Ijuk Adalah, Ini Penjelasan Lengkapnya

Ijuk adalah salah satu bahan dari alam yang sering digunakan untuk berbagai kebutuhan manusia, salah satunya yaitu untuk atap bangunan. Beberapa orang masih cukup awam terhadap bahan tersebut karena tidak terdapat di lingkungan mereka.

Ijuk dan Karakteristiknya

Ijuk merupakan serat berwarna hitam yang terdapat di pohon aren. Bahan ini mempunyai bentuk fisik seperti rambut namun lebih kaku dan keras. Selain itu, ukurannya juga lebih besar, berkisar antara 1-3 mm.

pinterest.com

Karakternya yang cenderung kaku membuat ijuk sering dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan sapu. Beberapa orang bahkan menggunakan ijuk sebagai atap bangunan, baik untuk bangunan semi permanen maupun permanen.

Kelebihan Ijuk untuk Atap Bangunan

 

kelebihan ijuk adalah untuk atap bangunan rumah

www.arsitag.com

Ada banyak alasan masyarakat lebih memilih ijuk untuk digunakan sebagai atap bangunan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan ijuk yang dapat Anda jadikan pertimbangan untuk mengganti atap rumah dengan bahan alami tersebut.

  • Bahan Murah dan Terjangkau

Kelebihan yang pertama dari ijuk adalah harganya sangat murah dan terjangkau untuk semua kalangan. Anda bisa menemukan bahan baku tersebut dengan mudah di pasaran. Stok yang tersedia hampir bisa dipastikan selalu melimpah.

Anda bisa membandingkan harga ijuk dengan bahan alami lainnya seperti daun rumbia. Dari perbandingan tersebut nantinya bisa dijadikan sebagai pertimbangan utama untuk menggunakan ijuk sebagai atap bangunan.

  • Tahan Lama Hingga Bertahun-Tahun

Selain karena harganya yang murah, ijuk juga mempunyai kelebihan lain dan khas. Kelebihan tersebut adalah daya tahannya mencapai 80-100 tahun lamanya. Hal ini tentu cukup mengherankan bila melihat bentuk fisik dari penutup pelepah pohon tersebut.

Ijuk mempunyai resistansi yang sangat bagus terhadap semua kondisi cuaca. Anda tidak perlu khawatir dalam melakukan perawatan jika menggunakan bahan tersebut sebagai atap rumah. Pemeriksaan secara berkala sudah lebih dari cukup untuk memastikan kondisi ijuk.

 

Baca Juga : Tips Memilih Cat Luar Rumah Agar Tampak Modern

 

  • Cocok untuk Cuaca Tropis

Kelebihan ijuk selanjutnya adalah cocok dengan cuaca tropis seperti di Indonesia. Anda bisa menemui penggunaan ijuk sebagai atap bangunan di lokasi-lokasi wisata, seperti pantai, kolam renang, kebun binatang, restoran, bahkan hotel berkelas.

Melalui pemasangan yang tepat, ijuk dapat memberikan kenyamanan dan rasa teduh saat istirahat di bawahnya. Anda juga tidak perlu khawatir akan kebocoran karena bahan yang satu ini anti air walaupun tidak dilapisi bahan apapun.

  • Terlihat Alami, Berkilau dan Baru

Ijuk juga mempunyai ciri khas yang sangat menonjol dan tidak bisa Anda temukan di bahan lainnya. Kelebihan tersebut adalah permukaan dan bentuk fisiknya selalu nampak berkilau, baru, dan kental dengan nuansa alami.

pexels.com

Saat kondisi siang hari, ijuk akan terlihat berkilauan meskipun tidak ada lapisan tambahan. Tidak hanya itu, bahan alami ini juga tidak mudah rontok dan kusut sehingga terlihat selalu baru walau tanpa perawatan khusus.

Kesan Tradisional Yang Kuat

Apabila Anda berkunjung ke Bali, maka tidak akan asing dengan bangunan yang menggunakan ijuk sebagai atapnya. Tidak hanya atap rumah, ijuk juga digunakan sebagai atap pura atau tempat ibadah di Bali karena punya nuansa tersendiri.

Warna hitam legam dari ijuk juga dipercaya masyarakat membawa aura yang positif dan semakin menunjukkan nilai tradisional. Hal itulah yang menjadikan ijuk tetap digunakan dan diminati sampai sekarang.

Sifatnya Lentur & Tidak Mudah Patah

Kelebihan berikutnya dari ijuk adalah sifatnya yang sangat lentur dan tidak mudah patah. Anda bisa melakukan percobaan dengan menekuknya hingga 360 derajat. Hal ini tentu menjadi poin penting yang dicari masyarakat untuk mendapatkan atap bangunan yang tahan lama.

Tidak Dapat Dimakan Rayap

Hal menarik lainnya dari ijuk yakni tidak dapat dimakan oleh rayap. Anda memang tidak salah mendengar informasi tersebut. Hal itu dikarenakan material penyusun ijuk tidak dapat dicerna oleh rayap dan organisme lainnya.

Melalui kelebihan tersebut, Anda tidak perlu khawatir dalam memberikan proteksi tambahan pada atap bangunan yang menggunakan ijuk. Anda cukup memeriksanya secara berkala apakah ada bagian yang perlu ditambal atau tidak.

Sejuk di Siang Hari

Kelebihan ijuk yang terakhir adalah sejuk saat siang hari. Anda bisa membedakan antara bangunan yang menggunakan atap bangunan dari ijuk dan asbes. Perbedaan udara dan kesejukan akan terasa sangat signifikan. Pori-pori di sela-sela ijuk membuat sirkulasi udara lebih lancar.

Tags:

Artikel Terkait

Artikel Terbaru