10 Hal yang Perlu Diperhatikan tentang Aturan Feng Shui Dapur

feng shui dapur

Ada berbagai tips feng shui dapur yang bisa Anda coba untuk mengubah tata letak dapur menjadi lebih nyaman. Selain dari sudut pandang estetika, penerapan ilmu feng shui dapur juga dipercaya dapat membantu mengalirkan energi positif ke dalam rumah Anda.

Ingin tahu 10 tips feng shui dapur untuk tempat tinggal Anda? Simak baik-baik tips & triknya di bawah ini yuk!

Mengapa Feng Shui Dapur Penting?

Pada dasarnya, dapur adalah tempat Anda menyimpan, menyiapkan, hingga mengolah makanan yang akan dihidangkan untuk semua anggota rumah. Sebagai salah satu area yang krusial di rumah, Anda perlu memikirkan ilmu feng shui dapur.

Di dalam ilmu feng shui dapur, dapur sebaiknya mampu mengalirkan energi positif. Yang kemudian akan berdampak terhadap kesehatan, kebahagian, serta kesejahteraan penghuni rumah.

Sebab itulah, posisi dapur yang baik dalam feng shui dapur juga dipercaya berpengaruh terhadap energi baik atau rezeki pemilik rumah. Karena bisa dibilang tujuan utama dari feng shui adalah untuk menciptakan keseimbangan serta keselarasan di dalam sebuah bangunan.

Untuk Anda yang sedang merencanakan pembangunan atau renovasi dapur dapat mempertimbangkan penerapan ilmu-ilmu feng shui dapur, nih!

Berbagai Tips Feng Shui Dapur yang Bisa Dicoba!

Ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan untuk tips feng shui dapur terbaik. Berikut uraiannya:

1. Coba Atur Posisi Dapur di Area Belakang Rumah

Berdasarkan ilmu feng shui dapur, posisi dapur yang terbaik adalah di belakang rumah. Mengapa begitu? Sebab, dalam kepercayaan ini, posisi dapur di area depan rumah justru dapat menimbulkan kesialan bagi penghuni rumah. Tak hanya itu, dapur yang berada di area depan rumah juga kurang apik.

Bagaimana dengan dapur yang ada di bagian tengah rumah? Bagian tengah rumah sendiri sering diibaratkan sebagai jantung pada organ tubuh manusia. Oleh karena itu, area tengah lebih direkomendasikan untuk menjadi tempat berkumpul para penghuninya.

2. Tempatkan Dapur Sesuai dengan Arah Mata Angin

Tips feng shui dapur yang kedua adalah penempatan dapur berdasarkan arah mata angin. Sebab, bisa dibilang, arah mata angin adalah satu elemen penting yang tidak boleh diabaikan.

Contoh perlambangan elemen dari arah mata angin adalah arah utara yang melambangkan air, arah selatan melambangkan api, arah timur untuk kayu, serta arah barat untuk logam.

Berdasarkan feng shui dapur, posisi dapur sebaiknya ditempatkan ke arah selatan yaitu unsur api. Atau, bisa juga dapur ditempatkan di arah timur yaitu unsur kayu. Kedua arah tersebut dianggap menjadi perwakilan dari elemen-elemen penting yang juga identik dengan dapur.

Selain itu, posisi arah mata angin yang tidak disarankan untuk dapur adalah arah barat laut. Posisi arah tersebut dipercaya dapat membawa kesialan dan penderitaan bagi anggota laki-laki tertua atau kepala keluarga di rumah.

Tak hanya itu, Anda juga perlu mempertimbangkan letak barang-barang penting di dapur, seperti kompor. Dalam ilmu feng shui dapur, kompor sebaiknya menghadap ke arah selatan atau timur. Selain karena elemennya cocok, cara ini dianggap dapat mendatangkan energi positif.

Kompor juga sebaiknya tidak diletakkan pada area sudut ruangan. Selain itu, kompor juga direkomendasikan posisinya menghadap arah barat atau arah utara yang elemennya kurang cocok.

3. Hindari Posisi Dapur yang Berdekatan dengan Kamar Mandi

Tips feng shui dapur yang berikutnya berkaitan dengan posisinya di rumah. Posisi dapur lainnya yang tidak disarankan adalah berdekatan dengan dapur.

Alasannya karena feng shui dapur dan kamar mandi tidak cocok, serta memiliki elemen yang bertentangan. Elemen api sangat identik dengan dapur, sebaliknya kamar mandi begitu lekat dengan elemen air yang dimilikinya.

Apabila posisi dapur terlalu dekat dengan kamar mandi dipercaya bahwa ada dampak buruk yang dapat datang. Terutama berkaitan dengan kesehatan serta keharmonisan keluarga.

Memiliki area rumah yang terbatas sehingga sulit untuk mengatur jarak antara dapur dan kamar mandi? Anda masih bisa mengakalinya dengan cara memposisikan pintu kamar mandi agar tidak langsung berhadapan dengan area dapur. Usahakan untuk selalu menutup pintu kamar mandi juga, ya!

