Rincian Harga Semen Holcim dan Keunggulan Tiap Produknya

harga semen holcim

Ada banyak sekali merek semen yang beredar di pasaran, masing-masing memiliki keunggulan dan variasi harganya tersendiri. Di antara pilihan-pilihan tersebut, semen Holcim merupakan salah satu opsi yang paling populer.

Semen memainkan peran penting dalam konstruksi, karena fungsinya sebagai bahan pengikat material seperti pasir, kerikil, dan batu bata, sehingga membentuk struktur yang kokoh. Selain itu, ia berfungsi sebagai komponen penting dalam beton, membentuk dasar untuk struktur seperti kolam, dan aplikasi lainnya.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang Semen Holcim, termasuk sejarah dan daftar harga Semen Holcim simak artikel berikut ini!

Sejarah Semen Holcim

Semen Holcim merupakan produk perusahaan multinasional Holcim Group yang bergerak di bidang bahan bangunan. Lahir pada tahun 1912, perusahaan ini berkantor pusat di Jona, Swiss, dengan ekspansi yang mencakup berbagai wilayah di Eropa, Amerika Latin, dan Asia.

Produk-produk Holcim melingkupi produk semen, klinker, beton, kapur, dan agregat. Selain itu, perusahaan ini juga menyediakan layanan konsultasi, penelitian dan pengembangan pihak ketiga, dan solusi pengelolaan limbah. Pada tahun 2014, Holcim mencapai kapasitas produksi tahunan sebesar 215 juta ton.

Menggunakan bahan baku berkualitas tinggi serta teknologi yang modern, Holcim selalu berupaya memastikan kualitas semen buatannya tetap unggul. Semen-semen yang diproduksinya pun hadir dalam beragam jenis, seperti semen Portland, semen campuran, dan semen tahan api.

Di antaranya, semen Portland, yang banyak digunakan dalam konstruksi karena kekuatan dan daya tahannya. Semen jenis ini tersedia dalam berbagai variasi  berdasarkan persentase kandungan mineral tertentu, mulai dari tipe I, tipe II, tipe III, sampai tipe V,

Selain itu, Holcim memproduksi semen khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan lingkungan. Contohnya, ada semen tahan api untuk konstruksi bangunan yang memerlukan ketahanan api yang tinggi. Merek semen ini juga memproduksi variasi semen untuk berbagai jenis proyek khusus, seperti beton pracetak, semen untuk mengaspal jalan, dan konstruksi bangunan besar seperti jembatan dan bendungan.

Semen Holcim sebagai sebuah merek semen ternama, telah berperan penting dalam berbagai proyek konstruksi di seluruh dunia, mulai dari proyek skala kecil hingga proyek skala besar. Kualitasnya yang telah terbukti dan teknologi produksi modernnya menjadikannya pilihan utama di kalangan profesional konstruksi di seluruh dunia.

Ini Dia Berbagai Keunggulan Semen Holcim!

Terdapat beberapa keunggulan yang dimiliki Semen Holcim. Berikut beberapa kelebihannya yang bisa menunjang proyek konstruksi Anda, di antaranya:

1. Produk berkualitas tinggi

Dibuat dari bahan baku berkualitas premium dan menggunakan teknologi modern, Semen Holcim menjamin kualitas semennya tetap unggul. Pengujian ketat untuk memenuhi standar global juga dilakukan. Upaya pengujian ini bertujuan untuk menjamin kekokohan dan daya tahanya agar bisa optimal memperkuat struktur bangunan.

2. Memiliki beragam varian semen

Semen Holcim menawarkan berbagai jenis semen, seperti semen portland, semen campuran, dan semen tahan api. Masing-masing varian tersebut disesuaikan dengan beragam kebutuhan konstruksi agar bisa menjadi solusi dari setiap proyek yang dikerjakan.

3. Penggunaannya yang mudah

Terkenal karena kemudahan penggunaannya, Semen Holcim memfasilitasi kelancaran pelaksanaan proyek bagi para profesional konstruksi. Kemampuan beradaptasinya untuk menyatu dengan material lain seperti pasir dan agregat juga sangat  membantu berbagai kebutuhan konstruksi.

4. Tim teknis dan layanan pelanggannya yang profesional

Holcim Group juga memberikan bantuan teknis khusus untuk membantu kontraktor dan profesional industri dalam pemilihan dan penerapan Semen Holcim. Selain itu, komitmen mereka dalam menjamin kepuasan pelanggan tercermin melalui layanan pelanggan yang terpuji.

5. Komitmen menjaga lingkungan

Menjunjung tinggi kepedulian terhadap lingkungan, Holcim Group berkomitmen dalam menghasilkan produk ramah lingkungan dan berkelanjutan. Penggunaan teknologi yang sadar lingkungan dan memegang sertifikasi seperti ISO 14001 dan OHSAS 18001 membuktikan dedikasi Semen Holcim terhadap isu lingkungan.

Penjelasan lengkap tentang variasi produk Semen Holcim

Terdapat beberapa variasi produk Semen Holcim, di antaranya adalah:

1. Holcim Dynamix

Holcim Dynamix, campuran semen Portland dan slag yang berasal dari pengolahan logam, merupakan semen jenis slag yang disesuaikan untuk kebutuhan beton yang menuntut ketahanan optimal terhadap bahan kimia dan air laut. Sesuai dengan tolok ukur kualitas global, Holcim Dynamix sangat ideal untuk proyek konstruksi seperti pelabuhan, dermaga, dan infrastruktur kelautan.

