Desain Pagar Roster Minimalis, Cocok untuk Rumah Modern

Pagar merupakan salah satu bagian rumah yang cukup penting. Pagar berfungsi sebagai pembatas rumah dan melindunginya dari masuknya pencuri, hewan liar dan dari hal lain yang tidak diinginkan. Saat ini, jenis pagar roster minimalis sedang marak digunakan pada rumah-rumah modern.

Pada awalnya, roster lebih sering digunakan sebagai ventilasi udara pada bangunan. Seiring perkembangan zaman, kini roster mulai banyak digunakan pula sebagai pagar rumah. Berikut ini akan diulas berbagai bahan maupun desain pagar roster yang cocok digunakan pada rumah modern.

Bahan Pagar Roster

pagar roster minimalis
Pinterest.com

Jika Anda mendambakan rumah yang berkesan modern dan fashionable, maka pagar roster bisa menjadi pilihan yang tepat. Beberapa bahan yang sering digunakan untuk membuat pagar roster antara lain batako, bata merah, beton, kayu, tanah liat, GRC, Keramik maupun alumunium

Pagar Roster Batako

Pinterest.com

Batako merupakan material campuran antara pasir, semen dan abu batu. Umumnya roster berbahan batako berwarna abu-abu sehingga berkesan unfinished. Pagar berbahan batako ini cocok digunakan pada bangunan dengan gaya industrial.

Batako sendiri merupakan bahan yang kuat dan tahan lama. Selain itu, pagar roster batako juga lebih ekonomis karena harga material pembuatannya tergolong murah.

Pagar Roster Bata Merah

Bata merah merupakan material yang terbuat dari tanah liat yang dibakar sampai keras. Bahan ini tahan lama karena tahan terhadap cuaca, baik panas maupun hujan.

pinterest.com

Pagar Roster yang terbuat dari bata umumnya berwarna merah dengan kesan yang natural. Roster bata merah ini akan menambah nuansa klasik pada bangunan rumah Anda.

Pagar Roster Beton

Bahan beton merupakan bahan yang kuat namun ringan. Beton sendiri terbuat dari campuran semen, pasir dan batu. Selain kuat, bahan roster beton juga tahan lama.

Pinterest.com

Karena beberapa kelebihan yang dimilikinya, pagar roster minimalis berbahan beton banyak diminati untuk digunakan sebagai pagar dengan berbagai variasi desain.

Pagar Roster Kayu

Sebelum digunakan sebagai pagar roster, bahan kayu perlu diolah lebih dulu supaya lebih kuat dan tahan lama. Pagar roster kayu memberikan sentuhan kesan alami pada rumah Anda.

Roster kayu ini pada aplikasinya, lebih banyak digunakan sebagai partisi atau sekat indoor. Namun, pagar roster kayu ini memiliki kelemahan antara lain mudah lapuk atau diserang rayap. Untuk itu perlu adanya perawatan extra.

Pagar Roster Tanah Liat

Roster tanah liat sekilas terlihat mirip dengan roster batu bata. Roster ini umumnya juga berwarna merah kecoklatan, namun Anda juga dapat mengecatnya dengan warna yang match dengan bangunan rumah. Roster tanah liat biasa digunakan sebagai pagar depan rumah atau garasi.

Akan tetapi, roster berbahan tanah liat lebih mudah rapuh. Maka, Anda perlu baik-baik memperhatikan kualitas roster ini dan tetap rutin melakukan perawatan untuk menjaga keawetannya.

Pagar Roster GRC

GRC merupakan kependekan dari Glassfiber Reinforced Concrete. GRC terbuat dari campuran semen, komposit dan diperkuat oleh serat kaca. Untuk proses pencetakannya menggunakan mesin pabrikan sehingga memiliki kualitas cetakan yang baik dengan motif bervariasi.

Kelebihan dari pagar roster berbahan GRC adalah kokoh namun ringan dan tahan lama. GRC biasanya berwarna putih bersih, sehingga cocok diaplikasikan pada rumah tipe minimalis karena menonjolkan kesan modern.

Pagar Roster Aluminium

Alternatif lain pagar roster adalah penggunaan bahan alumunium. Biasanya roster ini memiliki motif yang rapi karena pola dibuat menggunakan laser. Namun demikian, Anda perlu mengeluarkan biaya yang sedikit lebih mahal jika memilih menggunakan pagar roster aluminium.

Pagar Roster Keramik

Penggunaan bahan keramik membuat roster jenis ini memiliki tampilan yang mengkilap sehingga nampak elegan. Untuk warna dan desain roster keramik juga lebih beragam. Namun, harga roster keramik memang relatif lebih mahal dibanding yang lain.

