Desain Plafon Minimalis untuk Ruang Tamu yang Estetik

Plafon umumnya menjadi salah satu aspek yang jarang diperhatikan dalam mendesain suatu ruangan. Padahal dengan mendesain plafon, desain suatu ruangan jadi semakin utuh. Desain plafon minimalis hingga saat ini masih menjadi andalan masyarakat Indonesia untuk interior rumahnya.

Plafon berdesain minimalis yang tergolong mudah dibuat, menjadikan desain ini sangat digemari. Tidak terkecuali untuk diaplikasikan di dalam ruang tamu untuk melengkapi tampilan agar lebih estetik. Di bawah ini, beberapa rekomendasi tampilan plafon yang estetik untuk ruang tamu.

Basic Plafon Flat Ceiling

Flat Ceiling adalah plafon yang disusun secara rata atau sejajar antara tanpa adanya variasi bidang maju mundur. Material yang biasa digunakan untuk membuat desain plafon ini adalah gypsum atau papan triplek. Sementara itu, untuk rangka dalamnya bisa menggunakan baja ringan atau bilah kayu.

Desain plafon ini paling banyak dijumpai pada rumah masyarakat Indonesia. Alasan yang membuat desain plafon ini digemari karena dalam pengerjaannya tergolong mudah. Biaya pembuatan plafon ini juga tergolong hemat, karena jumlah material yang digunakan sesuai dengan luas ruangan.

Tokopedia.com

Desain plafon ini apabila dilihat sekilas akan tampak sangat sederhana, bahkan terkesan biasa saja. Namun, ini sangat merepresentasikan nuansa minimalis pada ruangan, karena minimnya detail atau fitur yang rumit.

Desain plafon flat ceiling ini dapat menjadi pilihan terbaik untuk ruang tamu yang memiliki banyak furniture ornamen. Hal ini nantinya akan membuat aksesoris dekorasi pada ruang tamu Anda jadi tampak lebih menonjol. Plafon yang sederhana juga akan menyeimbangkan nuansa ruang.

Gaya Plafon Bertingkat Up Ceiling

Desain plafon minimalis berikutnya yang juga banyak diminati adalah yang bertingkat ke atas atau up ceiling. Desain plafon ini umumnya memiliki dua ketinggian yang berbeda dengan ceiling di bagian tengah dibuat lebih menjorok ke dalam atau ke atas.

Plafon bertingkat ke atas ini tergolong sangat mudah untuk dikreasikan. Anda dapat bermain dengan penempatan lampu di plafon untuk membuatnya jauh lebih menarik dan unik. Anda juga dapat menempatkan lampu LED di sepanjang garis yang tercipta di tengah plafon.

shariagreenland.co.id

Apabila Anda ingin menggunakan satu lampu berdaya terang, maka posisinya dapat ditempatkan di tengah-tengah. Ruangan yang terbentuk di tengah-tengah plafon akan membantu membiaskan cahaya lampu sehingga dapat terasa lebih terang.

Sebaliknya, apabila Anda ingin menggunakan beberapa lampu berdaya rendah, maka penempatannya akan jauh lebih bervariasi lagi. Beberapa lampu dapat disusun dengan formasi kotak pada bagian plafon yang ada di tepian, atau pun tengah tergantung selera.

Selain itu, plafon ini juga sangat cocok untuk dihiasi dengan lampu gantung yang memanjang. Dengan begitu, desain ruang tamu Anda secara keseluruhan dapat tampak lebih elegan dan estetik.

Desain Plafon Berundak Drop Ceiling

Desain plafon ini merupakan kebalikan dari up ceiling. Plafon ini memiliki tampilan berundak dengan bagian tengah yang lebih ke bawah dibandingkan terpiannya. Desain tersebut sangat cocok digunakan pada ruang tamu yang memiliki ketinggian bangunan yang tinggi.

Desain plafon berundak atau drop ceiling ini juga tergolong mudah untuk dikreasikan. Namun, sebaiknya hindari penggunaan lampu hias gantung pada bagian tengah untuk menghindari kesan yang “drop” yang terlalu banyak.

Sejasa.com

Sebaliknya, desain drop ceiling ini akan sangat cocok jika menggunakan jenis lampu direct lamp yang ketebalannya hampir sama dengan plafon. Anda juga dapat menggunakan rangka lampu yang ditanam ke dalam plafon untuk melengkapi desain ini.

Tampilan ruang tamu Anda juga akan semakin bersahaja dengan memanfaatkan bidang maju mundur yang tercipta untuk membiaskan cahaya. Aplikasinya dapat menggunakan lampu LED di sepanjang lekukan plafon dan membiarkan cahayanya membias secara estetik ke dinding.

Desain Plafon dengan Skylight

Desain plafon minimalis berikutnya dapat menggunakan konsep skylight. Konsep ruang minimalis tidak hanya terbatas pada kesederhanaan saja, namun juga berkaitan dengan aspek penghematan. Penghematan di sini adalah dengan menggantikan lampu dengan cahaya langit di siang hari.

Anda tidak perlu membuat keseluruhan plafon di ruang tamu terbuat dari material kaca. Cukup dengan satu buah bidang yang diposisikan tepat di tengah-tengah ruangan. Dengan kata lain, desain plafon ini menggunakan dua material sekaligus yakni gypsum dan juga kaca fiber.

Rumah123.com

Sementara itu, untuk pencahayaan di malam hari, Anda dapat menggunakan beberapa lampu yang diposisikan pada plafon yang menggunakan material gypsum. Anda juga dapat menambahkan standing lamp di ruang tamu apabila pencahayaan masih dirasa kurang.

Baca Juga : Pancuran Mandi: Pilihan Model dan Tips Merawatnya

Gaya Plafon Miring Diagonal Ceiling

Apabila desain plafon sebelumnya disusun datar seakan menyembunyikan bentuk atap, maka diagonal ceiling ini sebaliknya. Diagonal ceiling adalah desain plafon yang mengikuti dan mempertegas bentuk atap.

Pinterest.com

Desain plafon ini akan membuat tampilan ruang tamu Anda lebih dinamis. Hal ini dikarenakan dengan hadirnya bidang miring pada permukaan plafon. Dengan begitu, ruang tamu Anda pun jadi tidak tampak monoton, malah jauh lebih estetik.

Glossy Ceiling dengan Material PVC

Opsi desain plafon minimalis berikutnya adalah glossy ceiling. Seperti namanya, desain plafon ini memiliki tampilan yang mengkilap terutama apabila terpapar cahaya. Nuansa mengkilap tersebut hadir dikarenakan material yang digunakannya adalah PVC.

Saat ini, material PVC telah memiliki ragam corak dan variasi yang dapat Anda pilih. Terdapat jenis material PVC yang hanya menampilkan kilapan sederhana, ada juga yang membiaskan nuansa pelangi jika terkena sinar.

Pinterest.com

Anda akan tetap memperoleh nuansa yang berbeda pada ruang tamu, meskipun plafon bermaterial PVC ini disusun secara mendatar. Hal ini dikarenakan jenis PVC yang digunakan dapat memantulkan cahaya lampu di ruang tamu dengan estetik.

Plafon Basic MInimalis dengan Campuran Corak

Di dalam mendesain plafon, Anda tidak hanya terpaku oleh penempatan bidang plafon yang maju mundur saja, melainkan dapat juga bermain dengan corak. Agar ceiling di ruang tamu tidak tampak polos dan monoton, maka Anda dapat melapisi salah satu bidang plafon dengan corak.

Rumah.com

Desain ini dapat dipadukan dengan model plafon up atau drop ceiling. Kemudian, Anda dapat melapisi salah satu bidang plafon yang menjorok ke atas dengan pelapis bercorak. Corak kayu dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menghadirkan estetika ruang tamu yang hangat.

Susunan Balok Kayu pada Plafon Minimalis

Jika Anda memiliki langit-langit ruang tamu yang tinggi tetapi tidak suka dengan suasana jenjang yang ditampilkan, maka dapat coba desain satu ini. Anda dapat membatasi pandangan pada langit-langit ruang yang tinggi dengan menyusun balok kayu pada ketinggian tertentu.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat menggunakan desain balok kayu susun ini pada langit-langit ruangan yang normal. Caranya yakni dengan langsung menyusun beberapa bilah balok kayu sejajar dengan plafon di ruang tamu Anda.

Desain ini juga akan menghadirkan nuansa yang hangat pada tampilan ruang tamu Anda yang minimalis. Nuansa hangat ini hadir karena adanya kehadiran material kayu yang mendominasi langit-langit ruangan.

Desain plafon minimalis tersebut akan membuat ruang tamu Anda makin estetik. Selanjutnya, buat desain ruang tamu kian lengkap dengan berbagai dekorasi dari Renos.id.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru