Daftar Harga Semen Gresik dan Keunggulan Setiap Variannya, Lengkap!

harga semen gresik

Pondasi yang kuat dan tahan lama adalah salah satu hal krusial dalam pembangunan rumah. Maka dari itu, diperlukan penggunaan bahan bangunan yang berkualitas tinggi, termasuk untuk semen. Selain memperhatikan mutu kualitas semen yang digunakan, Anda juga perlu mempelajari harganya.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang harga Semen Gresik,  termasuk penjelasan tentang varian serta keunggulannya. Yuk, pelajari semua tentang Semen Gresik lewat tulisan di bawah ini!

Sekilas tentang Semen Gresik

Semen Gresik merupakan salah satu merek semen yang paling ternama di Indonesia yang berdiri pada tahun 1957 di Gresik, Jawa Timur. Merek ini pun bergabung dengan perusahaan semen lainnya dan membentuk PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (sebelumnya PT Semen Gresik Tbk).

Semen Gresik dikenal dengan kualitasnya yang terjamin dan menjadi andalan banyak orang yang sedang membangun hunian atau properti. Beberapa faktor pembeda merek semen ini dengan semen lainnya adalah komposisi bahan baku, teknologi produksi, dan standar mutunya.

Bahan baku yang digunakan oleh Semen Gresik berasal dari bahan baku berkualitas dan terpilih, mulai dari batu kapur hingga tanah liat yang dipakai oleh produksinya. Ditambah dengan penerapan teknologi produksi yang modern, membuat merek semen ini terus berkembang.

Semen Gresik juga telah teruji dan melalui berbagai sertifikasi dan penghargaan. Selain itu, terdapat berbagai varian yang telah disesuaikan oleh kebutuhan konsumen. Hal ini membuat merek semen satu ini dapat memenuhi berbagai proyek konstruksi maupun infrastruktur.

Keunggulan Semen Gresik

Seperti yang telah disinggung pada poin di atas, Semen Gresik memiliki beberapa keunggulan yang membedakannya dari merek lain. Berikut kelebihannya:

1. Kualitasnya unggulan

Telah berpengalaman selama 60 tahun memproduksi semen, kualitas Semen Gresik selalu menjadi andalan. Selain itu, merek semen ini juga sudah berstandar Internasional dan berstandar SNI sehingga terbukti aman dan teruji.

2. Tersedia dalam berbagai variasi

Semen Gresik menawarkan berbagai tipe yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Di antaranya adalah OPC, PPC, PCC, Super White Cement, dan Special Blended Cement.

3. Harga relatif terjangkau

Dengan mutu tinggi, harga Semen Gresik masih masuk kategori terjangkau dibanding merek semen lainnya.

4. Kokoh dan tahan lama

Salah satu keunggulan utama dari Semen Gresik adalah sifatnya yang kokoh. Daya tahannya kuat melawan cuaca dan kerusakan lingkungan lainnya.

5. Mudah ditemukan di mana-mana

Karena tersedia di berbagai distributor dan toko bangunan, Semen Gresik mudah jatuh ke tangan konsumen. Ini menjadi salah satu kelebihannya!

6. Bersifat ramah lingkungan

Semen Gresik juga mendukung pembangunan berkelanjutan. Cara mereka memperhatikan faktor lingkungan adalah melalui proses produksinya. Semen Gresik pun telah mengantongi sertifikasi ISO 14001.

5 Ragam Jenis Semen Gresik serta Fungsinya

Untuk menunjang keberhasilan proyek konstruksi, diperlukan pemilihan semen yang tepat. Semen Gresik sendiri menyediakan berbagai jenis semen dengan karakteristik yang berbeda. Berikut penjelasan tentang jenis-jenis Semen Gresik beserta fungsinya yang perlu Anda ketahui:

1. Ordinary Portland Cement (OPC)

Jenis semen yang pertama adalah Ordinary Portland Cement (OPC) yang biasanya dipakai untuk konstruksi umum dan proyek yang membutuhkan ketahanan sulfat sedang. Semen OPC terkenal dengan proses pengeringannya yang cepat, kemampuan merekatkan material konstruksi dengan kuat, dan karakter yang lebih kedap.

Jika disandingkan, OPC setara dengan semen Portland type II. Semen OPC dapat diaplikasikan dalam konstruksi gedung, jembatan, jalan, rumah tinggal, sistem irigasi, bendungan, pelabuhan, pembangkit listrik (power plant), dan bangunan di tepi pantai.

