Ingin Membantun Rumah Hitam Putih? Ini Tips untuk Interior dan Eksterior

Warna hitam putih merupakan dua warna netral yang bisa diaplikasikan untuk apa saja, termasuk untuk dinding rumah. Model rumah hitam putih tidak akan pernah membosankan, bahkan akan terlihat semakin elegan dengan pemilihan desain dan penataan yang tepat.

Faktor yang mempengaruhi keindahan rumah adalah penataan ruang, baik ruang dalam rumah atau interior dan bagian luar atau eksterior. Bagaimana pemilihan interior dan eksterior yang tepat untuk model rumah dengan warna hitam putih ini? Berikut beberapa aspek yang bisa Anda terapkan.

Interior Model Rumah Hitam Putih

Menata bagian dalam rumah memang membutuhkan beberapa pertimbangan dan harus memperhatikan beberapa hal. Apalagi model rumah ini hanya menggunakan paduan 2 warna. Apabila salah dalam memilih desain, bukan tidak mungkin rumah akan terlihat monoton dan membosankan.

Ukuran Ruang

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah ukuran ruang. Ukuran ruang berperan besar untuk menentukan hasil desain yang akan diterapkan. Penataan yang tepat akan membuat rumah hitam putih terlihat luas dan lega, atau sebaliknya justru akan terlihat sempit dan tidak nyaman.

Pexels.com

Seperti diketahui, warna hitam akan memberikan kesan gelap dan sempit pada ruangan. Sebaliknya, warna putih akan membuat ruang yang sebenarnya sempit dan kecil bisa terlihat lapang dan lega dengan penataan yang tepat.

Untuk rumah sempit atau minimalis, Anda bisa menggunakan warna putih untuk mendominasi warna ruangan. Warna putih ini akan membuat ruangan menjadi terlihat luas. Gunakan warna hitam sebagai kombinasi dan lengkapi dengan furniture dengan nuansa hitam.

Pencahayaan Yang Cukup

Memilih warna hitam akan memberikan kesan suram, dan tentu saja ruangan akan tampak gelap. Meskipun demikian, bukan berarti Anda tidak bisa menggunakan warna ini sebagai warna pada dinding rumah. Dengan trik yang tepat, warna hitam ini justru akan memberikan kesan yang elegan.

Pexels.com

Di sini Anda harus memperhatikan pencahayaan di dalam ruangan. Usahakan ruangan mendapatkan cahaya alami yang cukup banyak terutama di siang hari. Cahaya alami bisa Anda dapatkan dengan membiarkan sinar  matahari masuk melalui jendela atau ventilasi rumah.

Sedangkan untuk pencahayaan di malam hari, Anda bisa menggunakan pencahayaan dari lampu. Pilih lampu dekoratif dengan cahaya kekuningan. Lampu yang memiliki cahaya kekuningan ini akan memberikan efek dramatis pada ruangan dengan dinding warna hitam.

Tekstur

Rumah dengan warna hitam putih atau sering disebut dengan warna monokrom, memang bisa menjadi menarik bahkan terlihat elegan apabila dengan penataan yang tepat. Sebaliknya warna ini bisa menjadi sangat membosankan apabila hanya disajikan apa adanya.

Pexels.com

Agar tampilan rumah tidak membosankan, Anda bisa mengakalinya dengan mendesain dinding dengan tekstur yang berbeda. Sebagai contoh, Anda bisa mendesain dinding dengan bata terbuka atau bata ekspos. Anda juga bisa membuat dinding bertekstur dengan menggunakan semen.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan cat untuk membuat dinding menjadi bertekstur. Di sini Anda harus menggunakan cat khusus. Dengan tampilan dinding bertekstur ini, rumah Anda tetap terlihat menarik meskipun hanya menggunakan warna hitam dan putih.

Warna Dan Motif

Meski menggunakan desain rumah hitam putih bukan berarti Anda tidak bisa menghadirkan warna lain di dalam rumah. Anda bisa menambahkan paduan warna lain dalam penataan interior agar rumah terlihat lebih menarik.

Pexels.com

Misalnya dengan menggunakan warna lain pada sarung bantal kursi, karpet, taplak meja dan gorden. Tentunya penggunaan warna lain ini dalam skala prioritas yang kecil saja.

Dalam arti, warna dominan tetap sama, yaitu warna hitam dan putih. Dengan demikian konsep rumah dengan warna hitam dan putih tetap terlihat kuat dan tidak berubah.

 

Baca Juga : Pilihan Konsep Aquascape Simple untuk Dekorasi Rumah

 

Eksterior Model Rumah Hitam Putih

Bagian yang tidak kalah penting untuk membuat rumah terlihat menarik adalah desain eksteriornya. Bagian luar rumah adalah bagian yang lebih dahulu terlihat dari luar. Tidak jarang orang bisa tertarik hanya dengan melihat bagian luar saja. Lalu, apa yang harus diperhatikan dalam menata bagian ini?

Komposisi Penggunaan Warna Cat

Pada rumah hitam putih, tentu saja warna cat yang digunakan adalah hitam dan putih. Tetapi, di sini Anda harus pandai dalam mendesain bagian-bagian mana saja yang harus diberi warna hitam, dan bagian mana yang dicat dengan warna putih.

Mendominasi warna dinding luar rumah dengan warna hitam memang sah-sah saja. Tetapi penggunaan warna hitam ini akan membuat rumah terlihat gelap apabila dilihat dari luar. Rumah juga akan terlihat seram dan menakutkan apabila dilihat pada malam hari.

Untuk mengantisipasi hal ini, atur komposisi warna hitam dan putih dengan tepat. Anda bisa dominasi warna putih untuk dinding luar, dan menggunakan warna hitam pada list jendela dan pintu serta kanopi, sehingga rumah tidak terlihat gelap dan suram.

Penggunaan Material Kayu dan Semen

Anda bisa mendapatkan desain eksterior rumah yang cantik dan elegan dengan memadukan penggunaan material lain pada bagian luar rumah. Material kayu ini akan mematahkan kesan kaku dan gelap yang dimunculkan dari warna hitam dinding rumah Anda.

Sebagai contoh, Anda bisa menempatkan satu set meja kursi dari kayu pada teras rumah. Warna hitam pada dinding rumah sangat serasi disandingkan dengan warna alam dari material kayu. Sentuhan warna kayu ini juga akan membuat rumah Anda terlihat tidak membosankan.

Anda juga bisa membuat desain luar rumah dengan menggunakan separuh tembok luar berupa tembok semen. Tembok semen ini bisa diberi warna berbeda tetapi tetap dengan skala kecil sehingga tidak menghilangkan warna hitam putih sebagai warna utama dari rumah Anda.

Dominasi Material Kayu

Bukan hanya dengan memadukan material kayu untuk desain eksterior luar rumah, di sini Anda bisa menggunakan material kayu untuk keseluruhan bagian luar rumah. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kesan monoton dari penggunaan warna hitam dan putih.

Pinterest.com

Untuk dinding luar, Anda bisa melapisi tembok dengan menempelkan papan-papan kayu yang ditata sejajar ke atas sehingga menutupi dinding.  Hal ini bisa dilakukan pada keseluruhan dinding depan rumah termasuk  bagian plafon teras dan juga pada bagian kanopi.

Selanjutnya, atur papan kayu di bagian lantai teras hingga menuju gerbang masuk. Penggunaan papan kayu ini, selain untuk menghilangkan kesan monoton pada rumah hitam putih Anda, juga bisa menghadirkan nuansa lain yaitu nuansa etnik dan natural.

Jangan lupa untuk menempatkan beberapa unsur tanaman hijau pada sisi kanan dan kiri dari jalan masuk. Selain untuk membuat suasana rumah menjadi sejuk, warna hijau juga bisa menjadi perpaduan yang pas dari warna monokrom dan warna material kayu yang digunakan.

Masih banyak cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menata bagian interior dan eksterior rumah. Penggunaan beberapa material lain, perpaduan warna yang tepat, serta penataan yang bagus maka rumah dengan warna hitam dan putih tetap bisa menjadi hunian yang indah dan nyaman.

Selain itu, penataan dan pemilihan furniture juga akan mempengaruhinya. Anda bisa memilih berbagai furniture terbaik dan berkualitas sebagai pendukung desain ini di Renos.id.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru