15 Inspirasi Desain Ruang Keluarga, Nyaman dan Bikin Betah!

desain ruang keluarga

Salah satu ruangan rumah yang sering dijadikan tempat untuk berkumpul adalah ruang keluarga. Pada area ini, semua anggota keluarga bisa nyaman berkumpul dan menghabiskan waktu berkualitas. Karena itulah, kenyamanan desain ruang keluarga harus menjadi prioritas utama.

Selain itu, ruang keluarga juga sering digunakan sebagai ruang tamu. Anda bisa menemukan beberapa desain ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga di tatanan rumah minimalis.

Apakah saat ini Anda sedang ingin merombak tatanan ruang keluarga di rumah Anda? Simak berbagai inspirasi desain ruang keluarga yang nyaman dalam artikel ini!

Intip Beberapa Inspirasi Desain Ruang Keluarga Terpopuler!

Ada beberapa elemen yang berkontribusi dalam menciptakan desain ruang keluarga yang nyaman. Faktor-faktor ini termasuk suasana ruangan yang Anda inginkan, pilihan warna dinding dan furnitur, luasnya dimensi ruangan, budget, dan banyak lagi.

Simak beberapa inspirasi desain ruang keluarga di bawah ini!

1. Desain Ruang Keluarga Putih Minimalis

Apabila Anda menyukai konsep rumah minimalis, desain ruang keluarga serba putih dapat menjadi pilihan! Tidak hanya tampak sederhana, tapi juga ada nuansa kemewahan yang dibawakan.

Konsep putih minimalis ini cocok untuk desain rumah dengan ruang keluarga yang luas. Kenyamanan akan bertambah karena ruangan berkonsep putih minimalis, ruangan juga akan tampak lebih terang dan lega.

Supaya tidak membosankan, Anda bisa menghiasnya dengan furnitur hitam. Menarik, kan?

2. Desain Ruang Keluarga Serba Hitam

Selain warna putih, salah satu warna konsep yang sering dipilih keluarga modern adalah hitam. Konsep serba hitam ini cocok desain rumah dengan ruang keluarga yang luas, karena pemilihan warna hitam yang mendominasi juga memberikan akses maskulin.

Supaya suasana tetap ceria, Anda bisa mengkombinasikannya dengan pilihan furnitur yang cerah atau berbahan natural. Misalnya, kursi rotan ataupun sofa dengan kaki slim berwarna putih.

Tak hanya rumah tapak, desain ruang keluarga yang nyaman ini juga cocok buat apartemen, lho!

3. Desain Ruang Keluarga Tema Japandi

Anda menyukai desain ruang keluarga yang asri? Ada konsep Japandi yang tercipta untuk Anda!

Desain bertema Japandi memadukan estetika Jepang yang natural dan minimalis, serta kesederhanaan desain ala Skandinavia yang rustic dan sederhana. Konsep Japandi cukup populer untuk interior rumah belakangan ini.

Anda bisa menerapkannya untuk desain ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga. Suasana rumah Anda pasti akan terkesan nyaman dan berkelas!

4. Desain Ruang Keluarga Gaya Shabby Chic

Satu lagi konsep desain ruang keluarga yang bisa jadi inspirasi! Ada desain ruang keluarga gaya shabby chic yang menciptakan suasana homey dan elegan.

Untuk menerapkan desain ruang keluarga ini, Anda bisa memakai banyak dekorasi bunga serta perabotan rumah yang manis.

5. Desain Ruang Keluarga Gaya Futuristik

Berikutnya, ada desain ruang keluarga dengan konsep futuristik! Cocok untuk Anda yang menyukai tampilan dekorasi yang unik, nih.

Gunakan cermin atau kaca sebagai elemen dekorasi utama di ruangan. Selain itu, Anda juga bisa memilih beberapa furnitur yang modern dengan warna silver.

6. Desain Ruang Keluarga Tema Coastal

Apakah Anda senang liburan atau menghabiskan waktu di pantai? Kalau iya, maka pilihan desain ruang keluarga tema coastal wajib masuk referensi!

Konsep desain ruang keluarga satu ini didominasi oleh warna biru. Pemilihan warnanya mampu memberikan nuansa nyaman dan menenangkan.

Agar desain ruang keluarga yang nyaman ini semakin indah dipandang, Anda bisa menambahkan banyak elemen dengan tema laut. Gunakan perabotan rumah atau elemen dekoratif dengan pilihan warna putih, cream, ataupun beige.

7. Desain Ruang Keluarga Konsep Bohemian

Pernah dengar konsep bohemian atau boho? Selain menerapkannya dalam bidang fashion, Anda juga bisa mempraktikannya untuk desain ruang keluarga yang nyaman.

Anda bisa menggunakan kombinasi warna yang terang dan ceria, misalnya cokelat terang, merah, kuning, dan biru. Gunakan juga aksen putih pada dinding untuk menyempurnakan desain ruang keluarga.

Terakhir, jangan lupa menggantung pigura foto serta dream catcher sebagai elemen dekoratif. Ruang keluarga akan tampak estetik!

