12 Desain Rumah Minimalis 2 Lantai, Serta Rincian Biaya Pembangunannya

desain rumah minimalis 2 lantai

Desain rumah minimalis 2 lantai dapat Anda terapkan untuk hunian dengan space terbatas. Pemanfaatan lahan yang efisien dan dekorasi minimalis menjadi triknya.

Dibutuhkan pertimbangan dan perencanaan matang untuk mempersiapkan desain rumah minimalis 2 lantai. Mulai dari rancangan desain, ukuran, tata letak, sampai anggaran.

Untuk itu, kami telah merangkum berbagai desain rumah minimalis 2 lantai serta rincian biaya pembangunannya. Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini!

Ragam Inspirasi Desain Rumah Minimalis 2 Lantai

Ada banyak referensi desain rumah minimalis 2 lantai yang dapat Anda coba terapkan di rumah Anda. Setiap desain ini memiliki nuansa dan tampilan yang berbeda-beda. Berikut detail penjelasannya:

1. Desain Rumah Minimalis 2 Lantai dengan Warna Netral

Apabila Anda menyukai desain yang mengedepankan kesederhanaan, Anda bisa mendesain rumah minimalis 2 lantai dengan pilihan cat berwarna netral. Selain itu, gunakan juga bahan material yang sederhana.

Pastikan juga untuk merancang interior rumah yang efisien baik dalam segi bentuk maupun fungsi. Anda bisa menggunakan ornamen dekoratif yang minimalis dan tidak terlalu memakan space ruangan.

2. Desain Rumah Minimalis 2 Lantai dengan Gaya Modern

Untuk penerapan gaya interior modern, Anda bisa menggunakan desain yang khas. Mulai dari akses garis-garis, serta penggunaan bahan material tertentu. Seperti material kaca, baja, atau beton yang cocok untuk tampilan rumah minimalis.

Tak hanya itu, fokuskan juga pada ruang terbuka, ventilasi, dan penerangan alami! Ini dapat menjadi salah satu kiat untuk menciptakan kesan ruangan yang lebih lega juga.

3. Desain Rumah Minimalis 2 Lantai dengan Gaya Klasik

Selanjutnya, ada desain rumah minimalis 2 lantai dengan penerapan elemen-elemen arsitektur bergaya klasik. Contoh penerapannya adalah penggunaan kolom-kolom, dinding bata, jendela berbingkai kayu, serta atap bertingkat.

Desain rumah bergaya klasik ini dapat menjadi opsi terbaik bagi Anda yang menyukai tampilan elegan dan berkelas.

4. Desain Rumah Minimalis 2 Lantai dengan Gaya Kontemporer

Seiring waktu, perkembangan tren desain interior semakin berkembang. Karena itulah, konsep desain interior bergaya kontemporer selalu memiliki penggemarnya!

Untuk penerapan konsep arsitektur kontemporer pada desain rumah minimalis 2 lantai, Anda dapat menggunakan elemen garis-garis tajam, material mewah, dan penggunaan teknologi terkini.

5. Desain Rumah Minimalis 2 Lantai di Tanah Hook

Sudah pernah dengar soal rumah di tanah hook? Tipe rumah ini memiliki kelebihan yaitu adanya dua sisi terbuka yang langsung menghadap ke jalan.

Desain tersebut membuat rancangan ruangan di dalam rumah Anda jadi lebih fleksibel. Termasuk untuk area-area penting seperti ruang keluarga, kantor, atau pun ruang tamu di dalam rumah.

Contoh penerapan lainnya, Anda bisa memanfaatkan balkon lantai dua dengan lebih lebar. Lalu, menyiapkan taman di bagian lantai dasarnya. Menarik, nih!

6. Desain Rumah Minimalis 2 Lantai dengan Garasi Kecil

Anda bisa merancang desain rumah minimalis 2 lantai dengan garasi kecil memanjang untuk menyimpan kendaraan pribadi. Seperti motor atau mobil dengan tipe sedang.

Dengan budget di atas Rp100 juta, Anda juga bisa melengkapi desain rumah dengan taman mungil di sampingnya. Tertarik mencobanya?

7. Desain Rumah Minimalis 2 Lantai yang Sederhana

Anda bisa mendesain rumah minimalis 2 lantai yang sederhana, tapi tetap kelihatan modern dan elegan! Caranya adalah dengan menggunakan material kaca yang mendominasi. Seperti kehadiran jendela besar pada hunian yang bisa memberi kesan sleek pada bagian fasad rumah.

8. Desain Rumah Minimalis 2 Lantai dengan Konsep Persegi

Selain itu, desain rumah minimalis 2 lantai juga bisa diterapkan dengan konsep persegi. Penerapan desain ini bisa dicoba secara secara keseluruhan, pada bagian jendela atau pintu.

Pilih juga warna cat yang serba putih untuk menciptakan vibes simpel, sederhana, dan clean. Agar konsep minimalisnya tetap terasa, maksimalkan setiap sudut bangunan dengan sebaik-baiknya, ya!

9. Desain Rumah Minimalis 2 Lantai dengan Nuansa Abu-abu

Penggunaan elemen desain abu-abu dapat memberikan kesan minimalis, modern, serta chic pada rumah Anda. Apalagi jika dipasangkan dengan elemen-elemen natural seperti motif kayu berwarna kecokelatan.

Atau, Anda juga bisa memadukannya dengan elemen-elemen desain berwarna putih untuk kesan rumah yang lebih lapang dan bersih. Kira-kira, Anda pilih yang mana?

10. Desain Rumah Minimalis 2 Lantai dengan Balkon dan Garasi

Walaupun belum memiliki kendaraan pribadi seperti mobil, Anda tetap bisa merancang garasi atau carport di dalam rumah. Posisi garasi ini bisa beragam, mulai dari di bagian depan atau pun samping rumah.

