17 Inspirasi Desain Villa Minimalis Nan Estetik

desain villa minimalis

Saat ini banyak sekali desain villa minimalis yang bisa diadaptasi untuk rumah pribadi. Salah satu alasannya adalah rumah vila dapat memenuhi semua kebutuhan penghuninya, menawarkan privasi, kenyamanan, hiburan, dan estetika.

Tren dekorasi rumah bertema villa minimalis juga populer karena desain ini mengingatkan kita akan suasana liburan yang menyenangkan. Karena itulah, banyak influencer dekorasi rumah di media sosial yang telah mengadopsi konsep rumah villa.

Selain itu, para developer rumah juga mulai membangun hunian dengan desain villa minimalis menyerupai resort sebagai tema perumahan.

Artikel ini menawarkan inspirasi bagi Anda yang tertarik dengan desain villa minimalis untuk hunian kesayangan. Penasaran? Jelajahi inspirasinya di bawah ini!.

Inspirasi Desain Villa Minimalis Terbaik

Sebelum mendalami ciri-ciri model rumah villa minimalis, penting untuk memahami esensi desain rumah tropis modern. Biasanya desain rumah berkonsep villa mengusung tema ruang terbuka, warna earth tone, dan jendela berukuran besar. Selain itu, sering kali menggunakan material batu alam, kayu, dan dekorasi lainnya.

Tapi, sebenarnya ada model villa minimalis yang unik. Banyaknya referensi tersebut memungkinkan Anda memilih desain yang paling sesuai dengan preferensi Anda.

Jelajahi beberapa inspirasi desain villa minimalis terbaik di bawah ini!

1. Desain Villa Minimalis ala Bali

Anda bisa mewujudkan konsep minimalis dengan desain villa ala Bali. Desainnya bergantung pada pemilihan warna cat dan bahan dekorasi.

Salah satunya, dengan menampilkan cat putih minimalis, warna netral, dan elemen dekorasi kayu yang menawan. Perpaduan cat putih dan elemen kayu, khususnya pada area fasad, akan menciptakan desain villa minimalis yang khas.

2. Desain Villa Minimalis dengan Material Alam

Mendesain villa minimalis relatif mudah dengan ketersediaan material seperti batu alam dan kayu solid. Kombinasi bahan-bahan ini ke seluruh ruangan meningkatkan suasana villa di Bali.

Jika penggunaan batu alam atau kayu secara keseluruhan tidak memungkinkan, material keramik dengan pola serupa bisa menjadi alternatif yang cocok.

3. Desain Villa Minimalis dengan Vertical Garden

Menciptakan suasana villa minimalis di rumah pribadi tidak harus mewah. Suasana liburan yang menenangkan dapat Anda masukkan melalui konsep hijau yang sederhana namun menenangkan.

Misalnya, Anda bisa menghiasi area fasad dengan ornamen taman vertikal atau tanaman merambat yang rimbun. Konsep ini menjadi ciri khas rumah bergaya villa Bali yang minimalis. Desainnya dapat meningkatkan estetika rumah sekaligus menghidupkan suasana yang nyaman dan asri.

4. Desain Villa Minimalis dengan Kolam Renang Mini

Dalam desain villa minimalis satu ini, titik fokusnya ada pada kolam renang kecil yang terintegrasi dengan hunian. Pasalnya, kolam renang dapat meningkatkan daya tarik rumah villa, seberapa besar pun dimensi ukurannya.

Pertimbangkan untuk membuat kolam renang mini yang melengkapi dimensi rumah. Misalnya, kolam berukuran 2,5×4 meter atau 1,5×2 meter, dengan kedalaman berkisar antara 60–80 cm hingga 1,5–2,5 meter.

Untuk mempercantik suasana villa, Anda bisa memposisikan kolam renang berdekatan dengan ruang keluarga atau kamar tidur.

5. Desain Villa Minimalis dengan Dapur Tropis Semi-terbuka

Desain villa minimalis bisa diterapkan di seluruh bagian rumah, termasuk dapur. Konsep ini melibatkan pembuatan dapur tropis semi terbuka.

Biasanya, rumah bergaya villa seringkali dilengkapi dapur semi outdoor dengan mini bar. Desain dapur ini menawarkan banyak keunggulan, antara lain area yang luas dan sirkulasi udara yang menyehatkan.

Selain itu, Anda tidak memerlukan ruang makan terpisah, karena semuanya terintegrasi dengan mini bar.

Untuk menyempurnakan suasana tropis dan villa, pastikan semua furnitur terbuat dari kayu solid. Anda juga bisa memadukannya dengan furnitur berbahan aluminium jika mau, karena meski dalam suasana terbuka, dapur tetap terlihat modern.

6. Desain Villa Minimalis dengan Atap Alang-Alang

Bagi Anda yang terpikat dengan desain villa minimalis seperti di pulau dewata, pertimbangkan untuk menggunakan atap jerami ke dalam hunian Anda.

Atap jerami merupakan elemen kunci arsitektur vila klasik dan dapat menambah keindahan rumah Anda. Meski terlihat kuno, atap jerami menawarkan beberapa keunggulan.

Salah satunya adalah sifatnya yang mudah diaplikasikan pada rangka kayu dan mampu menyerap panas di siang hari sekaligus memberikan kehangatan di malam hari

7. Desain Villa Minimalis dengan Atap Jineng Khas Bali

Selain atap alang-alang, atap jineng juga bisa digunakan untuk membuat desain villa minimalis khas Bali yang klasik.

