Rekomendasi Desain Kursi Bar yang Unik

Kursi bar saat ini tidak hanya sering ditemukan di bar, restoran atau cafe, tetapi juga menjadi pilihan furniture untuk dapur maupun ruang makan di rumah-rumah. Kursi jenis ini umumnya memiliki ukuran yang lebih tinggi dengan model yang modern dan minimalis.

Jenis kursi ini memiliki desain serta bahan yang beragam untuk mendukung kenyamanan penggunanya. Ketinggian kursi juga beragam menyesuaikan ketinggian bar table. Berikut ini beberapa referensi yang dapat menjadi pertimbangan Anda dalam memilih desain yang sesuai.

Kriteria Bahan Kursi yang Nyaman

Kenyamanan tentu menjadi salah satu pertimbangan saat memilih bahan kursi. Untuk rangka kursi, umumnya bahan yang digunakan adalah kayu, besi atau stainless steel.

Setiap bahan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk menentukan bahan kursi yang tepat, Anda dapat menyimak ulasan mengenai bahan-bahan kursi di bawah ini.

Bahan Kayu

Bahan kayu memiliki beberapa kelebihan antara lain memberikan kesan yang lebih natural secara estetika. Selain itu, bahan ini juga tergolong kuat dan tahan lama selama diberikan perawatan yang tepat.

Beberapa kelebihan di atas membuat kursi berbahan kayu memiliki daya tarik tersendiri dibanding bahan lainnya meskipun harganya sedikit lebih mahal. Jika Anda mendambakan kesan yang hangat, kursi berbahan kayu bisa menjadi pilihan yang tepat.

Bahan Besi

Bahan lain yang sering digunakan sebagai rangka kursi adalah besi. Bahan ini lebih menonjolkan kesan kuat dan elegan. Untuk harganya pun relatif lebih murah.

Namun, bahan besi tentunya rawan terhadap karat terutama jika diletakkan di tempat yang lembab. Untuk menjaga keawetannya, Anda perlu memperhatikan perawatan kursi dengan rangka besi agar tidak terlalu sering terkontaminasi kelembaban atau air.

Bahan Stainless Steel

Stainless steel merupakan material baja yang diberi tambahan kromium sehingga membuat bahan ini tahan korosi, tahan air, serta tahan panas. Hal yang paling menonjol dari bahan stainless steel adalah kekuatan dan keawetannya untuk penggunaan jangka panjang.

Perawatan kursi berbahan stainless steel juga mudah karena bahan ini tahan korosi dan bebas jamur maupun serangga yang seringkali menjadi ancaman furniture lain. Noda tidak mudah menempel pada bahan ini. Anda cukup menggunakan lap basah untuk menjaga kebersihan kursi.

Selain itu, material stainless steel yang digunakan sebagai bahan kursi juga menonjolkan kesan modern dan futuristik, cocok untuk desain ruang minimalis. Meski terkesan kuat dan kaku, tetapi tetap dapat terlihat fleksibel dengan desain yang tepat.

Tentunya beberapa kelebihan di atas membuat kursi bar berbahan stainless steel  ini cukup banyak diminati. Namun, bahan ini juga memiliki kekurangan. Anda perlu menjaga permukaan kursi dengan rangka stainless steel dari goresan karena sulit menghapus goresan dari bahan ini.

Beberapa contoh di atas adalah bahan-bahan yang umumnya digunakan sebagai rangka kursi. Bahan-bahan di atas biasanya dikombinasikan dengan bahan lain seperti kain atau kulit sebagai pelapis dudukan kursi.

Ketinggian Kursi Bar

Pada umumnya, kursi bar memiliki ukuran yang lebih tinggi dibanding kursi biasa. Meski demikian, ketinggian kursi tetap perlu disesuaikan dengan ketinggian meja bar.

Membahas mengenai ukuran tinggi kursi, tentunya tidak lepas dari fungsi kursi ini sendiri yaitu untuk aktivitas makan atau bekerja. Maka, untuk mendukung kenyamanan, biasanya tinggi kursi dibuat sekitar 27 – 30 cm lebih rendah dari meja.

Apabila ketinggian meja bar sekitar 110 – 120 cm, maka kursi dapat dibuat dengan ketinggian berkisar 83 – 90 cm. Sedangkan jika meja bar berukuran lebih pendek sekitar 88 – 93 cm, Anda dapat mengatur kursi dengan ketinggian sekitar 68 – 70 cm.

