Ide Dekorasi Rumah dari Kolase yang Unik dan Kekinian

Kolase merupakan salah satu karya seni yang yang dapat digunakan untuk mendekorasi rumah. Dekorasi rumah menggunakan kolase akan menambah ruangan Anda semakin menarik dan unik. Berikut beberapa ide desain rumah dengan kolase yang unik dan menarik.

Kolase Foto

Ide dekorasi rumah dari kolase yang pertama yaitu foto. Kolase ini dapat Anda buat dengan cara mencetak beberapa foto menjadi polaroid, kemudian disusun sehingga menjadi sebuah dekorasi rumah yang indah.

kolase foto untuk dekorasi ruangan tamu

pexels.com

Selain dipasang secara susun, Anda juga dapat memasang foto-foto tersebut secara menggantung dengan menggunakan tali. Kolase foto ini cocok dipasang pada ruang tamu, ruang keluarga, maupun kamar.

Kolase Daur Ulang Kertas Bekas

Daripada menumpuk tidak bermanfaat, kertas bekas juga dapat Anda manfaatkan untuk dibuat menjadi kolase. Kertas bekas seperti koran, majalah, dan sebagainya dapat Anda daur ulang menjadi sebuah kolase yang sangat cantik.

pexels.com

Kumpulkan kertas bekas yang sudah tidak terpakai tersebut kemudian bentuk menjadi kolase yang unik. Dengan daur ulang kertas bekas ini, Anda dapat meminimalisir sampah dan dapat menambah dekorasi rumah.

Kolase Kain Bekas

Ide dekorasi rumah dari kolase selanjutnya yaitu menggunakan kain bekas. Kain bekas atau baju yang sudah tidak dipakai dapat Anda manfaatkan menjadi sebuah karya seni berupa kolase yang estetik.

pinterest.com

Supaya kolase semakin menarik, Anda dapat memilih beberapa kain dengan warna yang cerah dan mencolok. Setelah itu, bentuk dan jahit kain-kain tersebut menjadi sebuah kolase yang unik dan menarik.

Kolase Daun dan Bunga Kering

Jika ingin membuat dekorasi alami, Anda dapat memanfaatkan daun dan bunga kering untuk dijadikan sebuah kolase. Agar semakin menarik, Anda dapat memilih warna daun dan bunga yang kontras sehingga terlihat mencolok.

pinterest.com

Cara membuat ide kolase ini sangat mudah, Anda perlu mengumpulkan daun dan bunga kering kemudian disusun menjadi sebuah desain yang indah. Selain terlihat alami, ide kolase ini akan membuat tampilan rumah Anda menjadi lebih klasik.

 

Baca Juga : Ide Desain Kamar Aesthetic Kekinian, dan Elegan

 

Kolase Biji-bijian

Selain daun dan bunga, biji-bijian tanaman juga dapat Anda manfaatkan untuk membuat kolase. Sebelum dibuat kolase, biji-bijian tersebut sebaiknya dikeringkan terlebih dahulu agar terlihat lebih menarik.

pinterest.com

Buat suatu desain gambar kemudian tempelkan biji-bijian tersebut sehingga menghasilkan suatu kolase yang indah. Dengan memanfaatkan bahan yang ada di sekitar, tentunya kegiatan mendekorasi rumah tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak.

Kolase dari Benda Alam

Selain tanaman, Anda juga dapat memanfaatkan benda-benda yang ada di alam untuk dijadikan sebuah karya seni. Contoh bahan kolase yang berasal dari benda-benda yang ada di alam antara lain batu alam, kerang pantai, dan sebagainya.

bukalapak.com

Benda-benda alam tersebut dapat menjadi sebuah kolase yang unik dan estetik. Selain menambah kesan alami, kolase dari bahan yang ada di alam tersebut akan membuat dekorasi rumah Anda semakin menarik.

Kolase Pecahan Kaca

Siapa sangka jika pecahan kaca juga bisa digunakan sebagai ide untuk membuat kolase. Namun, Anda harus berhati-hati dan harus menggunakan sarung tangan saat membuat kolase dari pecahan kaca tersebut.

rozisenirupa.com

Saat ingin membuat kolase dari pecahan kaca, Anda dapat memasukkannya ke dalam figura atau menempelkannya pada kertas karton. Agar terlihat semakin menarik, Anda juga dapat mewarnai pecahan kaca tersebut.

Kolase Keramik Bekas

rozisenirupa.com

Tidak hanya kaca, anda dapat memanfaatkan keramik bekas atau sisa yang sudah tidak terpakai menjadi sebuah kolase yang menarik. Keramik bekas atau sisa tersebut dapat Anda pecahkan menjadi ukuran lebih kecil kemudian disusun menjadi sebuah karya seni yang unik.

Kolase Pasir

Pasir selain digunakan sebagai bahan bangunan juga dapat dimanfaatkan menjadi karya seni kolase yang tidak kalah menarik. Pertama, buatlah desain sebuah bentuk pada kertas karton warna cerah. Setelah itu tempelkan pasir menggunakan lem sesuai dengan desain Anda.

wikihow.com

Pemilihan kertas karton warna cerah bertujuan agar hasil kolase tidak monoton dan terlihat mencolok. Saat membuat kolase dengan pasir sebaiknya pilih pasir yang halus atau lakukan pengayakan terlebih dahulu.

Bahan-bahan yang ada di sekitar Anda sangat memungkinkan untuk dimanfaatkan menjadi sebuah karya seni yang indah seperti kolase. Beberapa ide kolase di atas dapat Anda jadikan referensi ketika ingin mendekorasi rumah tanpa mengeluarkan banyak uang.

Tags:

Artikel Terkait

Artikel Terbaru