4. Posisi Dapur Sebaiknya Tidak Berada di Bawah Kamar Tidur dan Kamar Mandi

Khusus rumah tingkat, tips feng shui yang bisa Anda terapkan adalah menghindari posisi dapur di bawah kamar tidur atau kamar mandi. Dari segi kesehatan, hal ini tidak baik karena posisi kamar tidur dan kamar mandi Anda berdekatan dengan barang-barang dapur yang memancarkan energi panas, seperti kompor.

Tak hanya itu, elemen api pada dapur juga dianggap dapat menimbulkan siklus destruktif untuk energi kamar tidur Anda yang memiliki elemen tanah.

Untuk area kamar mandi sendiri, dikhawatirkan dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan. Apalagi bisa jadi ada air limbah atau residu air kamar mandi yang dapat tercampur dengan air yang digunakan di area dapur.

5. Jangan Lupa untuk Pisahkan Elemen Api dan Air pada Dapur

Walau identik dengan elemen api, tetap ada elemen air yang dapat Anda temukan di area dapur. Contoh paling gampangnya adalah kompor serta wastafel.

Keduanya merupakan barang yang sangat penting untuk keberlangsungan aktivitas di dapur rumah. Namun, karena memiliki elemen yang berbeda, sangat dianjurkan untuk meletakkannya dengan jarak tertentu.

Alasannya agar tidak terjadi bentrokan energi. Dalam ilmu feng shui, bentrokan energi ini dipercaya bisa mengundang perselisihan antar penghuni rumah.

Posisinya sebaiknya tidak saling berdekatan atau bersebelahan. Anda bisa coba meletakkan kompor dan wastafel dengan posisi berseberangan.

6. Usahakan Pencahayaan Maksimal

Dalam ilmu feng shui dapur, Anda juga perlu memerhatikan pencahayaan dan udara. Karena itulah, pastikan bahwa dapur rumah Anda telah dilengkapi oleh jendela atau jalur ventilasi.

Dengan begitu, kenyamanan penghuni rumah juga bisa bertambah! Apabila memang kapasitas jendelanya terbatas, Anda tetap bisa mengusahakan pencahayaan maksimal dengan menambahkan lampu pada dapur. Hal ini berkaitan dengan energi baik juga, lho!

Pencahayaan dan udara merupakan unsur yang penting dalam feng shui. Oleh sebab itu,  Anda harus memastikan dapur dilengkapi jendela dan/atau jalur ventilasi. Pencahayaan dan udara yang baik juga dapat membuat penghuni rumah merasa betah dan nyaman. Jika kapasitas jendela dapur kurang memadai, tambahkan lampu agar dapur tetap terang dan berenergi baik.

7. Selalu Jaga Kebersihan Area Dapur Rumah

Kebersihan dapur juga menjadi salah satu penerapan ilmu feng shui dapur yang tidak boleh terlewatkan. Pasalnya, area yang bersih juga dipercaya dapat membawa energi positif untuk sekitarnya.

8. Pilih Warna Interior Dapur Terbaik Menurut Feng Shui

Tahukah Anda bahwa pemilihan warna interior juga berpengaruh untuk feng shui dapur? Ada beberapa aturan warna yang perlu Anda ketahui untuk menjaga keseimbangan energi di dapur rumah Anda. Salah satunya adalah perabotan masak yang menggunakan warna-warna yang cerah.

Kemudian, dinding yang dicat berdasarkan posisi dapur rumah Anda. Untuk dapur menghadap selatan bisa pilih warna khas api, seperti merah, orange, atau kuning. Untuk dapur yang menghadap utara bisa gunakan warna-warna kalem seperti biru, hitam, dan abu-abu.

Dapur yang menghadap area barat bisa gunakan warna putih dan abu-abu. Terakhir, untuk dapur yang menghadap timur, bisa memakai pilihan warna kayu seperti hijau, coklat, dan biru muda.

9. Gunakan Hiasan yang Meningkatkan Energi Positif

Last but not least, Anda juga bisa pertimbangkan penempatan hiasan atau dekorasi dapur yang dapat meningkatkan energi positif. Seperti tanaman yang bisa memancarkan energi positif.

Coba deh letakkan vas bunga dan tempat buah pada dapur. Tepatnya, di antara kompor dan lemari es untuk mengatasi dua elemen yang kontras ini.

10. Hindari Posisi Dapur di Bawah Tangga

Tips feng shui dapur yang terakhir adalah dilarang meletakkan dapur di bawah tangga rumah. Area bawah tangga dianggap sebagai tempat yang sirkulasi udaranya minim dan pencahayaannya sedikit.

Semoga setelah membaca artikel tentang ilmu feng shui dapur di atas, Anda bisa menambah wawasan Anda, ya!

Yuk telusuri blog kami untuk menemukan artikel-artikel informatif nan menarik lainnya.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru