Ide Desain Rumah Minimalis untuk Setiap Ruangan

Rumah minimalis memang membutuhkan ketelitian dan rancangan yang matang agar semua dapat tertata dengan rapi. Apabila Anda mengimpikan hal tersebut, maka tidak ada salahnya untuk melihat desain rumah minimalis untuk tiap ruangan di rumah berikut sebagai referensi.

Desain Ruang Tamu

Pada bagian ruang tamu, desain yang dianjurkan adalah menggunakan furniture seperlunya saja. Beberapa contohnya adalah meja, sofa, dan hiasan dinding. Selain itu, Anda dapat menambahkan pot berukuran sedang di samping kursi sebagai penambah nilai estetika ruang tamu.

pexels.com

Gunakan warna putih atau abu-abu sebagai warna tembok di ruang tamu. Warna tersebut akan memberikan kesan luas dan lebih cocok untuk ruangan minimalis bila dibandingkan dengan warna lainnya. Pandangan pun menjadi lebih nyaman dan damai karena warna yang tidak terlalu mencolok.

Anda juga dapat menggunakan warna yang sama untuk furniture dan barang-barang lain, sehingga terlihat lebih kontras. Alternatif warna lainnya yaitu menggunakan warna serupa namun dengan tingkat kecerahan berbeda. Misalnya furniture berwarna abu-abu tua dan tembok berwarna putih.

Desain Ruang Makan

Ruang makan juga menjadi titik penting dalam membuat desain rumah minimalis yang lengkap. Anda disarankan untuk menggabungkan antara ruang makan dan dapur. Hal ini akan lebih menghemat tempat dan membuat semua aktivitas di dapur lebih leluasa.

pexels.com

Pilihlah meja dengan model bar juga menjadi pilihan yang tepat agar kursi lebih rapi serta tidak memakan banyak space. Setelah makan bersama selesai, semua kursi dapat didorong ke bawah kolong meja layaknya di bar. Belilah 1 set agar dimensi kolong dan kursi sesuai.

Untuk urusan penyimpanan makanan dan bahan dapur, Anda bisa menggunakan rak model tempel. Pemasangan bisa menggunakan dynabold ke dinding dan dibaut di beberapa bagian. Pilihlah warna cerah agar ruangan tidak terkesan penuh. Selain itu, warna terang juga membawa aura yang ceria.

Desain Kamar Tidur

Tak jauh berbeda dengan desain ruangan lainnya, pada kamar tidur juga disarankan menggunakan warna terang. Anda dapat mengkreasikan warna-warna lainnya sebagai aksen atau pengisi ruangan agar tidak monoton dan membosankan. Gunakan warna gradasi seperti abu-abu atau coklat muda.

pexels.com

Pemilihan tempat tidur juga harus sesuai dan tidak terlalu memakan banyak tempat. Anda dapat menggunakan tempat tidur berbahan dasar kayu namun model sederhana. Hal ini akan menambah kesan minimalis dan modern pada ruang tidur Anda.

Jangan memasukkan banyak almari ke dalam kamar tidur. Pilihlah lemari dengan banyak sekat untuk memudahkan dalam penataan barang-barang pribadi dan barang berharga yang dimiliki. Jangan lupa untuk memilih warna yang kontras dan sesuai dengan tembok ruang tidur.

 

Baca Juga: Ide Wallpaper Dinding Kekinian Berbagai Motif

 

Desain Ruang Keluarga

Desain rumah minimalis juga perlu diterapkan pada ruang keluarga. Ruang keluarga tidak perlu diberikan sekat atau tembok permanen untuk menghemat tempat. Anda dapat menggunakan dimensi sofa ruang tamu sebagai penghalang antara ruang tamu dan uang keluarga.

pexels.com

Gunakan karpet atau kasur lipat untuk digunakan sebagai alas bersantai di ruang keluarga. Bila menginginkan tambahan kursi, maka dapat menambahkan sofa berukuran kecil atau sedang. Letakkan kursi tersebut bersandar di tembok atau untuk menghalangi pandangan dari ruang tamu.

Letakkan televisi di buffet dengan dimensi yang pendek. Selain dapat meluaskan pandangan, laci-laci yang terdapat di buffet dapat Anda manfaatkan untuk menyimpan berbagai peralatan dan aksesori. Anda juga bisa meletakkan vas bunga berukuran kecil di samping TV untuk mempercantik buffet.

Desain Kamar Mandi

Pada bagian kamar mandi, desain yang disarankan untuk tipe rumah minimalis yaitu menggabungkan toilet dan tempat mandi. Cara ini dirasa lebih efektif dan mampu menghemat banyak tempat. Anda cukup melakukan perawatan kebersihan secara teratur agar kamar mandi tetap nyaman digunakan.

pexels.com

Anda dapat menggunakan warna-warna cerah. Penggunaan warna tersebut dapat memudahkan pemilik rumah dalam melakukan pembersihan karena semua kotoran terlihat secara jelas. Gunakan rak tempel untuk meletakkan berbagai peralatan mandi.

Desain rumah minimalis diatas bisa Anda terapkan untuk menghemat biaya namun tetap sesuai dengan keinginan. Jangan pernah sungkan, bertanya-tanya, dan konsultasi dengan pemborong atau tukang yang mengerjakan untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Tags:

Artikel Terkait

Artikel Terbaru