Desain Rooftop Minimalis Terbaik Dengan Kesan Kekinian

Ingin memiliki sebuah teras tetapi terhalang dengan luas lahan yang terbatas,? Kini hal tersebut tidak lagi menjadi masalah besar. Rumah dengan desain rooftop minimalis merupakan pilihan terbaik yang bisa dilakukan untuk mewujudkan keinginan tersebut.

Rooftop sendiri merupakan desain pada atap rumah yang dibuat mendatar dengan dak beton. Bagian atas atap ini dibiarkan terbuka yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, misalnya didesain mirip dengan teras. Berikut ini beberapa contoh desain yang bisa dijadikan inspirasi.

Desain Rooftop Minimalis Kayu

Bahan kayu banyak dipilih untuk mendesain rumah agar terkesan alami dan natural. Sekarang Anda juga bisa menghadirkan nuansa alami dan natural ini dengan memanfaatkan material kayu pada bagian atap rumah sekaligus mendesainnya menjadi sebuah rooftop yang menarik.

Material kayu ini bisa digunakan pada bagian lantai dan pada dinding di sekelilingnya. Anda juga bisa menambahkan perabot seperti meja dan kursi yang bermaterial kayu. Nuansa alami akan langsung terlihat ketika Anda pertama kali menginjakkan kaki di bagian rumah ini.

pexels.com

Karena material ini rentan terhadap air, sebaiknya Anda menambahkan pelapis anti air pada permukaan kayu. Bahan ini akan melindungi kayu agar tidak mudah lapuk dan berjamur, sehingga bisa awet dan tahan lama.

Karena rooftop berada di bagian atas rumah dan terbuka, Anda bisa melindunginya dengan menambahkan atap yang terbuat dari asbes. Pilih asbes yang bening, sehingga Anda bisa menikmati keindahan langit baik siang maupun malam hari saat berada di rooftop.

Desain Rooftop Minimalis Dengan Bebatuan

Nuansa natural dan alami juga bisa didapatkan pada rooftop minimalis di rumah Anda. Di sini Anda bisa menggunakan bahan alam berupa batu kolam atau batu putih dan menghadirkan taman minimalis di sana.

Membuat taman di rooftop bisa menjadi ide menarik untuk memanfaatkan ruang terbuka pada atap rumah Anda. Hal ini juga bisa menjadi solusi bagi Anda yang menginginkan adanya taman yang sejuk, tetapi terkendala dengan luas lahan yang terbatas.

Pinterest.com

Bebatuan dan kerikil yang digunakan juga bisa menjadi solusi untuk menghindari becek dan licin pada taman Anda. Yang perlu diperhatikan di sini adalah, pengaturan aliran air sehingga taman tidak mudah basah.

Penggunaan bebatuan dan kerikil ini juga memiliki fungsi ganda. Anda bisa memanfaatkan area ini untuk berolahraga yaitu dengan cara berjemur atau menginjakkan kaki pada bebatuan. Efek pijat pada kaki dengan bebatuan diketahui bisa melancarkan aliran darah pada tubuh.

Desain Rooftop Minimalis Dengan  Bar

Bagi yang ingin mengadakan pesta kecil-kecilan, atau sekedar minum-minum layaknya di dalam bar, juga bisa diwujudkan dengan memanfaatkan rooftop rumah. Tidak membutuhkan lahan terlalu luas, dengan penataan yang tepat, Anda bisa memiliki bar mini di rumah.

Anda bisa melengkapi rooftop minimalis dengan menambahkan beberapa furniture untuk tempat minum. Pemilihan tempat gelas serta botol minuman juga bisa dipilih dan disesuaikan dengan selera dan kebutuhan.

Pexels.com

Anda juga bisa menambahkan beberapa perlengkapan barbeque yang bisa digunakan pada moment-moment tertentu. Perlengkapan ini akan membuat tampilan bar mini Anda semakin cantik dan bisa menambah suasana keakraban ketika berkumpul bersama keluarga.

Untuk mempercantik bar mini tersebut, Anda bisa menghiasinya dengan memasang beberapa lampu pemanis  di beberapa bagian atas rooftop. Lampu-lampu ini akan membuat semarak acara di bar ini , dan akan semakin indah pada malam hari.

