Apa Fungsi Turbin Ventilator? Simak Penjelasan Lengkapnya!

fungsi turbin ventilator

Pernah mendengar soal turbin ventilator dan penasaran apa fungsi turbin ventilator untuk kehidupan sehari-hari? Singkatnya, turbin ventilator adalah alat yang diletakkan pada area atap rumah.

Mau mempelajari fungsi turbin ventilator secara lengkap? Simak penjelasannya dalam artikel di bawah ini!

Apa Itu Turbin Ventilator?

Turbin ventilator dapat dijelaskan sebagai sebuah alat yang dipasang pada bagian dinding atau atap rumah. Bentuk turbin ventilator berupa kubah melingkar dan perannya adalah sebagai sistem ventilasi sekunder pada ruangan.

Turbin ventilator umumnya dapat Anda temukan pada bangunan pabrik, gudang, atau pun kantor. Namun, penerapannya pun sudah bisa ditemukan pada beberapa rumah tinggal.

Fungsi Turbin Ventilator

Ada beberapa fungsi turbin ventilator yang berguna untuk kehidupan sehari-hari. Penasaran apa saja? Ini uraiannya!

1. Berfungsi untuk Menghisap Asap, Debu, dan Kotoran  

Salah satu fungsi turbin ventilator yang utama adalah menghisap asap, debu, dan kotoran. Dalam kata lain, turbin ventilator sangat bermanfaat untuk pertukaran udara.

Karena itu, Anda dapat menempatkannya pada area-area yang rentan terpapar debu dan kotoran. Karena tumpukan debu dan kotoran tersebut dapat memicu gangguan kesehatan pernapasan.

Dengan memasang turbin ventilator, Anda dapat mengatasi masalah-masalah yang disebabkan oleh tumpukan debu dan asap pada ruangan.

2. Membantu Sistem Pertukaran Udara

Fungsi turbin ventilator yang kedua adalah membantu sistem pertukaran udara di dalam ruangan. Peran turbin ventilator sebagai sistem pertukaran udara sekunder akan membantu pergantian udara dari dalam ruangan. Yang kemudian, secara tidak langsung juga membuat suasana ruangan menjadi lebih nyaman untuk bernapas.

3. Mengatasi Permasalahan Udara Panas dan Pengap dalam Ruangan

Tak hanya itu, fungsi turbin ventilator yang berikutnya adalah mengatasi masalah udara panas serta pengap di dalam ruangan. Kedua permasalahan ini berdampak secara langsung terhadap kesehatan dan kenyamanan tubuh orang-orang yang beraktivitas di dalam ruangan.

Turbin ventilator pada dasarnya juga memiliki manfaat untuk menjaga kelembaban ruangan agar tetap seimbang.

Pelajari Keunggulan-keunggulan Turbin Ventilator

Ada beberapa keunggulan turbin ventilator untuk bangunan. Apa saja? Ini detailnya:

1. Ramah Lingkungan

Salah satu keunggulan utama dari turbin ventilator adalah sifatnya yang ramah lingkungan. Turbin ventilator bekerja tanpa menghasilkan residu berbahaya, menjaga lapisan ozon, serta menghisap debu dan kotoran di dalam ruangan.

2. Hemat Listrik

Karena cara kerjanya dari bantuan angin, turbin ventilator tidak membutuhkan konsumsi daya listrik. Selain itu, turbin ventilator saat hujan tetap bisa beroperasi, lho!

3. Relatif Mudah Dipasang

Poin plusnya lagi, turbin ventilator juga relatif mudah untuk dipasang, asalkan Anda menempatkannya dengan stabil. Anda bisa menancapkannya rangka turbin ventilator atap menggunakan sekrup saja.

Pahami Cara Kerja Turbin Ventilator di Sini!

Bagaimana cara kerja turbin ventilator? Sederhananya, turbin ventilator bekerja dengan dorongan angin yang akan menggerakan baling-balingnya. Setelah itu, udara panas akan terhisap, terdorong ke luar, dan bertukar dengan udara segar.

Bagaimana pertukaran udaranya? Udara panas akan cenderung naik ke atas, sedangkan udara segar bergerak ke bawah. Nah, dengan prinsip suhu dan tekanan tersebut, posisi turbin ventilator yang paling efektif adalah pada bagian atas bangunan.

Beberapa Pertimbangan Pemakaian Turbin Ventilator

Ada beberapa hal yang harus menjadi poin-poin pertimbangan dalam pemakaian turbin ventilator, di antaranya:

1. Prosedur pemasangannya mudah

2. Lebih Ramah Lingkungan

3. Hemat konsumsi daya listrik

4. Suaranya cukup bising

5. Efektivitasnya masih terbatas

Tips Pemasangan Turbin Ventilator dengan Benar

Sebelum memulai proses pemasangan turbin ventilator, ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian khusus. Walaupun proses pemasangannya relatif mudah, tapi Anda sebaiknya tetap menggunakan penyedia jasa yang berpengalaman, ya!

Berikut beberapa tips and trick pemasangan turbin ventilator:

1. Identifikasi Terlebih Dahulu Area Mana yang Membutuhkan Ventilasi

Tips pertama untuk memasang turbin ventilator di atap adalah dengan mencari tahu area mana yang membutuhkan ventilasi. Biasanya, area-area tersebut ditandai dengan banyaknya paparan asap dan debu. Contohnya, seperti area dapur atau ruang tamu yang sebaiknya bersih dari debu dan kotoran karena dapat mengganggu kualitas pernapasan.

2. Cek Juga Kondisi Atap

Selain itu, sebelum memulai pemasangan turbin ventilator, Anda perlu memeriksa kondisi atap secara menyeluruh. Setelah mengecek kondisinya, Anda harus memastikan tidak ada kebocoran atau kerusakan lainnya yang dapat terjadi.

Sebagai catatan, sebaiknya hindari pemasangan turbin ventilator ketika cuaca mendung atau gerimis, ya! Ini penting untuk mencegah terjadinya masalah atau risiko jangka panjang yang mungkin terjadi di kemudian hari.

3. Pertimbangan Ukuran Turbin Ventilator yang Sesuai Kebutuhan

Setelah itu, jangan lupa untuk memastikan ukuran turbin ventilator yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk hunian rumah sendiri, turbin ventilator yang sering dipakai seringnya adalah yang ukurannya kecil.

Tapi, kalau Anda masih bingung atau ragu, Anda bisa mengkonsultasikan kebutuhan Anda terhadap pihak penjual, ya! Dengan begitu, Anda bisa memilih ukuran turbin ventilator yang paling tepat dengan kebutuhan Anda.

5 Manfaat Utama Turbin Ventilator untuk Rumah atau Tempat Tinggal

Ada beberapa manfaat atau fungsi turbin ventilator yang dapat Anda rasakan jika memasangnya di rumah atau kediaman Anda. Berikut penjabarannya!

1. Menjaga Sirkulasi Udara yang Baik di Dalam Rumah

Manfaat pertama dari pemasangan turbin ventilator adalah sirkulasi udara yang lebih terjaga di dalam rumah. Ini penting banget untuk kesehatan penghuni rumah!

2. Membantu Mengurangi Tingkat Kelembapan di Dalam Rumah

Ada beberapa masalah yang dapat timbul dari tingkat kelembaban tinggi, mulai dari munculnya jamur, bau tidak sedap, hingga kerusakan furniture. Kehadiran turbin ventilator juga dapat membantu mengurangi tingkat kelembapan, lho!

Dengan begitu, udara lembap di dalam rumah bisa digantikan oleh udara segar dari luar.

3. Menghemat Konsumsi Daya Listrik

Manfaat ketiga adalah menghemat konsumsi daya listrik! Karena bekerja dengan dorongan angin, Anda tidak memerlukan daya listrik untuk mengoperasikan turbin ventilator.

Bahkan turbin ventilator saat hujan pun tetap bisa bekerja dengan efektif. Jadi, tidak perlu khawatir lagi deh tagihan listrik membengkak saat akhir bulan!

4. Lebih Ramah Lingkungan

Untuk Anda yang sangat memerhatikan hidup ramah lingkungan, penggunaan turbin ventilator sangatlah tepat. Pasalnya, turbin ventilator tidak akan menghasilkan residu berbahaya yang berisiko merusak lapisan ozon. Bahan pembuatnya pun kuat dan kokoh, sehingga tahan lama dan tidak mudah rusak.

5. Relatif Mudah Dipasang dan Ditempatkan

Manfaat turbin ventilator yang terakhir adalah pemasangannya yang relatif mudah. Selain itu, Anda juga bisa meletakkan turbin ventilator atap rumah!

Anda bisa memasangnya ke rangka atap menggunakan sekrup untuk memastikan turbin ventilator tidak bergeser ataupun rusak. Tips lainnya, pilihlah tempat yang strategis untuk pemasangan turbin ventilator, contohnya turbin ventilator atap ruang tamu atau kamar tidur. Kehadiran turbin ventilator ini akan membantu sirkulasi udara menjadi lebih baik.

Itu dia pembahasan lengkap mengenai fungsi turbin ventilator untuk bangunan atau rumah tempat tinggal. Dari uraian di atas, apakah Anda sudah lebih memahami tentang alat turbin ventilator itu sendiri?

Semoga artikel di atas dapat menambah wawasan Anda, ya! Telusuri artikel-artikel lainnya di blog kami untuk mendapatkan informasi dan edukasi lainnya.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru