Inspirasi Model Aquascape Simple dan Mudah Diterapkan

Aquascape merupakan kegiatan menghias atau penataan aquarium sehingga memiliki keindahan yang bertambah. Pecinta aquascape bisa melakukan penataan dengan menambahkan beberapa tumbuhan hingga hewan kecil. Anda yang ingin mendesain aquascape simple bisa meniru inspirasi berikut.

Model Aquascape Taiwan

Inspirasi model aquascape yang bisa Anda contoh yaitu Taiwan. Model ini cukup beda dengan model kebanyakan karena inspirasinya berasal dari lingkungan darat yang diaplikasikan dalam aquarium. Model ini berorientasi pada detail miniature seperti jalan, jembatan, rumah bahkan taman kota.

aquascape simple

pinterest.com

Cara membuatnya cukup mudah asalkan Anda sudah menyiapkan miniatur yang dibutuhkan. Peletakan miniatur tersebut bisa berada di bagian sekitar tumbuhan air agar semakin hidup terlihatnya.

Model Aquascape Belanda

 

pinterest.com

Berikutnya, ide aquascape yang bisa Anda adopsi adalah model Belanda. Ciri khas model ini adalah terletak pada tanaman air yang beragam dengan banyak warna kontras. Dengan memadukan tanaman air itu saja, Anda sudah bisa mendapatkan tampilan simpel dan tampak indah dipandang.

Model Aquascape Jerman

Desain Jerman aquascape ini bisa Anda tiru dengan mudah. Model ini tidak membutuhkan banyak ornamen ataupun hiasan tambahan. Anda tinggal mengisi bagian air sampai bagian setengahnya lebih sedikit untuk menampilkan efek seperti biasan.

pinterest.com

Tanaman air yang bisa Anda letakan di aquarium ini seperti anubias nana dan java fern. Kedua tanaman itu merupakan rekomendasi yang cocok untuk aquascape model Jerman.

Model Aquascape Waterfall

Model aquascape ini sudah populer di kalangan pecintanya. Aquascape air terjun adalah model yang tidak pernah gagal memberikan keindahan. Namun, untuk mendapatkan keindahan itu juga perlu proses dan kesabaran cukup tinggi.

Youtube: Wahyu Adi

Mencari bebatuan yang cocok untuk dijadikan bahan air terjun ini gampang-gampang susah. Jadi, jika Anda tidak menemukan batu yang cocok, untuk mengakalinya perlu menggunakan kreativitas masing-masing. Justru dengan hal ini Anda bisa menciptakan aquascape yang punya nilai seni tersendiri.

Model Aquascape Forest

Berikutnya model aquascape simple namun tetap estetik adalah model hutan. Ide model ini cocok bagi Anda yang senang dengan tampilan natural. Menghasilkan tema natural ini tentu perlu media yang membuatnya bisa mirip dengan role modelnya.

Youtube: Aqua One Design

Material yang diperlukan untuk membuat aquascape hutan ini tentu memerlukan kayu sebagai bahan utamanya. Pilihlah bentuk ranting kayu yang bentuknya unik. Anda juga bisa menggunakan tumbuhan moss sebagai dedaunan agar hasilnya seperti hutan sungguhan.

 

Baca Juga : Kayu Eboni: Persebaran, Karakteristik dan Manfaatnya

 

Model Aquascape Biotope

Selanjutnya, ide aquascape yang bisa Anda tiru untuk diterapkan adalah biotope. Model ini adalah desain yang simpel dibandingkan dengan model lain. Prinsip model ini tidak mempunyai aturan khusus dalam penataan hardscapenya.

pinterest.com

Konsep biotope ini terletak pada pengaplikasian lingkungan alam lengkap dengan flora dan faunanya. Anda bisa menciptakan kondisi alam di aquascape ini seperti ala lumpur-lumpuran dengan kerikil yang dilewati ikan berukuran kecil.

Model Aquascape Mountain

Inspirasi aquascape pegunungan juga bisa Anda adopsi untuk mempercantik aquarium di rumah. Tampilannya yang natural dan simpel membuat model ini banyak diminati banyak orang. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat aquascape ini juga tidak terlalu banyak.

pinterest.com

Beberapa di antaranya adalah bebatuan (hardscape) dan beberapa kayu yang bisa dimanfaatkan untuk membuat lembah agar hasilnya semirip mungkin dengan pegunungan sesungguhnya.

Model Aquascape River

Tidak cocok dengan model pegunungan namun ingin memiliki aquascape simple dan natural tampilannya maka river adalah ide yang bagus. Model aquascape sungai ini cocok untuk Anda yang ingin tampilan natural dan tidak mau ribet saat proses pembuatannya.

pinterest.com

Membuat model ini Anda hanya memerlukan pepohonan, dan bebatuan saja. Memadukan dua bahan tersebut Anda sudah bisa menghasilkan tampilan seperti di sungai sungguhan. Tentu bagi yang melihatnya bisa merasa sejuk seperti memandang sungai yang dialiri air.

Model Aquascape Iwagumi

Terakhir, inspirasi model aquascape yang bisa Anda tiru adalah Iwagumi. Model ini sudah populer dan fokusnya terletak pada peletakan batu besar yang menjadi icon utamanya. Jadi, diperlukan kemampuan memilih bebatuan yang menarik bentuknya agar tampilannya menarik dan estetik.

Youtube: RIZKAPUT

Material lain yang dibutuhkan hanya tanaman hijau yang perannya sebagai tanaman lumut agar batu tersebut bisa seperti nyata di alamnya. Tanaman yang bisa Anda pilih untuk model ini yaitu serpentin ataupun seiryu.

Tags:

Artikel Terkait

Artikel Terbaru