2. Portland Pozzoland Cement (PPC)

Berikutnya, ada Semen Portland Pozzoland Cement (PPC). Varian semen ini diproduksi dengan cara menggiling terak, gypsum, dan bahan pozzolan. Semen PPC umumnya digunakan pada struktur dan konstruksi bangunan umum yang memerlukan panas hidrasi sedang serta ketahanan sulfat.

PPC menawarkan banyak kualitas, seperti mudah dikerjakan, tidak mudah retak, lebih tahan terhadap sulfat, serta memiliki permukaan akhir yang lebih halus. PPC bisa diterapkan untuk pembangunan jembatan, jalan raya, perumahan, dermaga, beton massa, bendungan, bangunan irigasi, dan pondasi pelat penuh.

3. Portland Composite Cement (PCC)

Seperti OPC, semen Portland Composite Cement (PCC) sering dipakai untuk konstruksi. Dikarenakan kemudahan penggunaannya, ketahanan yang tinggi terhadap retak dan sulfat, serta sifatnya kedap air sehingga lapisan permukaan aciannya juga halus.

Selain diaplikasikan pada konstruksi gedung, jembatan, jalan raya, rumah pemukiman, dan sebagainya. Semen ini juga cocok untuk pembuatan elemen bangunan seperti genteng, hollow brick, batako, paving block, roster, serta produk berbahan dasar semen lainnya.

4. Super White Cement (Semen Putih)

Jenis semen yang keempat adalah Semen Gresik Super White Cement. Apakah Anda pernah mendengar jenis semen ini?

Semen putih biasanya dipakai untuk tahap finishing setelah bangunan jadi, serta keperluan arsitektur dekoratif di gedung-gedung publik. Jenis semen ini juga menawarkan sifat ketahanan sulfat yang tinggi dan panas hidrasi yang rendah.

Setara dengan Portland type V, semen putih dapat dipakai untuk konstruksi dengan persyaratan ketahanan sulfat yang tinggi dan panas hidrasi yang rendah. Contohnya, pada jembatan terpapar air laut, dermaga, power plant, dan fasilitas pengolahan limbah.

5. Special Blended Cement

Varian semen yang terakhir adalah Special Blended Cement. Seperti namanya, varian ini adalah tipe semen khusus yang dipakai untuk bangunan yang berada di lingkungan air laut. Kandungan silika amorf di dalamnya mampu mengeliminasi efek negatif kalsium hidroksida, membuatnya lebih tahan terhadap serangan sulfat.

Selanjutnya, gel silika yang dihasilkan dari campuran ini  akan meningkatkan tingkat kekedapan beton, memberikan ketahanan terhadap zat seperti natrium klorida, magnesium klorida, dan bahan pemicu korosi lainnya.

Selain itu, Special Blended Cement juga lebih gampang untuk dicampur dengan bahan tambahan seperti fly ash, terak, atau bahan pengganti lainnya. Biasanya diaplikasikan pada bangunan yang langsung terkena air laut, seperti pelabuhan, dermaga, atau bangunan pantai, semen jenis ini juga cocok untuk berbagai proyek infrastruktur termasuk jalan, jembatan, dan bendungan.

Harga Semen Gresik Terbaru Berdasarkan Tipenya

Mengetahui jenis Semen Gresik yang sangat beragam, setiap semennya juga memiliki varian harga yang berbeda sesuai tipenya. Simak daftar harga Semen Gresik terlengkap berdasarkan tipenya:

1. Ordinary Portland Cement (OPC) 40 kg – 50 kg = Rp52.000 – Rp62.000

2. Portland Pozzoland Cement (PPC) 40 kg – 50 kg = Rp40.000 – Rp69.000

3. Portland Composite Cement (PCC) 40 kg – 50 kg = Rp40.000 – Rp71.000

4. Super White Cement 40 kg = Rp97.000

5. Special Blended Cement = tersedia dalam bentuk curah, kisaran Rp50.000

Itu dia pembahasan tentang sejarah, jenis-jenis, serta daftar harga Semen Gresik. Setelah membaca ulasan di atas, semoga Anda bisa lebih mudah ketika ingin memilih semen untuk pembangunan hunian atau properti.

Semoga artikel ini membantu dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya ya!

Artikel Terkait

Artikel Terbaru