Ide Dekorasi Rumah Gambar Batik yang Elegan dan Bagus

Pada umumnya batik lebih digunakan sebagai fashion atau tas, padahal batik masih bisa dikreasikan lebih banyak. Simak daftar ide dekorasi rumah gambar batik di bawah ini untuk Anda gunakan sebagai referensi dalam mempercantik rumah.

Cushion dan Jok Sofa

Ide yang pertama yaitu pengaplikasian motif batik pada bagian jok atau sarung bantal (cushion). Gunakan satu motif batik agar tampak serasi dan nyaman dilihat. Mayoritas masyarakat menggunakan batik motif kawung atau ukel dari Yogyakarta.

pinterest.com

Sesuaikan warna batik yang digunakan dengan interior lainnya. Hal ini penting untuk diperhatikan agar semua bagian di dalam rumah menyatu dan tampak rapi. Untuk menguatkan tampilan, Anda dapat mengecat dinding dengan warna coklat muda.

Taplak Simpel dari Batik

Pernahkah Anda berpikir bahwa batik pun bisa digunakan sebagai taplak meja yang simpel dan elegan? Tak hanya itu, taplak dari bermotif batik juga memiliki nuansa kultural sangat kental, sehingga ruangan Anda memiliki ciri khas tersendiri.

pinterest.com

Anda dapat memesan kepada penjahit untuk membuat taplak meja batik. Hal itu ditujukan untuk mendapatkan selisih harga yang lebih murah bila dibandingkan Anda membeli kain batik secara utuh atau meteran.

Bed Cover Batik

Penerapan dekorasi rumah gambar batik juga bisa dimulai dari penggunaan bed cover batik. Tempat tidur Anda akan terlihat lebih ramai dan meriah bila dibandingkan dengan bed cover bawaan pabrik. Pemilik rumah pun mendapatkan kepuasan tersendiri karena menggunakan produk dalam negeri.

pinterest.com

Gunakan batik pada bagian bed cover dan bantal sekaligus. Hal ini bertujuan untuk menguatkan nuansa tradisional serta serasi saat digunakan. Usahakan menggunakan 1 motif saja agar pandangan dapat tertuju ke satu titik.

Dekorasi Batik untuk Headboard

Dekorasi batik untuk dipasang di Headboard juga cukup menarik untuk dicoba. Dimensinya yang cukup luas akan membuat detail dari batik terekspos dengan sangat baik, sehingga tamu atau pemilik rumah dapat menikmati karya secara utuh.

pinterest.com

Anda dapat memasang headboard batik di ruang tidur atau ruang tamu. Apabila dipasang di ruang tamu, tambahkan lis untuk bingkai batik secara keseluruhan. Hal ini juga akan membuat tampilan lebih menarik.

 

Baca Juga : Inspirasi Desain Dapur Minimalis Bernuansa Putih

 

Karpet Batik

Karpet batik memberikan nuansa berbeda bila dibandingkan menggunakan karpet polos atau sablon dari pabrik. Selain menciptakan kesan dinamis dan lebih ramai, kain batik juga sangat nyaman saat ditempati.

pinterest.com

 

Pilihlah motif sederhana dengan 2  warna agar tidak terlalu ramai. Selain itu, penggunaan 2 warna akan membuatnya lebih serasi dan menyatu dengan berbagai interior lainnya. Usahakan warna yang digunakan karpet batik sama dengan interior lain.

Hiasan Dinding

Dekorasi rumah dengan gambar batik lain yang cukup menarik adalah mengaplikasikannya ke dalam bentuk hiasan dinding. Kumpulkan potongan-potongan kain batik di penjahit untuk kemudian disortir ulang. Tambahkan bingkai foto untuk membuat kain lebih tahan lama dan bersih.

pinterest.com

Susun beberapa jenis motif dan kain sesuai dengan selera Anda. Pilihlah ruang kosong di bagian dinding agar tidak mengganggu pemandangan. Anda dapat menyusun semua kain batik secara bebas dan sesuai dengan keinginan.

Perabot Kayu

Perabot kayu juga dapat dikombinasikan dengan kain batik. Meskipun terbilang baru, perabot kayu dengan motif memiliki nilai seni tersendiri. Perabot pun juga dapat bertahan lebih lama karena tetutup oleh kain batik.

pexels.com

Agar hasil yang diperoleh nampak serasi dan bagus, disarankan untuk menggunakan 1 jenis motif pada 1 perabot. Anda dapat menggunakan motif lain pada perabot yang berbeda. Cara ini akan membuat corak perabot Anda semakin beragam.

Peralatan Dapur

Dekorasi rumah gambar batik juga bisa digunakan pada peralatan dapur, seperti tempat tisu, tempat gelas, penutup rice cooker, dan lain-lain. Penggunaan motif batik akan membuat peralatan tersebut nampak berbeda dan unik.

Penggunaan batik untuk peralatan dapur harus memiliki intensitas perawatan yang lebih tinggi. Hal ini dilakukan untuk memastikan kain batik tetap dalam kondisi bersih. Dengan begitu, motif di dalamnya akan semakin terlihat dan tidak luntur.

Semua rekomendasi di atas dapat Anda gunakan secara bebas. Pilihlah motif yang sesuai keinginan untuk kemudian diaplikasikan pada dekorasi rumah. Gunakan seperlunya saja sebagai aksen pemercantik tampilan rumah.

Tags:

Artikel Terkait

Artikel Terbaru