Desain Rumah Kayu Sederhana di Lahan Terbatas

Meski sebagian orang menganggap bahwa rumah kayu itu ketinggalan zaman, namun ternyata masih banyak orang yang membuat rumah bermaterial ini dengan alasan estetika. Bahkan, pada lahan terbatas pun Anda sudah dapat menciptakan rumah kayu sederhana dengan berbagai desain.

Apa Itu Rumah Kayu?

Rumah kayu dapat diartikan sebagai sebuah bangunan dengan material utama kayu. Sebagian besar bahan pada dinding, konstruksi, aksen, sampai dekorasinya menggunakan kayu. Namun di zaman sekarang rumah kayu sering dikombinasikan dengan material lain seperti kaca maupun beton.

Pexels.com

Rumah kayu dapat memberi kesan klasik maupun modern dengan suasana asri yang kental. Dalam pembangunannya, Anda perlu memperhatikan lokasi. Jangan membangun rumah kayu di tepi pantai karena air laut mengandung zat yang akan merusak susunan kayu.

Kelebihan dan Kekurangan Rumah Kayu

Sebelum mulai membangun rumah kayu, akan lebih baik jika Anda mengetahui kelebihan dan kekurangannya sebagai pertimbangan. Adapun beberapa kelebihan dan kekurangan dari bangunan rumah kayu adalah sebagai berikut.

  • Kelebihan Rumah Kayu

Jika dibandingkan dengan membangun rumah biasa, maka pembangunan rumah kayu akan lebih ekonomis meskipun material kayu berkualitas tidak murah. Alasannya adalah pengerjaan rumah kayu akan lebih singkat sehingga upah pekerja akan lebih hemat.

Pexels.com

Meski terlihat sedikit rapuh karena bobotnya yang ringan, sebenarnya rumah kayu memiliki tingkat ketahanan yang sangat tinggi. Struktur dari material kayu dapat meminimalkan terjadinya resiko bencana alam seperti gempa karena kayu tahan pada goncangan.

Kelebihan paling menonjol dari rumah kayu adalah tampilannya yang unik dan istimewa. Setiap jenis kayu mempunyai desain, corak, pola, dan warna yang berbeda. Maka dari itu, rumah kayu dipercaya mempunyai nilai estetika dan seni yang sangat tinggi.

  • Kekurangan Rumah Kayu

Di samping segala kelebihannya, rumah kayu juga mempunyai kekurangan. Kekurangan paling umum adalah adanya risiko serangan rayap apabila rumah tidak dirawat dengan benar. Akibatnya tentu akan terjadi pelapukan, pengeroposan hingga kerusakan.

Untuk dapat memiliki rumah kayu yang kuat dan tahan lama, Anda perlu memilih kayu dengan kualitas tinggi. Tapi sayangnya, kualitas bagus juga sebanding dengan harganya yang mahal. Apabila pemilihan kayu dilakukan sembarangan, maka daya tahan rumah akan terancam.

Kayu juga merupakan santapan empuk dari lahapan api. Sifatnya yang mudah terbakar membuat pemilik rumah harus berhati-hati ketika melakukan aktivitas di dalamnya. Maka dari itu, adanya alat pemadam kebakaran ringan perlu disertakan di dalam rumah kayu.

Desain Rumah Kayu Sederhana

Bagi Anda yang berencana membangun rumah kayu, ada berbagai pilihan desain rumah kayu sederhana yang dapat diterapkan meskipun pada lahan sempit. Adapun beberapa desain rumah kayu adalah sebagai berikut:

Rumah Kayu Modern

Meski terkesan natural dan tradisional, bukan berarti Anda tidak bisa memiliki rumah kayu dengan kesan modern. Salah satunya adalah dengan membuat micro house. Bangunan tersebut dapat Anda bangun dalam satu lahan rumah dan menjadi pelengkap bangunan.

Pexels.com

Bagunan kecil tersebut dapat dipakai untuk berkumpul bersama keluarga maupun hanya sekedar bersantai. Penggunaan kaca besar pada salah satu sisi rumah akan menampilkan kesan modern disamping peletakan batu alam yang disusun sedemikian rupa.

Rumah Kayu Vertikal

Desain berikutnya yaitu rumah kayu vertikal. Gaya ini sangat cocok bagi Anda yang ingin membangun rumah kayu pada lahan sangat kecil. Bangunan rumah kayu dapat dibangun secara vertikal, yaitu meninggi ke atas.

Homify.co.id

Maka dari itu, fungsi ruangan di dalam rumah kayu vertikal akan lebih tersusun meskipun berada dalam lahan terbatas. Jika Anda ingin membuat desain rumah kayu ini, sebaiknya Anda menentukan terlebih dahulu mengenai skala prioritas ruang.

Pit House

Jepang menjadi negara dengan banyak rumah yang dibangun dari kayu. Salah satu konsepnya adalah Pit House. Rumah asal Prefektur Okayama, Jepang, ini merupakan hasil karya dari OID Architects. Desain satu ini berdiri di atas lahan sempit namun mampu tampil menarik dan indah.

Pinterest.com

Warna kayunya yang mendekati warna putih menekankan poin kesederhanaan dari bangunan rumah. Adanya sebuah celah besar di bagian samping kiri juga membuat rumah mendapat cahaya matahari yang melimpah.

Baca Juga : Tempat Tidur King yang Bagus Dari Brand Apa Saja? Ini Rekomendasinya

Ridge Road Residence

Desainer asal Australia, Studiofour, menciptakan desain rumah kayu minimalis yang menarik. Pembangunan rumah gaya ini akan menampilkan kesan menarik dan sangat mahal karena warna hitam mat pada sebagian besar bagian rumah.

archdaily.com

Warna hitam mat tersebut juga mendukung kesan elegan pada setiap pasang mata yang melihat rumah kayu satu ini. Selain itu, ridge road residence dilengkapi kaca berukuran lebar sehingga menghadirkan kesan cerah dan luas.

Villa Lola

Seperti Negara Jepang, Islandia juga mempunyai banyak rumah kayu dengan mengusung tema artistik dan minimalis. Sebuah rumah kayu dari sebuah kota di Islandia bernama Vaoalaheioi menjadi salah satu contohnya.

dezeen.com

Mengusung tema minimalis yang kental, Villa Lola terlihat sangat indah dan menarik. Bentuk keseluruhan dari bangunan rumah kayu ini terlihat simetris dengan keunikannya sendiri. Setiap pasang mata tentu akan terpukau ketika melihat desainnya yang tidak umum.

Beach House Mornington

Desain rumah kayu sederhana berikutnya adalah Beach House Mornington yang berada di Melbourne, Australia. Hasil karya desainer Clare Cousins Architects ini sukses menciptakan bangunan simpel namun mewah.

wallowie.com.au

Selain tampilannya, desain rumah kayu satu ini juga mengedepankan faktor fungsionalitas dan kenyamanan pada setiap pengguna rumah. Adanya balkon di sisi samping rumah akan mendukung Anda untuk menikmati udara alam dengan sempurna.

The Wooden House

The Wooden House berhasil memberi kesan unik pada setiap orang yang melihatnya. Berada di Kota Slovenia dengan pepohonan di sekitarnya, rumah kayu unik ini merupakan hasil karya seorang arsitektur Studio Pikaplus di tahun 2015.

archdaily.com

Desain artistic dari The Wooden House sangat terlihat pada banyaknya kaca di berbagai sisi rumah. Di samping berguna sebagai pemberi tampilan menarik, kaca-kaca tersebut juga akan menerangi seisi rumah secara alami sehingga menghemat daya lampu maupun listrik.

The Park House

Dibangun oleh seorang arsitek ternama asal Australia bernama Tenfiftyfive, The Park House terdiri dari berbagai kayu dengan kombinasi besi hitam yang terlihat mewah. Tampilan dari desain ini akan memberi kesan sederhana namun artistik.

archdaily.com

Di lantai satu, diletakkan banyak kaca sehingga pengguna rumah akan merasa luas. Maka dari itu, meski dibangun di tanah yang sempit, bangunan ini akan tetap terlihat begitu lapang. Desain ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai kesan mewah namun sederhana.

Nah, itulah beberapa penjelasan terkait beberapa desain rumah kayu sederhana yang dapat Anda bangun di atas lahan sempit. Sebelum memutuskan untuk membuat rumah kayu, alangkah baiknya jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu pada arsitek maupun orang ahli lainnya.

Jangan lupa, setelah rumah jadi, lengkapi dengan berbagai furniture pendukung dari material yang sama juga. Anda bisa mendapatkan pilihan furniture terbaik untuk rumah kayu tersebut di Renos.id.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru