Model Plafon Kamar Tidur Sederhana Berdasarkan Materialnya

Kamar tidur adalah tempat pribadi dengan desain yang sesuai karakter masing-masing. Namun, sebagian orang cukup memiliki kamar tidurnya dengan desain, cat, dan plafon yang sederhana . Oleh karena itu, berikut beberapa plafon kamar tidur sederhana yang dapat dijadikan pilihan.

Plafon Gypsum

Plafon yang dapat dibeli mulai dari Rp. 60.000 per lembar ini menjadi salah satu plafon yang sering digunakan untuk proses pembangunan rumah baru. Plafon jenis ini dapat menyesuaikan keinginan dari penggunanya karena dapat disusun secara sederhana, semimodern, bahkan modern.

plafon kamar tidur sederhana gipsum

pinterest.com

Plafon jenis ini sangat mudah untuk didapatkan dimanapun bahkan ditoko-toko bangunan yang cukup kecil. Selain itu, plafon gypsum juga sangat mudah dipasang dan memiliki model yang sangat beragam. Namun, jika terkena air maka bahan plafon satu akan mudah rusak dan tidak tahan lama.

Plafon PVC

PVC atau Polyvinyl Chloride merupakan salah satu bahan yang dikembangkan untuk membuat pipa. Namun, karena berbagai keunggulan yang dimiliki maka bahan ini sekarang juga dikembangkan menjadi plafon. Plafon PVC memiliki keunggulan yaitu anti rayap, kuat dan tidak mudah pecah.

pinterest.com

Selain itu, plafon PVC juga memiliki kualitas yang bagus serta mampu bertahan bertahun-tahun. Hal inilah yang membuat banyak orang menggunakan plafon ini sebagai salah satu pilihan plafon yang dipasang dirumah-rumah tidak terkecuali di kamar tidur, kamar mandi bahkan gudang.

Walaupun demikian, plafon PVC juga memiliki kekurangan yaitu bahan utama yang dianggap berbahaya tidak mudah untuk didaur ulang. Bukan hanya itu saja, bahan yang terlalu lentur membuat banyak orang percaya bahwa plafon ini mengandung plastik yang cukup banyak dan berbahaya.

Plafon Eternit

Plafon eternit atau yang lebih dikenal dengan nama asbes merupakan salah satu plafon sering digunakan sebagai plafon kamar tidur sederhana. Bahan utama dari plafon ini adalah serat asbestosis yang memiliki daya tahan yang baik pada air dan api.

pexels.com

Pemilihan plafon eternit ini juga bisa menjadi pilihan karena bentuk yang simetris sehingga pengerjaan menjadi lebih cepat, model dan desain beragam, serta tersedia dalam berbagai material. Walaupun demikian, plafon ini memiliki resiko dalam kesehatan yaitu gangguan pernapasan.

 

Baca Juga : Desain Rumah Mewah Klasik Dengan Sentuhan Modern

 

Plafon Kayu

Plafon kayu atau yang lebih dikenal dengan lambersering merupakan plafon sederhana yang terbuat dari kayu-kayu olahan. Plafon ini berbentuk seperti lembaran-lembaran kertas dengan ukuran 1 x 9 cm. Lembaran-lembaran plafon tersebut yang akan dipasang membuat tampilan lebih artistik.

pexels.com

Plafon ini memiliki tampilan yang cukup elegan sehingga dapat cocok digunakan di rumah-rumah yang mengusung tema klasik, semi modern bahkan modern. Tidak hanya itu, plafon kayu ini juga tidak akan mengalami penyusutan ketika dipasang karena sudah mengalami proses pengeringan.

Plafon kayu ini dapat Anda miliki dengan membeli mulai dari Rp. 160.000 sampai Rp. 300.000 permeter persegi tergantung pada jenis yang dipilih. Namun, pemilihan plafon ini membutuhkan pengerjaan yang lebih lama serta harga yang lebih mahal dibandingkan dengan plafon lainnya.

Plafon GRC

Plafon jenis ini secara sekilas sangat mirip dengan plafon gypsum yang sering Anda jumpai. Namun pada dasarnya plafon ini bahan yang berbeda yaitu sejenis serat glassfiber. Serat ini memliki fungsi sebagai bahan penguat sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai plafon perumahan.

pexels.com

Plafon GRC juga memiliki permukaan yang lebih halus dibandingkan dengan plafon jenis lainnya. Hal ini tentu menjadi point plus yang menjadi keunggulan dari plafon ini. Tidak hanya itu, plafon ini juga tahan dengan air sehingga dapat juga diaplikasikan pada ruangan pada bangunan semi-outdoor.

Plafon GRC ini juga cocok untuk diterapkan pada kamar tidur karena sangat mudah dibentuk dan dikreasikan sesuai request penggunannya. Pemasangan yang relatif cepat serta harga yang cukup murah juga membuat plafon ini memiliki tempat dihati para penggunanya.

Plafon Triplek

Plafon kamar tidur sederhana yang sering digunakan oleh orang-orang adalah plafon triplek. Plafon jenis ini sudah dikenal memiliki harga yang cukup murah dan kualitas yang cukup baik. Anda bisa mendapatkan plafon jenis ini berkisar Rp. 40.000 sampai Rp. 250.000 tergantung pada ukuran.

pinterest.com

Plafon jenis ini juga sangat mudah dipasang dan memiliki kekuatan yang cukup kuat sehingga bisa digunakan sebagai tumpuan. Namun, penggunaan plafon ini harus dilakukan pengecatan berulang, sambungan antar plafon yang cukup terlihat dan bahan ini kurang tahan air.

Tags:

Artikel Terkait

Artikel Terbaru