Baca Juga : Ini Beberapa Produk Furniture Dari Highpoint Yang Bisa Anda Beli

Desain Rooftop Minimalis Bohemian

Apabila Anda merupakan pecinta benda etnik serta ingin menghadirkannya di rumah, maka desain rooftop dengan nuansa bohemian ini bisa menjadi pilihan. Ada banyak pilihan benda serta pernak-pernik etnik lainnya yang bisa dimanfaatkan di sini.

Misalnya Anda bisa memilih karpet dengan motif unik untuk ditempatkan di ruangan ini. Pemilihan motif sarung bantal, throws, dan berbagai koleksi benda etnik lainnya yang Anda miliki juga bisa diaplikasikan untuk menciptakan suasana dan style bohemian di atas atap rumah.

Pexels.com

Bukan hanya perabot dan furniture yang bisa menciptakan suasana bohemian disini. Pot-pot bunga dengan motif serta model yang unik juga bisa mempermanis rooftop rumah Anda. Anda bisa mengisi pot-pot bunga tersebut dengan tanaman kaktus atau sukulen dengan bentuk yang berbeda.

Untuk menyempurnakan kombinasi warna hangat yang sudah tercipta dari nuansa bohemian ini, kehadiran beberapa tanaman hijau juga bisa membantu. Dengan penataan dan pemilihan elemen yang tepat, nuansa bohemian bisa dihadirkan tanpa memerlukan lahan tambahan.

Desain Rooftop Minimalis Maskulin

Desain rooftop yang cukup terkenal dan kekinian sekarang ini salah satunya adalah rooftop minimalis maskulin. Desain ini ditujukan untuk Anda yang menyukai gaya maskulin, serta tidak menghendaki terdapatnya banyak pernik dan benda di ruangan.

Gaya maskulin biasanya didominasi oleh warna-warna gelap seperti abu-abu dan hitam. Kesan maskulin akan semakin terasa dengan penambahan kombinasi yang tepat. Misalnya dengan memadukan warna putih di dalamnya.

Pexels.com

Material yang digunakan pada desain lebih menunjukkan pada karakter yang tegas. Sebagai contoh bisa dengan memilih furniture dan perabot dari bahan besi. Material ini merupakan elemen kuat yang bisa memunculkan kesan maskulin pada desain yang diciptakan.

Untuk mempertegas kesan maskulin yang Anda inginkan, gunakan furniture dengan siluet tegas dan pilih perpaduan warna yang senada. Sebaiknya, hindari penggunaan furniture yang menggunakan matras atau bantal. Hal ini juga memudahkan Anda apabila tiba-tiba turun hujan.

Desain Rooftop Minimalis Dengan Kolam

Apabila Anda memiliki dana lebih, desain rooftop dengan kolam renang bisa menjadi pilihan. Untuk desain ini, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Selain dana yang cukup, Anda juga perlu mempertimbangkan luas lahan serta pengaturan saluran air yang bagus.

Meskipun rumah Anda tidak terlalu besar, desain rooftop minimalis dengan kolam renang ini tetap bisa digunakan. Yang harus diperhatikan di sini adalah ukuran kolam yang harus disesuaikan dengan ukuran luas rooftop di rumah, sehingga ada keseimbangan yang menghadirkan keindahan.

Pinterest.com

Rooftop dengan kolam renang di dalamnya membutuhkan banyak pertimbangan. Di antaranya adalah mengenai perawatannya. Anda harus sering melakukan pembersihan seperti menguras air kolam,  sehingga air kolam tetap bersih dan terlihat jernih.

Anda juga bisa menambahkan tanaman hijau agar rooftop menjadi sejuk dan asri. Memasang atap bening sebagai pelindung juga bisa jadi pertimbangan. Untuk membuat desain ini, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan ahli struktur yang berpengalaman, agar hasilnya lebih maksimal.

Ada beberapa tips umum yang harus diperhatikan apabila Anda ingin membuat rooftop dengan memanfaatkan atap rumah. Yang pertama, struktur dan konstruksi atap harus benar-benar kokoh dan kuat. Jangan lupa untuk memasang pagar sebagai safety atau pengaman.

Tips lainnya, sebaiknya Anda menggunakan material yang tahan terhadap air. Anda juga bisa melapisi material atap dengan water proofing sehingga tidak terjadi rembesan pada atap. Terakhir, perhatikan pemasangan instalasi air, termasuk penampungan dan pompa air.

Anda juga perlu memastikan memilih furniture terbaik untuk rooftop minimalis tersebut. Berbagai jenis furniture tersebut bisa Anda beli secara mudah di Renos.id.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru