8 Kelebihan Kayu Mahoni, Kayu Terbaik Asal Indonesia

Selain kayu jati, kayu mahoni adalah jenis kayu yang sering dimanfaatkan untuk material mebel. Memiliki warna kemerahan yang cantik untuk furniture rumah, berikut ini kelebihan kayu mahoni yang lainnya.

kelebihan kayu mahoni

pinterest.com

Memiliki Serat Kayu yang Halus

Serat kayu mahoni hampir mirip dengan serat kayu jati. Keduanya memiliki serat kayu yang halus dan lurus.

Karakteristik yang seperti ini menyebabkan serat kayu mahoni sangat mewah ketika digunakan sebagai bahan furniture rumah.

Mempunyai Daya Tahan yang Stabil

Alasan lain kenapa banyak orang tertarik menggunakan kayu mahoni karena daya tahan kayu yang baik. Ketika digunakan dalam jangka panjang kayu mahoni tidak mengalami penyusutan maupun pemuaian.

Tidak heran jika selain digunakan sebagai bahan furniture kayu mahoni juga digunakan sebagai bahan pembuatan gitar.

Memiliki kandungan minyak alami yang rendah

Siapa sangka kandungan minyak alami pada kayu mempengaruhi hasil akhir pembuatan produk. Kayu yang memiliki kandungan minyak alami rendah cenderung memiliki hasil finishing yang baik.

Sedangkan kayu yang kandungan minyak alaminya tinggi sering tidak cocok digabungkan dengan beberapa jenis finishing. Kandungan minyak alami yang rendah pada kayu mahoni membuat kayu ini dapat dikombinasikan dengan berbagai jenis finishing, seperti pernis, akrilik, dan pelitur.

Harga Kayu Mahoni Lebih Terjangkau

Memiliki kemiripan yang lumayan banyak dengan kayu jati, kayu mahoni lebih unggul soal harga. Kayu mahoni dapat Anda beli dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan kayu jati.

Hal ini akan sangat menguntungkan apabila Anda ingin menghemat biaya namun tetap mendapatkan kualitas furniture yang baik.

 

Memiliki Warna yang Natural

Usia kayu mahoni dapat dibedakan dari warna yang muncul pada kayu. Kayu mahoni muda  memiliki warna yang pucat. Sedangkan kayu mahoni tua (20 tahun ke atas) memiliki warna yang semakin matang

Kayu mahoni berusia 20 tahun ke atas memiliki warna kemerah-merahan yang mencolok. Warna ini membuat Anda tidak perlu lagi memoles kayu mahoni dengan pernis atau cat sejenis lainnya.

Mempunyai Tingkat Kelembaban Yang Bagus

Kelebihan kayu mahoni yang berikutnya adalah memiliki tingkat kelembaban yang bagus. Kayu mahoni memiliki tingkat kering cukup baik dengan tingkat kelembaban yang standar yakni sekitar 12%. Tingkat kelembaban ini cukup baik mengingat apabila kayu terlalu kering juga tidaklah bagus.

Terlalu kering kayu bisa menyebabkan material retak. Sebaliknya, terlalu lembab kayu bisa membuat kayu lembab dan berjamur. Oleh sebab itu, jangan pilih kayu dengan kelembaban tinggi jika tidak ingin furniture di rumah Anda cepat lapuk.

Dipercaya Mampu Mengurangi Polusi Udara

Berdasarkan penelitian, kayu mahoni dipercaya dapat mengurangi polusi udara. Jika diakumulasikan dalam presentasi, kayu mahoni memiliki kemampuan mengurangi polusi udara sekitar 70% loh.

Daun-daun kayu mahoni mampu menyerap udara kotor, lalu mengubahnya menjadi oksigen segar yang bagus untuk pernapasan manusia.

Tidak hanya itu, akar kayu mahoni mempunyai daya serap yang baik. Saat hujan turun, kayu mahoni mampu menyimpan cadangan air yang banyak sehingga rumah Anda bisa terbebas dari genangan air

Bisa untuk furniture bisa sebagai kusen jendela

Alasan lainnya orang menggunakan kayu mahoni sebagai furniture adalah keberadaannya yang multifungsi. Tidak hanya bagus untuk furniture kayu mahoni  juga bisa digunakan sebagai kusen pintu hingga kusen jendela.

Memiliki serat kuat serta warna yang cantik, membuat kayu mahoni cocok digunakan sebagai material furniture di ruang tamu, ruang keluarga hingga interior depan rumah.

Mudah Dipotong

Kelebihan kayu mahoni juga terletak pada tingkat kemudahannya dalam proses pemotongan. Kayu mahoni tergolong kayu dengan tingkat kekerasan kelas 2 dan 3.

Bagi pengusaha mebel tidak akan mengalami kesulitan dalam proses pemotongan. Kayu mahoni dapat dipotong baik menggunakan gergaji maupun saw table.

Karena dapat dipotong dengan mudah, sangat jarang ditemui kayu mahoni menyebabkan kerusakan pada alat potong. Ini artinya anda tidak membutuhkan biaya perawatan yang mahal apabila menggunakan kayu mahoni sebagai material mebel.

Itu tadi kelebihan yang terdapat pada kayu mahoni. Sekarang, Anda tidak perlu ragu lagi ketika ingin menggunakan kayu mahoni sebagai material furniture rumah impian.

Tags:

Artikel Terkait

Artikel Terbaru