnya sudah unik, apalagi saat ini banyak ide desain yang menarik untuk di aplikasikan. Banyak bentuk yang dapat Anda adaptasi baik untuk rumah satu lantai maupun 2 lantai.

Dari daftar desain di atas kira-kira mana desain rumah kayu unik dan cantik yang memikat Anda? Pastikan Anda menggunakan material kayu berkualitas, karena ini berpengaruh untuk jangka panjang. Selebihnya, Anda bisa melengkapi perabotan rumah kayu ini, dengan membeli berbagai produknya di Renos.id.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru