Ini Adalah Beberapa Jenis Ikan Hias yang Mudah Dipelihara

Apabila sedang bosan atau stres cobalah untuk mencoba kegiatan atau hal yang bermanfaat. Salah satunya adalah dengan memelihara ikan hias air tawar dirumah. Memelihara jenis ikan hias ini juga terbilang mudah.

Banyak sekali jenis-jenis ikan hias air tawar, dari jenis nya yang unik hingga memiliki warna yang sangat indah dan enak untuk dipandang. Dengan memelihara ikan seperti ini tentunya akan membuat Anda santai dan tenang.

Apabila Anda tertarik dengan memelihara ikan hias ini, cobalah untuk menentukan akuarium yang bisa disesuaikan dengan banyaknya ikan didalamnya. Dengan begitu, Anda menjadi mudah untuk merawat ikan dan membersihkan akuarium tersebut.

Langsung saja simak penjelasan beberapa jenis ikan hias air tawar yang mudah untuk dipelihara dan mungkin bisa menjadi ide atau inspirasi untuk menghilangkan rasa bosan!

1. Jenis Ikan Cupang

Jenis ikan hias yang pertama terdapat jenis ikan cupang. Ikan yang satu ini memang sangat cantik dan indah untuk dipandang. Apalagi, belakangan ini banyak sekali orang atau kalangan artis yang juga ikut memelihara ikan jenis cupang ini.

Jenis Ikan Hias Cupang

pexels.com

Dengan bentuknya yang kecil dan memiliki warna yang banyak, ikan ini juga sering mengikuti ajang perlombaan. Tidak heran apabila ikan cupang ini memiliki harga hingga jutaan rupiah. Akan tetapi juga ada harga yang murah. Ikan cupang juga sangat mudah untuk dipelihara, cukup dengan menjaga kebersihan air dan memberi pakan yang pas.

2. Jenis Ikan Botia Badut

pexels.com

Jenis ikan yang kedua ini berukuran kecil dan suka berkelompok. Karena berukuran kecil, untuk jenis akuarium juga bisa menyesuaikan dengan sesuai keadaan rumah. Ikan ini memiliki sisik yang tipis dan juga terbilang rakus. Dengan begitu, untuk memelihara jenis ikan ini harus bisa menjaga frekuensi pemberian pakan.

3. Jenis Ikan Louhan

Jenis ikan yang ketiga adalah ikan louhan. Ikan louhan memiliki jidat yang menonjol kedepan atau biasa dibilang jenong. Ikan ini kerap dianggap sebagai pembawa kemakmuran dan kesejahteraan untuk pemilik rumah.

pinterest.com

Cara memeilihara ikan louhan agar tetap sehat adalah dengan menggunakan akuarium yang cukup dan memakai filter atau penyaringan yang berkerja dengan maksimal.

4. Jenis Ikan Discus

pinterest.com

Jenis ikan yang keempat ini adalah Symphysodon atau ikan discus. Ikan ini memiliki badan yang melebar dan ramping. Ikan hias air tawar ini merupana spesies dari Amazon, dan untuk memelihara ikan ini harus memperhatikan suhu air di akuarium sekitar 28-31 celcius dan kadar oksigen yang stabil. Ikan ini akan membuat suasa hunian menjadi cantik dan indah, apalagi menambahkan beberapa material seperti tumbuhan atau bebatuan yang cantik.

 

Baca Juga: Beberapa Ide Bangunan untuk Desain Rumah 2 Lantai Ini Cocok Untuk Pengantin Baru

 

5. Jenis Ikan Neon Tetra

Jenis ikan yang kelima ini sesuai dengan namanya neon, ikan ini memiliki tubuh yang berwarna seperti lampu neon pada saat disinari lampu. Warnanya yang tenang juga dapat memperindah hiasan rumah dan membuat tenang untuk melihatnya.

shutterstock.com

Jenis ikan ini juga tidak terbilang sulit untuk dipelihara, dengan memberi pakan yang fleksibel juga terbilang cukup. Ikan ini juga memiliki ukuran yang mungil yaiut sekitar 4 cm saja.

6. Jenis Ikan Gupi Lokal

pinterest.com

Jenis ikan yang keenam terdapat ikan gupi lokal. Ikan satu ini memiliki corak serta warna ditubuhnya yang unik. Untuk jenis ikan gupi ini juga memiliki harga yang terbilang murah. Untuk memelihara jenis ikan ini juga sangat mudah. Selain itu, Anda juga harus memastikah  pH air didalam akuarium seimbang dan segar. Apabila ikan ini mulai kurang bergerak atau berdiam lama itu tandanya air diakurium harus diganti.

7. Jenis Ikan Koi

pexels.com

Jenis ikan yang terakhir ini adalah ikan koi. Dinegara Jepang, ikan koi dipercayai sebagai symbol cinta dan persahabatan. Ikan hias koi ini juga mudah untuk dipelihara. Cukup dengan memberi pakan yang pas dan membatasi jumlah ikan yang berada dikolam.

Itulah jenis ikan hias air tawar yang mudah untuk dipelihara, semoga dengan artikel ini bisa menjadi pilihan atau ide untuk Anda yang merasa bosan atau stres dirumah.

Tags:

Artikel Terkait

Artikel Terbaru