Nah, nantinya di atas garasi tersebut, bangunlah balkon untuk menjadi tempat bersantai. Area kosong pada balkon ini juga dapat Anda hias dengan berbagai pot tanaman untuk menambah kesejukan.

11. Desain Rumah Minimalis 2 Lantai dengan Atap Sandar

Berikutnya, ada desain rumah minimalis 2 lantai dengan atap sandar. Istilah atap sandar merujuk kepada model atap yang menempel pada dinding bagian atas.

Umumnya, bagian atap tersebut akan ditempelkan pada kuda-kuda dengan tingkat kemiringan mencapai 20 – 40 derajat. Tampilan dari atap sandar yang modern dan dinamis dapat menjadi poin plus bagi rumah Anda.

Tak hanya kelihatan estetik, atap sandar juga berguna secara fungsional, yaitu membantu mengurangi adanya genangan air hujan di area atap rumah.

12. Desain Rumah Minimalis 2 Lantai dengan Ukuran 4×7

Referensi rumah minimalis 2 lantai yang terakhir mengacu kepada ukuran rumah 4 x 7 meter. Luas rumah tersebut sebenarnya cukup untuk mengakomodasi semua kebutuhan anggota keluarga. Contohnya, dengan kehadiran kamar tidur dan ruang keluarga yang nyaman dan luas.

Untuk bagian depannya sendiri, di lantai dua Anda bisa merancang balkon. Hias area bersantai tersebut dengan beragam tanaman hijau untuk kesan natural dan asri!

Langkah-langkah Mendesain Rumah Minimalis 2 Lantai

Untuk merancang biaya pembangunan desain rumah minimalis 2 lantai Anda perlu melakukannya dengan rinci. Dengan begitu, Anda dapat menghindari pengeluaran tak terduga atau pemborosan selama proses konstruksi berlangsung

Ini langkah-langkah mendesain rumah minimalis 2 lantai yang dapat Anda terapkan. Check this out!

1. Tentukan Luas Bangunan Rumah Minimalis 2 Lantai

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan berapa luas bangunan rumah minimalis 2 lantai. Setelah mengetahui ukuran yang pasti, Anda bisa melakukan estimasi biaya.

Mengapa ini penting? Sebab, luas bangunan secara langsung juga akan menentukan kisaran jumlah material dan tenaga kerja yang dibutuhkan dalam pembangunannya.

2. Buat Rincian Material yang Dibutuhkan untuk Pembangunan Rumah Minimalis 2 Lantai

Langka yang kedua, Anda bisa membuat daftar rincian material yang akan dibutuhkan dalam pembangunan rumah minimalis 2 lantai. Contohnya, catatlah material penting seperti batu bata, kayu, atap, kaca, dan sebagainya.

Setelah membuat daftar yang rinci, Anda bisa mencatat juga jumlah dan spesifikasinya. Jangan lewatkan langkah ini, ya!

3. Cek Harga Material yang Dibutuhkan untuk Pembangunan Rumah Minimalis 2 Lantai

Berikutnya, Anda bisa memastikan setiap harga material yang dibutuhkan untuk pembangunan hunian rumah impian Anda. Penting untuk mengingat bahwa harga material dapat bervariasi, tergantung kepada jenis yang Anda butuhkan serta wilayah geografis dari rumah Anda.

Nah, setelah mengevaluasi harga, perkiraan biaya material yang harus dikeluarkan bisa jadi lebih mudah!

4. Hitung Juga Biaya Tukang untuk Pembangunan Rumah Minimalis 2 Lantai

Tahapan selanjutnya, Anda bisa menghitung biaya tukang. Caranya adalah dengan memperkirakan berapa banyak tukang yang dibutuhkan, serta estimasi waktu berapa lama mereka akan bekerja.

Variasi biayanya juga tergantung kepada tingkat keahlian tukang tersebut serta dan patokan harga di wilayah sekitar.

5. Siapkan Budget Lebih untuk Pembangunan Rumah Minimalis 2 Lantai

Langkah yang terakhir, Anda bisa mempersiapkan budget lebih untuk pembangunannya. Umumnya, biaya lebih ini dapat dihitung sekitar 10-15% dari anggaran total pembangunan rumah.

Fungsinya sendiri adalah untuk mengatasi perubahan tak terduga atau biaya tambahan selama proses pembangunan rumah minimalis 2 lantai milik Anda.

Simulasi Biaya Membangun Desain Rumah Minimalis 2 Lantai

Anggaran biaya pembangunan desain rumah minimalis 2 lantai sifatnya variatif. Dapat dilihat dari material serta desain yang dipilih.

Kami telah membuat simulasi biaya membangun desain rumah minimalis 2 lantai dengan ukuran mencapai 96 meter persegi, dengan 3 kamar tidur dan 2 kamar mandi. Berikut rinciannya:

1. Biaya untuk mendapatkan izin dan persetujuan: Rp2.000.000

2. Biaya untuk kontraktor: Rp60.000.000

3. Biaya untuk bahan bangunan: Rp65.000.000

4. Biaya untuk tenaga kerja: Rp30.000.000

5. Biaya tambahan: Rp16.000.000

Total keseluruhan dari simulasi pengeluaran untuk pembangunan desain rumah minimalis 2 lantai adalah Rp171.000.000.

Itu dia artikel yang membahas tentang desain rumah minimalis 2 lantai dengan simulasi biaya yang akan dikeluarkan untuk pembangunannya. Semoga artikel di atas dapat membantu Anda, ya!

Artikel Terkait

Artikel Terbaru