8. Desain Ruang Keluarga Gaya Kontemporer

Buat Anda yang pecinta seni, bisa coba desain ruang keluarga gaya kontemporer. Dengan begitu, sisi artistik dalam diri Anda bisa terpancar.

Desain ruang keluarga ini bisa dicoba dengan menambahkan beberapa dekorasi. Contohnya seperti menempelkan lukisan abstrak pada dinding ataupun meletakkan patung-patung di sudut ruangan. Terapkan konsep ini untuk desain ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga.

9. Desain Ruang Keluarga Gaya Industrial

Desain industriali identik dengan penggabungan materia mentah (unfinished) dengan material setengah jadi, contohnya dengan memanfaatkan elemen seperti besi. Konsep ini dapat menciptakan ruangan dengan daya tarik estetika yang tinggi.

Konsep ini bisa dicapai untuk desain rumah dengan ruang keluarga yang luas tapi ingin menonjolkan pesona minimalis. Anda bisa mengubah satu sisi ruang keluarga dengan memakai wallpaper motif bata abu-abu, kemudian letakkan sofa dan karpet dengan warna gelap.

Pertimbangkan juga untuk meletakkan meja berwarna cerah dan tanaman hias di pojok ruang keluarga. Trik ini bisa membuat ruangan terlihat lebih hidup dan tidak monoton.

10. Desain Ruang Keluarga Serba Pastel

Untuk suasana ruang keluarga yang kalem dan tenang, Anda bisa menerapkan konsep serba pastel. Pengaplikasian cat dinding pastel pada ruang keluarga juga membawa nuansa ceria pada rumah!

Agar tampak elegan, kombinasikan dengan furnitur berwarna netral. Bisa dicoba, nih!

11. Desain Ruang Keluarga Gaya Skandinavia

Desain Skandinavia mewujudkan perpaduan tema modern, minimalis, dan fungsional dalam sebuah ruangan. Anda pernah mendengar tentang desain ini sebelumnya, kan?

Untuk penerapannya, Anda bisa fokus menciptakan suasana yang rapi dan terorganisir. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan furnitur multifungsi dengan pilihan warna earthy seperti cokelat muda atau warna netral seperti putih. Konsep Skandinavia cocok untuk desain ruang keluarga yang nyaman!

12. Desain Ruang Keluarga Modern Serba Abu

Abu-abu adalah pilihan warna aman dan serbaguna yang bisa diterapkan untuk seluruh ruangan, termasuk desain rumah dengan ruang keluarga yang luas. Untuk menghadirkan nuansa klasik yang tidak lekang oleh waktu, Anda bisa mencoba desain ruang keluarga modern serba abu. 

Agar tidak membosankan, Anda bisa padukan dengan warna netral lainnya seperti putih ataupun krem. Lalu, letakkan tanaman hijau di sudut ruangan untuk menjaga suasana tetap segar.

13. Desain Ruang Keluarga Semi-Outdoor

Posisi ruang keluarga biasanya ada di jantung rumah atau bagian tengah rumah. Namun, jika ada taman, Anda juga bisa menempatkannya di area belakang rumah.

Ruang keluarga dengan konsep semi-outdoor ini adalah salah satu desain ruang keluarga yang asri! Konsep ini menawarkan suasana menyenangkan bagi Anda dan keluarga untuk berkumpul dan menyatu dengan alam.

14. Desain Ruang Keluarga Konsep Lesehan

Satu lagi desain ruang keluarga yang luas dan nyaman! Cocok untuk Anda dan keluarga yang senang berkumpul sambil duduk di lantai.

Anda hanya memerlukan ruangan luas dengan karpet besar. Karena berfungsi untuk menyambut tamu juga, Anda juga bisa mempertimbangkan sofa kecil dengan warna yang senada dengan karpet. 

Namun, konsep ini tak hanya bisa dicoba untuk desain rumah dengan ruang keluarga yang luas saja. Anda juga bisa memanfaatkan sudut ruangan di depan ruang TV dengan meletakkan tempat tidur sofa untuk berkumpul.

Untuk menyempurnakan, bawa nuansa alami dengan menambahkan beberapa tanaman hias mini.

15. Desain Ruang Keluarga dan Dapur Tanpa Sekat 

Selain desain ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, Anda juga bisa menyatukan ruang keluarga dengan dapur. Konsep open space ini sudah banyak dipergunakan untuk interior rumah modern ini.

Salah satu tujuan dari desain ruang keluarga dan dapur yang menyatu tanpa sekat adalah agar ruangan lebih lega. Cocok dipakai untuk space terbatas pada perumahan-perumahan minimalis.

Tak hanya itu, konsep open space juga bisa membuat suasana lebih intim dan lebih mudah perawatannya. Agar keluarga tetap bisa leluasa beraktivitas di sini, pemilihan furnitur perlu dipertimbangkan dengan matang.

Setelah membaca artikel inspirasi desain ruang keluarga yang nyaman di atas, Anda bisa mulai mencicil jenis perabotan rumah serta elemen dekoratif yang ingin Anda gunakan. Kira-kira, desain ruang keluarga mana yang paling Anda sukai?

Artikel Terkait

Artikel Terbaru