2. Holcim Oil Well Cement

Holcim Oil Well Cement berfungsi sebagai semen khusus yang digunakan di sektor perminyakan untuk pengeboran sumur minyak dan gas bumi. Dirancang untuk tahan terhadap tekanan, suhu tinggi, dan kondisi lingkungan yang buruk, produk ini memastikan kinerja yang andal.

Sesuai dengan standar kualitas internasional, Holcim Oil Well Cement dapat diterapkan di berbagai proyek pengeboran di seluruh dunia.

3. Semen Putih Holcim

Seperti namanya, Semen Putih Holcim adalah jenis semen yang memiliki ciri khas warna putih produknya. Varian semen ini dipakai untuk proyek yang memerlukan daya tarik estetika yang unggul, baik untuk lantai terbuka, dinding, atau permukaan beton yang terlihat. 

Semen Putih Holcim cocok untuk proyek interior dan eksterior. Selain itu, produk ini tidak hanya menawarkan tampilan yang menarik, tapi juga menunjukkan sifat ketahanan terhadap bahan kimia. Ini penting untuk membantu konstruksi yang memerlukan peningkatan kualitas estetika.

4. Holcim Super Masonry Cement

Holcim Super Masonry Cement diformulasikan khusus untuk meningkatkan kekuatan dan ketahanan dinding serta berbagai struktur bangunan. Produk ini tidak hanya menawarkan daya rekat yang sangat baik, tetapi juga memiliki waktu pengeringan yang cepat.

Holcim Super Masonry Cement pun ideal untuk diaplikasikan pada dinding, kolom, dan balok dalam proyek konstruksi. Poin plus lainnya, jenis semen satu ini telah memenuhi standar kualitas global dan memiliki rekam jejak yang terbukti di berbagai proyek konstruksi di seluruh dunia.

Tahap Produksi Semen Holcim

Dalam pembuatannya, Semen Holcim melewati berbagai tahapan proses produksi, di antaranya:

1. Penambangan bahan material

Komponen bahan material yang dipakai dalam pembuatan semen Holcim meliputi batu kapur, tanah liat, dan pasir. Semua bahan baku tersebut diperoleh dari tambang perusahaan atau diperoleh dari pemasok luar.

2. Penghancuran bahan baku

Bahan baku yang diekstraksi akan masuk ke dalam tahap penghancuran dan penggilingan menggunakan peralatan mesin khusus. Hasil akhirnya adalah butiran yang lebih halus dan seragam untuk selanjutnya dicampur dengan bahan baku lainnya.

3. Pengeringan bahan baku

Usai dari proses penggilingan, bahan-bahan mentah tersebut akan menjalani proses pengeringan juga menggunakan mesin khusus. Proses ini berfungsi untuk mengurangi kadar air dalam bahan ke tingkat yang sesuai.

4. Pencampuran bahan baku

Bahan yang digiling dan dikeringkan dicampur dengan cermat dalam proporsi yang tepat untuk menghasilkan campuran yang homogen. Nantinya, campuran ini yang berfungsi sebagai bahan dasar produksi semen.

5. Pembakaran bahan baku

Campuran bahan mentah yang digabungkan akan dibakar dalam suhu yang sangat tinggi tinggi, sekitar 1.400 derajat Celcius. Proses pembakaran akan dilakukan di dalam tungku pembakaran atau oven pembakaran.

Proses intensif panas ini akan memfasilitasi pembentukan klinker, yakni bahan dasar semen yang keras berbentuk butiran.

6. Penggilingan klinker

Lalu, klinker tersebut akan masuk ke tahap penghancuran dan penghalusan menggunakan alat penggilingan. Setelah itu, bubuk halus yang kita kenal sebagai semen akan dihasilkan.

7. Pengemasan dan distribusi semen

Masuk ke tahap terakhir, semen yang telah diproduksi akan dikemas dalam kantong-kantong. Kemudian, disimpan dalam silo sebelum didistribusikan.

Daftar Harga Semen Holcim Berdasarkan Variannya

Mengingat jenis  & keunggulan Semen Holcim yang sangat beragam, mereka juga memiliki variasi harga yang berbeda-beda. Simak daftar harga Semen Holcim terlengkap berdasarkan jenisnya:

1. Semen Holcim Dynamix 40 Kg = Rp56.000 – Rp62.000

2. Semen Holcim Dynamix 50 Kg = Rp67.500 – Rp75.500

3. Semen Holcim OWC (Oil Well Cement) 1 Sak = Rp94.000 – Rp106.000

4. Semen Putih Holcim (WC) 1 Sak = Rp95.000 – Rp102.000

5. Semen Putih Holcim (WM) 1 Sak = Rp82.000 – Rp86.000

6. Semen Holcim Super Masonry Cement 1 Kg = Rp49.000 – Rp55.000

Nah, itu tadi ulasan rinci mengenai jenis semen, merek, dan kisaran harga Semen Holcim. Dengan informasi ini, semoga Anda bisa memilih semen yang tepat dan memperkirakan biaya konstruksi dengan lebih mudah.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru