12 Inspirasi Desain Tempat Wudhu Minimalis untuk Rumah

desain tempat wudhu minimalis

Selain mencari tahu referensi desain mushola, desain tempat wudhu minimalis juga perlu Anda ketahui. Terutama untuk Anda yang mengusung konsep minimalis modern untuk hunian rumah.

Mushola tak akan lengkap tanpa kehadiran area wudhu. Seperti namanya, desain tempat wudhu minimalis dapat menjadi alternatif bagi Anda yang butuh area khusus wudhu dengan lahan terbatas.

Ingin tahu beberapa ide desain tempat wudhu minimalis? Langsung saja simak referensinya di bawah ini!

Apa Itu Tempat Wudhu?

Apa yang dimaksudnya dengan tempat wudhu adalah fasilitas atau area khusus untuk melakukan kegiatan wudhu. Wudhu sendiri merujuk pada aktivitas membersihkan sejumlah bagian tubuh sebelum beribadah salat.

Desain tempat wudhu biasanya dilengkapi dengan fasilitas seperti wastafel, keran air, dan sebagainya. Tempat wudhu juga dapat Anda temukan di area masjid atau mushola minimalis di dalam rumah.

Ragam Desain Tempat Wudhu Minimalis

Sedang mencari ide desain tempat wudhu minimalis yang kreatif? Simak inspirasinya di sini!

1. Desain Tempat Wudhu Minimalis di Area Samping Rumah

Desain tempat wudhu minimalis yang pertama dapat Anda terapkan di area samping rumah. Memanfaatkan sudut kosong tersebut untuk menjadi tempat wudhu yang nyaman.

Keunggulan lainnya, area wudhu ini terpisah dari bagian rumah utama. Desain tersebut menghindari risiko lantai rumah yang basah setelah berwudhu.

Anda juga bisa menambahkan batu koral pada lantai tempat wudhu minimalis untuk mempercantik, sekaligus meminimalisir cipratan air. Selain itu, pastikan juga bahwa area wudhu ini berdekatan dengan mushola rumah agar kegiatan beribadah jadi lebih mudah, ya!

2. Desain Tempat Wudhu Minimalis yang Menyatu Dengan Laundry Room

Desain tempat wudhu minimalis yang kedua dapat Anda gabungkan dengan area laundry room. Cara ini cocok banget untuk Anda yang ingin menghemat ruang!

Agar makin estetik, Anda bisa tambahkan tanaman dan rumput sintetis di area wudhu ini. Walau space-nya terbatas, tapi tetap nyaman!

3. Desain Tempat Wudhu Minimalis dengan Kolam Air Terjun Mini

Ide tempat wudhu minimalis yang ketiga terlihat alami dan mewah! Hadirkan suasana damai di area taman belakang rumah dengan menambahkan aksen batu alam dan kolam air terjun mini. Tertarik mencontohnya?

4. Desain Tempat Wudhu Minimalis dengan Rumput Sintetis

Selanjutnya, ada desain tempat wudhu minimalis dengan lapisan rumput sintetis. Agar terlihat harmonis, Anda bisa mengkombinasikannya dengan cat tembok putih. Desainnya tampak clean, simpel, dan tenang! 

5. Desain Tempat Wudhu Minimalis Dekat Dapur 

Untuk rumah minimalis yang ruangannya terbatas, bisa manfaatkan sisa area dapur sebagai tempat wudhu minimalis. Tapi, demi kenyamanan bersama, jangan lupa untuk melapisi lantai di area tersebut dengan keset untuk mencegah lantai basah, ya!

6. Desain Tempat Wudhu Minimalis Sekaligus Tempat Menjemur Baju

Ada juga desain tempat wudhu minimalis yang bergabung dengan tempat menjemur baju. Di area wudhu outdoor ini Anda bisa menghiasnya dengan tanaman gantung atau hias.

Trik yang cocok untuk Anda yang ingin memanfaatkan lahan mungil di rumah!

7. Desain Tempat Wudhu Minimalis yang Modern dengan Ruang Mushola

Desain satu ini sangat efektif dan modern! Anda bisa menggabungkan desain tempat wudhu minimalis dengan ruang mushola di rumah Anda.

Agar terlihat makin estetik, Anda bisa menggunakan set lantai dan dinding keramik dengan motif bunga-bunga. Tak hanya itu, Anda juga bisa menambahkan loster kayu dan plafon rumah yang selain menghias, juga berfungsi untuk mencegah air wudhu masuk ke area mushola.

Tertarik mencoba desain tempat wudhu minimalis ini?

8. Desain Tempat Wudhu Minimalis di Sudut Ruangan 

Berikutnya, ada desain tempat wudhu minimalis yang posisinya ada di sudut ruangan rumah. Untuk meniru desain satu ini, Anda bisa memanfaatkan area sudut ruangan yang sering terlupakan.

Walau posisinya tidak menonjol, tapi tetap bisa kelihatan indah dan estetik, kok! Apalagi jika Anda menambahkan elemen natural seperti tanaman hias dan kerikil pada tempat wudhu minimalis tersebut.

9. Desain Tempat Wudhu Minimalis dengan Dinding Keramik

Pemanfaatan dinding keramik tidak hanya menjaga tembok dari risiko kusam atau rusak karena cipratan air di tempat wudhu. Bisa jadi tips, nih!

Nah, agar nilai estetikanya bertambah, Anda bisa pakai dinding keramik berwarna gelap. Kemudian, padukan juga dengan elemen dekoratif natural seperti taman vertikal, rumput sintetis, sampai pot kayu atau bambu. 

10. Desain Tempat Wudhu Minimalis yang Simpel dan Natural

Untuk desain tempat wudhu minimalis yang simpel dan natural, Anda tidak membutuhkan banyak ruang. Bahkan tembok kecil untuk tempat keran air saja sudah cukup, lho!

Anda cukup pasang ornamen bambu pada bagian belakang, serta elemen batu koral di area bawah keran air untuk menghindari cipratan ke lantai. Ekstra simpel!

11. Desain Tempat Wudhu Minimalis dengan Memanfaatkan Kayu Bekas

Anda juga bisa memanfaatkan kayu bekas untuk mendesain tempat wudhu minimalis di rumah. Khususnya apabila Anda mengusung konsep rustic di kediaman rumah.

Permanis area wudhu ini dengan tambahan batu koral dan tanaman hias. Tempat wudhu minimalis dan estetik pun bisa Anda dapatkan tanpa membutuhkan biaya yang besar!

12. Desain Tempat Wudhu Minimalis dengan Desain Portable

Untuk desain tempat wudhu minimalis yang terakhir mengusung konsep portable. Seperti namanya, tempat wudhu portable bisa Anda geser atau pindahkan sesuai preferensi dan kebutuhan.

Tempat wudhu portable ini sering digunakan untuk area tempat wisata, hotel, atau restoran. Tapi, Anda juga bisa memasangnya di rumah jika memang dibutuhkan.

Seperti apa bentuk tempat wudhu portable? Bentuknya silinder dengan sifat yang mudah dipasang, kuat, antipecah, antibecek, serta mudah dibersihkan.

Apabila Anda tertarik, tempat wudhu portable dapat dibeli dengan merogoh kocek mulai dari Rp2.500.000,-

Tips Membangun Desain Tempat Wudhu Minimalis di Rumah

Tertarik membangun desain tempat wudhu minimalis di rumah? Ada beberapa tips & trik yang bisa Anda pertimbangkan. Selengkapnya, baca uraian berikut!

1. Pilih Lokasi Strategis

Tips pertama untuk membangun desain tempat wudhu minimalis adalah memilih lokasi strategis di rumah. Salah satunya adalah dengan memastikan kemudahan akses tempat wudhu kepada penghuni. Selain itu, usahakan juga tempat wudhu berdekatan posisinya dengan area ibadah atau mushola di rumah.

2. Terapkan Desain Sederhana

Dengan menerapkan desain sederhana pada tempat wudhu, konsep minimalis dapat Anda raih. Untuk desain yang simpel dan fungsional, Anda cukup fokus pada elemen-elemen dasarnya saja. Mulai dari wastafel, cermin, dan storage atau tempat penyimpanan.

3. Gunakan Material Tahan Air

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan material tahan air untuk area wudhu minimalis. Mulai dari penggunaan bahan keramik atau porselen untuk menghindari kerusakan karena kelembaban tinggi.

4. Upayakan Ventilasi Optimal

Tips penting lainnya adalah untuk memastikan adanya ventilasi yang baik. Fungsinya adalah untuk menghindari kelembaban berlebihan, serta menjaga kualitas udara di dalam ruangan.

5. Sediakan Pencahayaan Cukup

Tips membangun desain tempat wudhu minimalis yang terakhir adalah dengan menyediakan pencahayaan cukup. Usahakan tempat wudhu minimalis selalu terang agar terkesan nyaman dan bersih.

Setelah membaca tips-tips membangun serta referensi desain tempat wudhu minimalis, apakah Anda sudah mendapatkan banyak informasi?

Semoga artikel ini dapat membantu wawasan Anda, ya. Jangan ragu untuk mencari informasi menarik dan mengedukasi lainnya pada laman blog kami.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru