7 Home Theater Terbaik untuk Pengalaman Hiburan yang Optimal

home theater terbaik

Buat Anda si pencinta film, home theater pasti menjadi salah satu wishlist yang Anda ingin wujudkan di rumah. Home theater meningkatkan suasana menonton film di rumah jadi makin menyenangkan seperti di bioskop.

Set sistem hiburan ini akan membantu menambah pengalaman menonton Anda. Tipe-tipenya pun berbeda, ada home theater model rack type, wireless type, theater bar type, dan sebagainya.

Spesial buat Anda, kami telah merangkum daftar rekomendasi home theater terbaik yang kualitasnya terjamin. Penasaran? Yuk, cek artikel berikut ini!

Apa Itu Home Theater?

Home theater dapat digambarkan sebagai sebuah sistem hiburan rumah yang diperuntukkan membangun pengalaman menonton film terbaik di rumah. Biasanya, set home theater akan didukung oleh televisi, proyektor, serta sistem audio.

Beberapa orang yang memiliki home theater akan merancang ruangan khusus untuk menggunakannya. Ruangan tersebut dapat menjadi bioskop mini tempat penghuni rumah melepas lelah dan menghibur diri.

Beberapa set up speaker dapat juga disebut sebagai speaker home theater. Adapun contoh-contohnya adalah speaker tower, speaker bookshelf, atau soundbar.

Setiap jenis speaker tersebut dapat memberikan pengalaman yang berbeda. Anda bisa memilih jenis speaker yang tepat sesuai dengan kondisi ruangan Anda.

Kiat-kiat Memilih Speaker Home Theater Terbaik

Sebelum mencari dan memutuskan membeli home theater, Anda perlu mengetahui apa saja tips-tips memilih speaker home theater terbaik. Berikut tips-tipsnya:

1. Gunakan Speaker 5.1 Channel atau Lebih

Untuk merasakan surround sound ketika menonton film, tips ini tidak boleh dilewatkan! Saat menggunakan speaker 5.1 channel atau lebih, efek audio yang Anda dapatkan cenderung lebih realistik.

Teknologi surround sound akan membuat arah audio menyesuaikan visual yang ditonton. Dalam kata lain, teknologi ini akan ‘menyihir’ penonton untuk menikmati setiap adegan film seolah-olah masuk ke dalamnya.

Contoh speaker tersebut adalah 7.1 channel dan 9.1 channel. Biasanya, semakin tinggi angkanya, maka akan semakin banyak pula unit speaker yang dipakai.

Anda perlu memastikan luas ruangan karena speaker tersebut akan dipakai di sekelilingnya. Selain itu, penting juga untuk memastikan source audio-nya, apakah sudah mendukung format surround sound atau belum seperti teknologi audio dari Dolby atau DTS.

2. Utamakan Front Surround untuk Area Instalasi Terbatas di Dekat Televisi

Apakah area instalasi home theater Anda terbatas di dekat televisi? Kalau iya, Anda isa memilih tipe front surround seperti soundbar dan speaker tower.

Alasannya karena model spekater tersebut tidak memerlukan banyak space serta pengaturan khusus. Untuk soundbar sendiri biasanya lebih pas dipasang di bawah televisi, sedangkan speaker tower cocok untuk diletakkan di samping televisi.

Jangan khawatir karena Anda tetap bisa menikmati pengalaman virtual surround yang baik dari jenis speaker ini! Ada teknologi yang dapat memberi efek suara datang dari sisi belakang.

3. Pilih Sound Pressure Level (SPL di Atas 100 dB Agar Suara Speaker Dapat Memenuhi Ruangan

SPL atau sensitivitas ini merupakan ukuran kekuatan suara dari speaker yang Anda gunakan. Semakin tinggi angka SPL menunjukkan semakin kuat suara yang dihasilkan oleh speaker.

Biasanya, speaker hiburan memiliki nilai SPL 80-100 dB. Untuk home theater terbaik, Anda bisa memilih speaker dengan SPL di atas 100 dB, ya.

4. Gunakan Speaker dengan Subwoofer atau Woofer dengan Ukuran Minimal 8 Inci

Anda mengutamakan suara bass dari speaker? Suara bass memang menjadi salah satu elemen untuk membuat nuansa home theater semakin kuat.

Apabila itu pertimbangan terbesar Anda, Anda bisa memeriksa rentang frekuensi dari speaker. Pada umumnya, speaker dengan potongan frekuensi mulai dari 20 Hz dapat menghasilkan suara frekuensi rendah yang lebih baik. Kualitas tersebut ditawarkan oleh speaker dengan subwoofer.

Namun, ada juga speaker dengan woofer yang berukuran 8 inci keatas yang memiliki rentang frekuensi luas. Dayanya yang besar biasanya sesuai dengan ukurannya yang besar.

Catat Rekomendasi Merk Home Theater Terbaik Ini!

Kami telah merangkum daftar rekomendasi merk speaker home theater terbaik untuk Anda. Check this out!

1. Speaker Home Theater Yamaha

Berada dalam urutan pertama di rekomendasi merk home theater terbaik, ada Yamaha! Seri home theater Yamaha meliputi YHT-2910, YHT-1810, YHT-299, dan YHT-199.

Kualitas audio Yamaha sudah terkenal baik di pasaran. Selain itu, kebanyakan produknya sudah dilengkapi dengan aneka fitur canggih seperti Extra Bass dan Virtual Cinema Front.

Rentang harganya pun luas, ada dalam kisaran Rp1.150.000 – Rp14.500.000. Anda bisa memilih produk home theater terbaik dari Yamaha sesuai dengan budget yang Anda miliki.

2. Speaker Home Theater LG

Berikutnya, ada LG Home Theater Speaker yang juga populer untuk pengalaman digital home entertainment-nya! Beberapa keunggulan lain dari salah satu merk home theater terbaik ini adalah fitur Cinema 3d, desain stylish, serta kualitas suara yang bagus dan tajam.

Untuk sensasi menonton bioskop di rumah, Anda bisa menyiapkan kocek sebesar Rp1.250.000 – Rp8.500.000 untuk membeli LG Home Theater Speaker.

3. Speaker Home Theater Samsung

Rekomendasi home theater terbaik yang ketiga ada dari Samsung. Didukung oleh teknologi audio Dolby Atmos, speaker home theater Samsung dapat memberi efek surround dan overhead.

Kualitas suaranya yang jernih dan bersih, serta fitur Adaptive Sound-nya akan membuat pengalaman menonton Anda semakin nyaman. Fitur Adaptive Sound ini bahkan dapat memperjelas suara dalam volume kecil, lho!

Home theater dengan fitur Acoustic Beam yang dapat sinkronisasi suara dan visual ini dibanderol dengan harga Rp2.650.000 – Rp11.500.000. Tertarik membelinya?

4. Speaker Home Theater Sony

Kemudian, ada juga produk speaker home theater Sony! Selain menonton film kesayangan, Anda juga bisa menikmati produknya untuk mendengarkan musik dan bermain game.

Kebanyakan desain produknya ramping dan sedap dipandang. Speaker home theater dari Sony juga dilengkapi dengan subwoofer eksternal yang menunjang kekuatan bass-nya.

Home theater asal Jepang ini ada dalam rentang harga Rp2.250.000 – Rp20.450.000.

5. Speaker Home Theater Pioneer

Satu lagi opsi speaker home theater terbaik yang bisa Anda miliki. Speaker home theater dari Pioneer memiliki desain yang simpel tapi classy.

Anda bisa mendapatkan efek surround walaupun posisi speaker ada di depan. Selain itu, ada fitur HDMI yang menampilkan gambar HD pada televisi.

Dikenakan harga Rp1.000.000 – Rp39.816.000, home theater Pioneer sudah dilengkapi dengan empat input yaitu HDMI, AM/FM Radio, bluetooth, dan port lainnya.

6. Speaker Home Theater Philips

Pasti Anda sudah familiar dengan brand Philips yang banyak menyediakan alat-alat kebutuhan rumah tangga. merk ini juga mengeluarkan produk home theater yang direkomendasikan.

Ada teknologi Digital Theater System (DTS) di dalamnya untuk kualitas suara bass yang jelas dan jernih. Salah satu home theater dari merk satu ini juga sudah dilengkapi dengan audio Dolby 5.1 untuk efek suara surround.

Rentang harganya sendiri berada dalam kisaran Rp1.700.000 – Rp49.450.000.

7. Speaker Home Theater Sonos

Speaker home theater dari Sonos adalah satu rekomendasi home theater terbaik yang bisa Anda dapatkan. Rata-rata produknya berkualitas, sehingga dapat membuat pengalaman menonton TV dan mendengarkan musik Anda semakin baik.

Home theater Sonos juga bisa digunakan untuk memutar film dengan kualitas Blu-Ray, lho! Ada juga fitur wireless subwoofer untuk memberikan efek suara bass yang mendalam.

Speaker yang bisa dikontrol melalui Sonos app ini dikenakan harga Rp 699.000 – Rp 48.750.000.

Setelah membaca daftar rekomendasi home theater terbaik yang telah dipaparkan di atas apakah Anda sudah menemukan produk yang sesuai? Semoga artikel ini dapat membantu Anda menambah referensi dan menentukan pilihan, ya!

Anda bisa menemukan artikel rekomendasi lainnya dalam blog kami. Terima kasih telah membaca

Artikel Terkait

Artikel Terbaru