Tips Memilih Cat Luar Rumah Agar Tampak Modern

Dalam membangun hunian atau tempat tinggal, cat eksterior menjadi salah satu aspek penting untuk ditimbang dan diperhatikan. Anda harus jeli dalam memilih jenis dan warna cat luar rumah agar terlihat serasi, modern, dan megah. Berikut ini tipsnya agar tidak salah dalam memilih cat.

Jangan Pilih Cat yang Diobral

Tips pertama yang harus Anda perhatikan adalah jangan tergiur dengan cat obralan atau dijual murah daripada harga biasanya. Sering kali barang-barang tersebut memang dijual murah karena sudah hampir habis masa pemakaiannya atau stok lama yang tidak laku.

Tips Memilih Cat Luar Rumah

pexels.com

Jangan pilih-pilih dalam membangun rumah, termasuk cat eksteriornya. Lebih baik Anda mengeluarkan lebih banyak uang di awal namun mendapatkan warna dan pemakaian maksimal dari cat yang sudah dipilih sebelumnya.

Pilih Warna dari Alam

Menggunakan warna dari alam juga akan membuat rumah Anda lebih terlihat modern dan menyatu dengan lingkungan sekitar. Selain itu, warna dari alam membuat mata lebih nyaman dalam memandang dalam waktu yang lama karena semua terlihat kontras.

kabarrafflesia.com

Salah satu contoh pemilihan warna cat untuk luar rumah adalah hijau muda di bagian dasar rumah. Pada bagian aksen seperti pintu, jendela, dan lubang ventilasi Anda bisa memakai warna coklat tua agar menampakkan kesan tegas dan elegan.

Pertimbangkan Warna Cat Rumah Tetangga

Melihat lingkungan sekitar termasuk rumah tetangga sangat perlu dilakukan agar tujuan Anda mendapatkan kesan modern bisa tercapai. Perhatikan warna cat tetangga Anda dan usahakan untuk menggunakan warna yang berbeda.

pexels.com

Hal ini akan membuat lingkungan terasa lebih hidup dan rumah Anda bisa terlihat lebih mencolok saat menggunakan warna berbeda. Apabila warna cenderung sama, maka akan nampak monoton dan tidak terdapat variasi yang menarik.

Serasikan dengan Warna Atap

Tips selanjutnya agar rumah terlihat lebih modern yaitu menyesuaikan dengan warna atap. Pemilihan warna yang salah justru membuat rumah tidak bisa dinikmati secara keseluruhan. Orang yang melihatnya pun akan kurang nyaman sebab perpaduan yang salah.

ruangarsitek.id

Apabila rumah Anda menggunakan genteng tanah liat dan tidak dicat sama sekali, maka warna utama dapat menggunakan hijau muda atau kuning cerah. Perpaduan warna orange kecoklatan dari genteng akan terlihat menyatu dengan warna tersebut.

 

Baca Juga : Ijuk Adalah, Ini Penjelasan Lengkapnya

 

Temukan Inspirasi di Ruang Tamu

Anda bisa menentukan warna cat luar rumah dari ruang tamu. Cari perabot atau furniture yang mempunyai warna menarik bagi Anda. Gunakan warna tersebut sebagai warna dasar dan kombinasikan dengan warna lain yang diinginkan.

pinterest.com

Salah satu contohnya, misal lantai rumah Anda menggunakan bahan dasar keramik warna biru telur bebek. Gunakan warna tersebut sebagai warna utama. Pada bagian akses tertentu, Anda bisa menambahkan gradasi dari warna dasar agar lebih terlihat kontras.

Pertimbangkan Warna Bahan yang Tidak Dicat

Tips selanjutnya untuk membuat rumah Anda terlihat modern adalah dengan memperhatikan dan mempertimbangkan warna bahan yang tidak dicat. Beberapa contoh bagian yang dibiarkan alami yaitu pagar, tiang, tangga, atau jendela.

rwhome.web.id

Apabila ingin mempertahankan warna asli dari material penyusunnya, Anda dapat menggunakan warna yang bisa menyatukan bagian tersebut dengan dinding rumah. Gunakan warna dengan tingkat kecerahan sedang sampai tinggi guna mendapatkan kontras yang seimbang.

Perhatikan Detail

Detail yang dimaksud di sini yaitu bagian-bagian lain yang ada di sekitar rumah Anda. Aspek ini cukup penting dalam menentukan warna, sehingga rumah akan menampakkan kesan modern dengan maksimal.

pinterest.com

Apabila di sekitar rumah adalah hamparan rerumputan yang hijau segar, Anda dapat menggunakan warna soft dan tidak terlalu mencolok. Hal ini mempunyai tujuan agar tidak terjadi bentrok antara warna rumah dan kondisi di sekitar Anda.

Manfaatkan Keluarga Warna

Tips terakhir dalam menentukan warna cat luar rumah adalah dengan memanfaatkan keluarga warna. Setiap warna primer selalu punya warna sekunder dan tersiernya masing-masing. Anda bisa menggunakan turunan dari warna primer tersebut untuk dijadikan sebagai warna dasar dan aksen.

pexels.com

Rumah modern lebih didominasi oleh warna yang tidak terlalu mencolok dan tajam. Apabila Anda menyukai karakter warna yang kuat, maka bisa menggunakannya sebagai aksen dan variasi. Pada bagian utama gunakan turunan warna yang lebih lembut dan memanjakan mata.

Tags:

Artikel Terkait

Artikel Terbaru