Baca Juga : Desain Kursi Bar Seperti Apa yang Bagus? Ini Rekomendasinya

Desain Pagar Roster

Desain pagar roster minimalis merupakan poin penting yang perlu diperhatikan. Desain pagar juga perlu disesuaikan dengan tipe bangunan. Desain pagar yang pas, akan semakin mempercantik dan memperkuat kesan yang ingin ditonjolkan dari bangunan rumah Anda.

Berikut ini beberapa model atau motif pagar roster yang dapat menjadi inspirasi dalam memilih pagar roster untuk hunian Anda.

Pagar Roster dengan Motif Kotak

Pagar roster ini berbentuk lubang kotak-kotak dengan ukuran yang teratur. Model ini mengedepankan kesan modern dan minimalis. Namun demikian, bentuk ini terkesan kaku atau kurang fleksibel.

Pagar Roster dengan Motif Labirin

Sesuai namanya, roster ini berbentuk seperti labirin atau jalan buntu yang berputar-putar. Motif ini tampak unik dan terkesan rumit. Anda dapat memilih motif ini untuk disesuaikan dengan tema hunian Anda.

Pagar Roster dengan Motif Bunga

Motif dari roster ini terinspirasi dari bentuk bunga. Tampilannya menyerupai bunga-bunga yang saling terkait satu sama lain. Kesan feminin sangat menonjol pada model roster ini. Penggunaan roster ini juga memberikan kesan modern tropis.

Pagar Roster dengan Bentuk Bulat

Motif bulat-bulat pada pagar roster ini memberikan kesan yang lebih fleksibel pada tampilan depan rumah Anda. Desain ini cukup sederhana dan memberikan nuansa minimalis.

Pagar Roster dengan Motif Tak Beraturan

Pagar roster ini memiliki motif yang tidak teratur atau tidak seragam. Meski terkesan tak beraturan, namun roster motif ini dapat menjadi pilihan bagi Anda yang kurang menyukai sesuatu yang monoton.

Pagar Roster dengan Motif Segitiga

Pagar ini menyerupai bentuk segitiga-segitiga yang tersusun rapi beraturan. Kesan geometris nampak menonjol pada roster ini. Motif ini bisa dipilih untuk mempercantik kediamanan Anda.

Pagar Roster dengan Bentuk Bintang

Motif bintang pada roster ini memberikan kesan yang artistik dan futuristik. Roster ini dapat menjadi alternatif untuk digunakan sebagai pagar rumah Anda.

Pagar Roster dengan Model 2 Warna

Pagar Roster ini menggunakan dua warna yang berbeda. Tentunya pagar ini lebih terlihat menarik perhatian atau eye catching.

Pagar Roster Kombinasi dengan Tanaman Rambat

Pagar roster ini dikombinasikan dengan tanaman yang merambat di bagian atasnya. Pagar ini cocok untuk hunian yang terkesan hijau dan alami. Biasanya tanaman yang digunakan adalah tanaman rambat yang mudah tumbuh dan tidak sulit perawatannya seperti daun sirih dan sejenisnya.

Kelebihan Pagar Roster

Pinterest.com

Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan ketika Anda memutuskan untuk menggunakan pagar roster minimalis. Beberapa Kelebihan dari penggunaan pagar roster antara lain sebagai berikut

Sirkulasi Udara Bagus

Pagar roster memiliki bentuk yang berlubang-lubang atau berongga. Lubang-lubang roster ini juga dapat berfungsi sebagai ventilasi untuk sirkulasi udara. Tentunya ini membuat hunian Anda tidak pengap dan lebih terasa sejuk.

Motifnya Menarik

Pagar roster memiliki banyak pilihan motif dan desain yang menarik. Ini akan mempercantik estetika rumah Anda.

Sinar Matahari Mudah Masuk

Bentuk pagar roster yang berongga tentunya juga memudahkan sinar matahari masuk. Hunian Anda menjadi lebih sehat dan tidak lembab. Sinar matahari yang masuk melalui lubang-lubang roster juga semakin menambah keindahan bagian dalam rumah Anda.

Setelah menyimak ulasan di atas, semoga dapat memberikan inspirasi dalam memutuskan model pagar roster minimalis yang tepat untuk hunian Anda. Lengkapi juga hunain Anda dengan dekorasi eksterior yang sesuai desain pagar tersebut. Anda bisa membeli dekorasi ini di Renos.id.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru