Desain Pintu Minimalis Modern: Unik, Menarik, dan Elegan untuk Rumah Anda

Pintu merupakan elemen penting yang tidak hanya berfungsi sebagai akses keluar-masuk, tetapi juga memperkuat estetika rumah. Pintu yang tepat mampu meningkatkan tampilan eksterior dan memberikan kesan pertama yang baik. Oleh karena itu, pemilihan desain pintu harus dilakukan dengan cermat.

Desain pintu minimalis modern menjadi pilihan favorit banyak orang karena tampilannya yang sederhana namun elegan. Berikut ini beberapa inspirasi desain pintu minimalis modern yang unik, menarik, dan dapat menjadi referensi untuk rumah Anda.

Pintu Panel Dua Sisi

Pintu panel dua sisi dengan gaya kayu kotak-kotak selalu menjadi pilihan populer dan memiliki desain yang timeless atau sepanjang waktu. Pintu ini sangat cocok untuk Anda yang suka dengan rumah dengan konsep minimalis. Untuk memberikan sentuhan modern, jangan lupa tambahkan smart lock pada handle pintu agar lebih terlihat modern dan mewah.

desain pintu panel dua sisi modern

shutterstock.com

Pemberian warna putih pada pintu dengan desain ini menjadi pilihan yang sangat tepat. Warna putih akan membuat tampilan pintu jadi lebih clean. Warna putih juga akan membuat smart lock tampak kontras, dan menonjol.

Pintu Baja Minimalis

Baja menjadi salah satu material yang dapat menghadirkan kesan modern tanpa perlu perlakuan yang berlebih. Material ini sangat mudah untuk didapatkan, dan terdapat banyak produsen pintu yang membuatnya.

pexels.com

Pintu baja menjadi pilihan yang ideal untuk rumah minimalis modern. Baja adalah material yang kuat dan tahan lama, serta tidak memerlukan perawatan khusus. Pintu baja juga mampu memberikan tampilan maskulin dan kokoh pada rumah Anda.

Pintu baja dapat tahan dari segala macam cuaca ekstrem, selain itu pintu baja ini juga dapat tahan terhadap api. Perawatannya pun jauh lebih mudah, untuk membersihkannya Anda cukup mengelapnya dengan lap kering.

French Door

pexels.com

Pintu bergaya prancis ini juga dapat jadi referensi Anda untuk menghadirkan kesan yang modern. Hal ini karena model french door akan tetap digandrungi dan tidak akan ketinggalan zaman. Perpaduan antara kaca dengan bingkai kotak-kotak berwarna kontras menjadi daya tarik dari desain ini.

Pintu Kayu Modern

Siapa bilang penggunaan material kayu pada pintu akan menghadirkan desain yang tradisional. Kayu juga dapat dijadikan material untuk membuat desain pintu yang modern.

Untuk menghadirkan nuansa modern pada pintu bermaterial kayu, maka Anda dapat menggabungkannya dengan material lain seperti kaca.

pexels.com

Buatlah kaca mati dengan ukuran sepanjang badan pintu. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan handle pintu berukuran panjang yang terbuat dari besi.

Gabungan antara material kayu, kaca, dan besi yang memanjang membuat pintu tampak elegan. Penggabungan tiga material pada pintu ini juga akan menghasilkan nuansa modern yang tidak monoton.

Sliding Door (Pintu Geser)

Pintu geser menjadi jenis pintu yang sangat cocok dengan konsep minimalis. Hal ini dikarenakan konsep pintu ini berkaitan dengan pemanfaatan ruang yang tidak terlalu besar.

pexels.com

 

Sebelum memasang sliding door, Anda perlu memastikan untuk memberikan ruang gerak sekurang-kurangnya sebesar daun pintunya.

Meskipun penggunaannya tampak sederhana, sebenarnya pemasangan pintu dengan jenis ini cukup terbilang rumit. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih pintu geser dengan kualitas terbaik untuk meminimalisir kerusakan pada saat pemasangan dan pemakaian.

Pocket Door

Serupa tapi tak sama. Pada umumnya pocket door ini merupakan pintu geser, yang membedakan hanyalah keberadaan pintu ini yang terkesan bersembunyi dibalik dinding.

pexels.com

Untuk menggunakan pintu dengan jenis ini, Anda dapat membuat lapisan dinding kedua menggunakan multipleks ataupun yang sejenisnya.

Sama halnya seperti pintu geser biasa, pastikan Anda memilih pintu dengan kualitas terbaik untuk meminimalisir kerusakan. Terlebih lagi pada jenis pocket door ini rolling track terletak di balik dinding, sehingga jika terjadi kerusakan akan lebih sulit untuk memperbaikinya.

Pivot Door

Jika Anda memiliki rumah yang luas dan lapang, maka desain pintu ini sangat cocok untuk digunakan. Hal ini, dikarenakan pintu pivot membutuhkan ruang gerak 180 hingga 360 derajat.

shutterstock.com

Dengan demikian, pintu ini tidak membutuhkan handle pintu karena dapat dibuka ke arah luar maupun dalam. Sudah seperti pintu di Mall bukan?

Pintu dengan model pivot ini tergolong masih sangat sulit untuk didapatkan, sehingga Anda perlu memesannya secara khusus. Tak seperti pintu biasa yang bertumpu pada engsel di sisi sampingnya, pintu pivot bertumpu pada engsel yang berada di bagian atas dan bawah pintu.

Tags:

Artikel Terkait

Artikel Terbaru