Atap Jineng, atau klumpu, adalah atap tradisional Bali yang menyerupai lumbung penyimpanan beras di zaman dahulu.

Penggabungan gaya atap ini dapat memberikan tampilan hunian tradisional Bali pada rumah Anda, apalagi jika dipadukan dengan gaya minimalis. Jenis atap ini tidak hanya menambah daya tarik estetika rumah, namun juga dapat menghemat biaya dekorasi dan renovasi.

8. Desain Villa Minimalis dengan Gazebo Bali

Villa minimalis khas Bali tidak lengkap tanpa adanya gazebo. Setuju?

Gazebo Bali biasanya dibangun dengan bahan khusus yang menampilkan pola mahkota dan ukiran di keempat sisi atapnya. Gazebo ini adalah pemandangan umum di Bali, dan dapat menambah dampak visual yang kuat pada rumah mana pun.

Jika Anda ingin memberikan kehidupan sehari-hari Anda suasana liburan, rumah dengan gazebo adalah pilihan yang tepat.

9. Desain Villa Minimalis dengan Material Kayu Pilihan

Terlepas dari banyaknya model villa modern, penggunaan material kayu pada villa tetap abadi. Terutama untuk desain villa minimalis dengan ukuran yang relatif kecil.

Dengan memanfaatkan material kayu Anda dapat menambah daya tarik artistik pada villa  minimalis Anda. Selain itu, Anda bisa memadukannya dengan ornamen dekoratif seperti lampu gantung ruang tamu minimalis, sofa kayu, tirai minimalis, rak tanaman, dan lain-lain.

10. Desain Villa 1 Lantai yang Futuristik

Jika Anda memiliki ruang terbatas, desain ini ideal untuk kebutuhan Anda!

Hanya dengan satu lantai, Anda sudah bisa mewujudkan konsep villa yang unik dan kekinian. Meskipun ukurannya sederhana, villa ini dapat menampung kolam renang dan area bersantai.

Untuk menambah keindahannya, pertimbangkan untuk menambahkan jendela besar di sisi villa yang terbuka ke area bersantai. Selain itu, penambahan aksen natural dari tanaman hias akan membuat ruangan terasa lebih sejuk.

11. Desain Villa Minimalis Bergaya Tropis

Desain villa ini mengusung konsep tropis dengan memasukkan tanaman hias untuk menciptakan suasana perumahan tropis.

Seringkali dilengkapi dengan kolam renang dan pepohonan yang rimbun, konsep ini banyak digemari karena daya tariknya yang natural, elegan, dan menawan.

Untuk menambah keindahannya, pertimbangkan untuk mengecat dinding dengan warna-warna alami dan menambahkan jendela dengan berbagai ukuran dan bentuk untuk menciptakan tampilan yang lebih menawan.

12. Desain Villa Minimalis Bergaya Industrial

Desain bangunan bergaya industrial semakin melonjak popularitasnya karena tampilannya yang unik dan mencolok. Sebab, mereka tidak hanya menawarkan estetika yang berbeda, tetapi juga hemat biaya.

Jika Anda tertarik dengan konsep ini, pertimbangkan untuk menerapkannya dalam desain villa minimalis Anda. Salah satunya dengan menciptakan ruang tamu yang modern dan bernuansa industrial.

13. Desain Villa Minimalis dengan Material Bambu

Desain bangunan juga dapat mencerminkan budaya lokal, lho! Itu sebabnya beberapa bangunan yang menggunakan konsep tradisional seringkali menggunakan bahan alami seperti bambu dan kayu.

Jika Anda menyukai desain villa minimalis yang satu ini, Anda bisa menampilkan elemen anyaman bambu.

14. Desain Villa Minimalis dengan Atap Tinggi

Atap yang tinggi dapat membantu menjaga ruangan di bawah tetap sejuk. Udara panas yang naik menciptakan aliran udara alami yang memungkinkan angin masuk dengan mudah.

Selain itu, desain villa minimalis ini dapat meningkatkan privasi pengunjung. Menarik!

15. Desain Villa Minimalis dengan Multi-Windows

Jika Anda lebih menyukai desain bangunan yang terasa luas, pertimbangkan desain villa minimalis yang memiliki banyak jendela.

Desain ini menawarkan beberapa keunggulan, antara lain peningkatan sirkulasi udara dan pemandangan sekitar yang indah. Sinar matahari alami juga dapat menerangi ruangan sehingga menciptakan suasana terang dan lapang.

16. Desain Villa Minimalis Bergaya Joglo

Joglo merupakan rumah tradisional Jawa yang terkenal dengan bentuk atapnya yang unik, yang seringkali dipadukan dengan bangunan masa kini.

Menggabungkan konsep modern dan tradisional, desain villa minimalis ini menawarkan keunikan yang khas.

17. Desain Villa Minimalis Bergaya Vintage

Ide desain villa minimalis yang terakhir adalah konsep vintage yang cocok buat Anda yang menyukai arsitektur zaman dulu.

Ditandai dengan warna monokrom netral, gaya ini memancarkan suasana hangat dan mengundang yang membuat kita bernostalgia.

Dari 17 inspirasi desain villa minimalis yang telah dipaparkan di atas, desain mana yang paling sesuai dengan seleramu? Semoga referensi di atas dapat bermanfaat, ya!

Artikel Terkait

Artikel Terbaru