Wajib Disimak, Ini Fungsi Air Purifier untuk Hunian Anda!

fungsi air purifier

Apakah itu air purifier? Mungkin Anda sudah pernah mendengar informasi tentang benda satu ini.

Seperti namanya, air purifier mengacu kepada perangkat penting yang berperan untuk membersihkan udara di sekitarnya. Sederhananya, alat ini beroperasi dengan cara mengalirkan udara melalui filter untuk menghilangkan kotoran sebelum mengalirkan udara bersih dan segar kembali ke dalam ruangan.

Fungsi air purifier untuk hunian rumah tidak dapat dipungkiri. Terlebih untuk Anda yang tinggal di daerah perkotaan yang padat akan penduduk.

Ingin tahu penjelasan lengkap tentang karakteristik dan fungsi air purifier? Baca informasinya dalam artikel ini!

Apa Pengertian Air Purifier?

Air purifier merupakan alat pembersih serta pemurni udara. Alat ini dirancang khusus untuk membersihkan udara di dalam ruangan.

Berbeda dengan Air Conditioning (AC), air purifier memang tidak mengeluarkan udara dingin melainkan akan mengalirkan udara segar bebas kotoran.

Biasanya, air purifier dilengkapi dengan fitur filter  penyaring udara yang mengubah udara tercemar menjadi lebih bersih. Selain itu, alat ini juga konon efisien dalam membasmi virus, bakteri, dan kuman yang ada di udara.

Penggunaan air purifier penting untuk memastikan Anda dan orang sekitar dapat menghirup udara dalam ruangan yang lebih bersih, baik di rumah maupun di area kantor.

Fungsi Air Purifier

Terdapat berbagai keuntungan dan manfaat dari penggunaan air purifier. Penasaran apa saja? Yuk, simak di sini!

1. Menghilangkan Bau Kurang Sedap

Salah satu keuntungan signifikan dari pemakaian air purifier adalah kemampuannya untuk menghilangkan aroma tidak sedap. Penting, nih!

Bau tidak sedap yang tertinggal di dalam rumah ataupun sebuah ruangan tentunya dapat menimbulkan rasa tidak nyaman bagi penghuninya. Karena itulah, penggunaan air purifier yang menjernihkan udara dan dilengkapi dengan HEPA serta filter karbon aktif sangat krusial.

Alat ini dapat bekerja secara efektif menangkap gas dan partikel bau yang tidak sedap di dalam ruangan tersebut.

Contoh kasusnya, ketika Anda sedang menjamu tamu di rumah. Anda tidak perlu lagi khawatir jika ingin memasak makanan pedas yang mungkin meninggalkan bau tidak sedap seperti sisa minyak goreng atau rempah-rempah. Masalah ini dapat segera teratasi dengan memanfaatkan air purifier.

2. Mencegah Penyebaran Virus dan Bakteri Penyebab Penyakit Menular

Udara berfungsi sebagai media penularan berbagai penyakit, terutama penyakit menular. Karena itu umum terjadi apabila seorang anggota keluarga untuk tertular penyakit seperti flu karena penyebaran virus dan bakteri di dalam rumah.

Mengapa seperti itu? Sebab, setiap penghuni rumah akan berbagi udara yang sama. Sehingga berpotensi membuat mereka terpapar bakteri dan virus yang dibawa oleh orang yang terinfeksi.

Di sinilah fungsi air purifier menjadi jelas dan penting! Alat penyaring udara ini akan membantu melindungi anggota keluarga, khususnya mereka yang rentan terhadap penyakit yang ditularkan melalui udara yang ditularkan melalui tindakan seperti bersin dan batuk.

Meskipun tidak sepenuhnya menghilangkan risiko penularan bakteri di permukaan, air purifier dapat menguranginya secara signifikan.

3. Menghilangkan atau Menghapus Gas Kimia Berbahaya

Fungsi air purifier yang berikutnya adalah menghilangkan gas kimia berbahaya yang ada di udara. Karena tersaring, kita pun tercegah dari risiko untuk menghirupnya.

Gas kimia tersebut bisa bermacam-macam sumbernya. Ada yang berasal dari polusi, larutan pembersih lantai, obat nyamuk, dan sebagainya.

Selain itu, penting untuk diketahui bahwa akumulasi gas-gas kimia ini dapat menimbulkan risiko kesehatan. Terutama bila Anda sedang berada di ruang tertutup dengan sirkulasi udara yang tidak memadai. Dengan demikian, penggunaan air purifier memang terbukti secara efektif dapat memurnikan udara atau membuat udara ruangan jadi lebih bersih.

4. Membantu Meningkatkan Kualitas Tidur

Fungsi air purifier untuk memastikan kualitas udara tetap bersih terutama di kamar tidur memang sangat penting. Bahkan manfaatnya tersebut juga berkontribusi signifikan terhadap peningkatan kualitas tidur seseorang, lho!

Udara ruangan yang terkontaminasi bakteri, jamur, atau debu dapat mengganggu tidur, terutama bagi Anda yang memiliki alergi terhadap unsur-unsur tersebut.

Sebab itu, pemakaian air purifier sebagai alat penyaringan udara dapat membantu mengatasi masalah ini. Anda pun bisa terhindar dari gangguan tidur yang disebabkan oleh pencemaran udara. Tidur jadi lebih nyenyak!

5. Meringankan Alergi atau Gejalanya

Seperti yang disinggung pada poin sebelumnya, pemakaian air purifier juga bermanfaat untuk mengurangi risiko gejala alergi. Khususnya untuk jenis alergi yang dipicu oleh udara.

Untuk meringankan gejalanya, Anda bisa memasang air purifier di rumah Anda. Alat ini mampu menyaring partikel penyebab alergi. Contohnya seperti serbuk sari, debu, dan sebagainya.

6. Mengeliminasi Gas Radon Berbahaya

Radon, gas yang tidak berwarna dan tidak berbau, dapat menimbulkan bahaya yang signifikan. Gas ini umumnya terpancar melalui bahan bangunan seperti tanah, granit, dan bebatuan.

Apabila terhirup terus menerus dapat meningkatkan risiko kanker. Mengerikan, ya?

Untungnya, ada air purifier yang dilengkapi dengan filter HEPA yang memiliki kapasitas untuk menangkap dan mengubah gas radon menjadi udara yang lebih bersih. Sehingga kehadiran alat ini dapat secara efektif meminimalkan radon dan gas tersebut.

7. Meringankan Gejala Asma

Berikutnya, fungsi air purifier yang lainnya adalah mengurangi tingkat keparahan serangan asma.

Hal ini bisa terjadi karena perangkat ini dilengkapi dengan filter HEPA yang secara efektif menyaring polutan seperti debu, serbuk sari, serta bulu hewan peliharaan.

Dengan pemakaian air purifier, udara ruangan dapat menjadi lebih bersih! Yang secara langsung juga meningkatkan kesehatan paru-paru.

8. Meningkatkan Angka Harapan Hidup

Polusi udara yang terjadi di dalam ruangan dihasilkan oleh bahan kimia atau gas dari produk rumah tangga. Kemudian, gas tersebut akan terakumulasi di paru-paru dan berdampak terhadap jantung, pernapasan, dan sistem saraf.

Mengetahui hal tersebut, kita dapat mempelajari bahwa masalah kesehatan yang disebabkan oleh udara juga memengaruhi harapan hidup seseorang secara signifikan.

Terutama untuk orang-orang yang tinggal dalam satu atap karena menghirup udara dengan kualitas yang sama. Oleh karena itu, penggunaan air purifier yang dilengkapi dengan kualitas baik untuk menjebak partikel halus sangat penting untuk menghasilkan kualitas udara yang sehat.

9. Mampu Memerangkap Asap

Asap, salah satu bentuk polusi yang berbahaya, dapat menimbulkan risiko kesehatan yang signifikan bila dihirup. Ketika seseorang tinggal di daerah rawan asap rokok atau hidup bersama perokok, ia dapat dengan mudah terpapar berbagai tingkat karbon monoksida dan bahan kimia berbahaya lainnya.

Kondisi menghirup asap yang intens dapat menyebabkan masalah kesehatan yang parah seperti bronkitis dan asma. Selain itu, asap rokok juga berdampak signifikan terhadap perkembangan paru-paru anak-anak, sehingga membuat mereka lebih rentan terhadap dampak buruknya.

Oleh karena itu, fungsi air purifier dalam skenario seperti ini terbukti sangat berharga dalam menghilangkan komponen berbahaya yang ada dalam asap. Banyak alat air purifier yang dilengkapi dengan filter HEPA, teknologi ini mampu menghilangkan lebih dari setengah partikel yang dihasilkan asap rokok.

Keuntungan lain dari alat ini adalah kemampuannya untuk mengurangi tingkat kelembapan ruangan, sehingga secara tidak langsung akan  mencegah munculnya jamur. Jamur sendiri adalah sumber masalah kesehatan yang cukup besar.

Berbagai peralatan rumah tangga yang terkena alergen dan spora jamur dapat menimbulkan risiko kesehatan jika bersirkulasi di udara.

Untuk mengatasi ini, Anda bisa memanfaatkan air purifier untuk mengatasi masalah pertumbuhan jamur di area tertentu di dalam rumah. Yang kemudian akan secara signifikan meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan secara keseluruhan.

10. Memfilter Bulu Halus dari Hewan Peliharaan

Fungsi air purifier yang terakhir diperuntukkan bagi pemilik hewan peliharaan. Perlu disadari bahwa kerontokan bulu dan rambut halus dari anabul Anda ternyata dapat menyebabkan masalah kesehatan tertentu.

Bulu-bulu halus yang menumpuk dapat terhirup sehingga menyebabkan gangguan pernapasan bagi penghuni rumah.

Di sinilah peran air purifier sangat diperlukan! Alat penjernih udar aini akan menangkap partikel halus yang berhubungan dengan hewan peliharaan. Air purifier menjadi solusi untuk menjaga kebersihan lingkungan udara dalam ruangan.

Demikian pembahasan lengkap tentang kegunaan dan fungsi air purifier. Apakah Anda sudah tercerahkan akan manfaat dari alat penjernih udara yang satu ini?

Temukan informasi lengkap seputar properti dan alat-alat kebutuhan rumah tangga dalam artikel lainnya di blog ini. Terima kasih telah membaca!

Artikel Terkait

Artikel Terbaru