Hal yang tak kalah penting adalah perlunya tetap mengatur jarak antara kursi dan meja bar yaitu sekitar 15 – 20 cm. Ini diatur sedemikian rupa demi kenyamanan Anda supaya tidak terlalu membungkuk saat duduk.

Jika Anda mengalami kesulitan saat mencari kursi dengan ketinggian yang sesuai, maka solusinya bisa menggunakan kursi yang memiliki height adjuster atau alat pengatur ketinggian. Ini akan memudahkan Anda untuk mengatur ketinggian kursi yang dirasa nyaman sesuai dengan tinggi meja.

Rekomendasi Desain Kursi Bar

Kursi bar memiliki desain yang beragam baik bentuk maupun warnanya sesuai selera maupun kegunaan kursi tersebut. Berikut ini beberapa pilihan desain kursi yang dapat dipilih sesuai kebutuhan Anda.

Sandaran Pada Kursi

Berbeda dengan kursi pada umumnya, sandaran pada kursi ini biasanya tidak berukuran tinggi. Beberapa jenis bahkan tidak dilengkapi dengan sandaran. Hal ini kembali lagi pada kebutuhan dan selera masing-masing orang dengan tetap disesuaikan dengan interior ruangan.

Sandaran kursi sendiri berfungsi untuk kenyamanan pengguna saat duduk supaya punggung dapat lebih rileks. Selain itu, ada tidaknya sandaran juga tentu berpengaruh dalam menopang postur tubuh.

Tentunya akan lebih nyaman jika Anda memilih kursi dengan sandaran yang sesuai dengan postur tubuh Anda serta interior ruangan dimana kursi tersebut akan diletakkan.

Bantalan Pada Kursi

Bantalan pada kursi bersifat optional. Beberapa kursi dilengkapi bantalan, namun ada pula yang tipe flat atau tanpa bantalan. Kursi seperti apa yang akan dipilih, kembali lagi pada kenyamanan dan selera Anda.

Kursi dengan bantalan tentunya lebih nyaman untuk diduduki, terlebih jika penggunaan kursi tersebut adalah untuk diduduki dalam durasi yang lama. Bahan bantalan yang empuk akan tetap terasa nyaman meski diduduki berjam-jam.

Untuk kursi dengan tipe flat atau tanpa bantalan, cenderung kurang nyaman dan terasa keras saat diduduki dalam waktu lama. Meski demikian, kursi jenis ini secara estetika layak dipertimbangan untuk menjadi pilihan bagi Anda yang mengutamakan desain.

Tambahan Ornamen Pada Kursi

Beberapa kursi dilengkapi dengan ornamen di bagian bawah untuk menopang kaki atau semacam foot ring.

Khusunya bagi pengguna dengan postur tubuh yang tidak terlalu tinggi, bisa memilih kursi dengan tambahan foot ring. Keberadaan foot ring akan membuat Anda lebih nyaman meletakkan kaki saat duduk dan memudahkan saat naik turun kursi.

Warna Kursi

Selain bentuknya, warna kursi tentunya sangat berpengaruh terhadap kesan yang ditimbulkan. Umumnya kursi jenis ini memiliki satu warna. Anda dapat memilih warna kursi yang dapat berpadu sempurna dengan bar dan latar belakang interior ruangan.

Misalnya untuk kesan minimalis, warna hitam dapat menjadi pilihan Anda. Sedangkan warna-warna cerah seperti merah, biru dan sejenisnya dapat membantu memberikan kesan cerah pada ruangan. Kursi warna putih dengan aksen coklat juga dapat memberikan kesan yang hangat.

Perlu pertimbangan yang matang saat memilih warna kursi yang sesuai. Warna kursi yang tepat akan mempercantik estetika dan memberikan kesan nyaman pada dekorasi ruangan.

Dari ulasan di atas, tentunya Anda mendapatkan gambaran sebagai bahan pertimbangan dalam memilih kursi bar yang sesuai. Hal yang penting menjadi pertimbangan adalah kualitas, estetika dan kenyamanan.

Terlepas dari itu, tentu saja harga dan anggaran tetap berperan dalam proses seleksi. Nah, bagi yang mencari kursi bar dengan harga terjangkau, dan berkualitas, Anda bisa coba membelinya di Renos.id.

Kunjungi juga halaman kursi lainnya seperti: kursi santai teras, kursi cafe besi

Artikel Terkait

Artikel Terbaru