Desain Eksterior Rumah Hitam Putih dengan Berbagai Gaya

Penggunaan warna hitam-putih masih menjadi favorit untuk diterapkan dalam eksterior rumah. Selain karena warnanya yang bagus, penggunaan warna hitam putih ini akan membuat rumah Anda tampak menarik dan natural. Berikut ini, desain eksterior rumah hitam putih yang dapat menjadi referensi.

Minimalis

Penggunaan warna monokrom akan sangat cocok bila mana dipadukan dengan konsep minimalis. Hal ini karena desain minimalis ini mengusung konsep yang cenderung sederhana, dan warna basic seperti hitam putih akan sangat mendukung konsep sederhana tersebut.

Selain memberikan kesan yang simple, warna hitam dan putih juga merupakan tipikal warna yang timeless dan akan selalu oke sekalipun zaman telah banyak berubah. Dengan kata lain, warna hitam putih dipadukan dengan konsep eksterior minimalis tidak akan ketinggalan zaman.

rumah hitam putih minimalis

pinterest.com

Eksterior rumah yang minimalis dapat ditandai dengan pemberian garis sudut siku-siku yang tampak tegas. Rumah minimalis juga dikenal dengan konsep rumah yang memiliki pengaturan dan pemanfaatan lahan secara efisien.

Untuk desain eksterior rumah minimalis, Anda dapat menjadikan warna putih sebagai warna dominan untuk memberikan kesan yang lebih lapang. Sedangkan warna hitam dapat Anda tempatkan pada pintu atau pun bingkai-bingkai jendela.

Warna hitam juga dapat diberikan pada kolom atau gawangan untuk mempertegas garis sudut siku-siku pada eksterior rumah berkonsep minimalis.

American House

Rumah hitam putih juga akan sangat cocok untuk dipadukan dengan konsep eksterior rumah bergaya Amerika. Rumah bergaya Amerika ini tentu sering Anda temui di film-film Hollywood.

Salah satu ciri yang menonjol dari rumah bergaya Amerika ini adalah adanya garis-garis horizontal pada eksterior rumah. Garis-garis horizontal pada bagian pasak rumah ini diperoleh dari susunan-susunan kayu.

pexels.com

Namun, bila ingin membuat rumah bergaya Amerika tanpa menggunakan kayu, maka Anda dapat memberikan tali air horizontal pada permukaan bidang luas di tampilan muka bangunan rumah.

Untuk pemilihan warna yang dominan, warna putih maupun hitam akan tetap cocok digunakan pada desain rumah ini. Karena adanya garis horizontal pada bagian muka bangunan, maka sekalipun di dominasi dengan warna hitam akan tetap memberikan kesan lapang dan lebar.

Bila Anda merasa bahwa warna putih terlalu biasa untuk menjadi warna yang dominan, maka dapat menggunakan warna hitam pada keseluruhan permukaan rumah Anda. Ini termasuk pada pintu dan pagar rumah.

Sementara itu, sentuhan warna putih dapat Anda berikan pada lis kusen jendela atau pun pintu rumah. Warna putih juga dapat diberikan pada handle pintu, ataupun  ornamen yang biasa terpajang di dinding maupun pintu rumah.

Victorian

Selain rumah bergaya Amerika, Anda juga dapat menggunakan desain eksterior rumah bergaya Victorian pada rumah Anda.

Rumah bergaya Victorian ini merujuk pada desain arsitektur rumah di Inggris pada masa pemerintahan Ratu Victoria. Tak heran jika rumah ini mengingatkan kita pada konsep rumah bak kerajaan di Inggris.

pexels.com

Salah satu ciri yang menonjol pada rumah bergaya Victorian adalah adanya garis-garis lengkung pada jendela atau pintu rumah. Garis-garis atau ukiran lengkung juga dapat Anda terapkan pada pagar besi balkon rumah Anda.

Gunakanlah warna putih pada keseluruhan bidang dinding, dan warna hitam pada material seperti besi. Anda juga dapat menghadirkan teralis pada pintu dan jendela, sehingga sentuhan warna hitam dapat banyak dihadirkan pada pagar, dan teralis yang bermaterial besi.

 

Baca Juga : Model Cafe Industrial yang Nyaman dan Kekinian

 

Industrial

Rumah bernuansa hitam putih juga dapat Anda aplikasikan pada desain eksterior rumah bergaya Industrial. Gaya arsitektur Industrial yang terkenal dengan konsep unfinished-nya sangat cocok untuk dipadukan dengan warna putih.

pexels.com

Salah satu ciri yang sangat terlihat dari rumah bergaya Industrial adalah penggunaan besi hollow hitam pada pasak rumah dapat memberikan kesan tegas dan maskulin. Sementara itu, seluruh permukaan dinding luar rumah dapat dibiarkan berwarna putih.

Modern

Konsep hitam putih monokromatik juga sangat cocok untuk digunakan pada rumah bergaya eksterior modern. Warna hitam dan putih dapat menunjang nuansa yang lebih futuristik pada rumah Anda.

pexels.com

Anda dapat menggunakan menempatkan warna hitam dan putih pada titik-titik tertentu. Seperti Anda dapat menggunakan warna dominan putih untuk permukaan salah satu bidang dinding, dan warna hitam pada permukaan dinding lainnya.

Penggunaan kusen warna hitam dapat secara konsisten diterapkan pada rumah, meskipun memiliki warna bidang dinding yang berwarna hitam.

Dari eksterior rumah hitam-putih yang sudah dipaparkan, desain eksterior mana yang menjadi favorit Anda? Jika tertarik, pilih saja yang sekiranya cocok dengan selera masing-masing.

 

Tags:

Artikel Terkait

Artikel Terbaru