Ikan Hias Tercantik Cocok untuk Dekorasi Aquarium Ruang Tamu

Aquarium adalah salah tempat untuk memelihara ikan hias dan bisa dijadikan dekorasi ruang tamu. Untuk mempercantik akuarium Anda bisa menambahkan beberapa ornamen seperti batu karang, kerikil dan tumbuhan buatan. Tentunya, dengan memilih jenis ikan yang cantik juga bisa menambah keindahannya.

Guppy

Banyak jenis ikan yang bisa Anda pelihara di dalam aquarium, dan salah satunya adalah Guppy. Ikan ini bisa Anda jadikan pilihan isian aquarium karena perawatannya mudah dan tampilannya menarik. Ikan ini mempunyai sirip indah yang terdiri dari beberapa warna.

infoikan.com

Guppy yang berukuran kecil ini juga bisa bertahan dalam aquarium tanpa tambahan oksigen. Rekomendasi jenis ikan Guppy yang bisa Anda pilih contohnya seperti dragon, cobra dan koi.

Molly

Berikutnya, ikan hias yang juga bisa Anda pilih untuk mempercantik aquarium ruangan adalah Molly. Ikan ini mempunyai bentuk seperti balon. Karena itu tidak heran jika orang lebih mengenalnya dengan nama ikan balon. Ikan berbentuk buncit ini dapat Anda beli dengan harga mulai dari 5 ribuan saja.

katadata.co.id

Selain dari segi harga yang cukup murah, kemampuan adaptasi ikan ini juga baik, sehingga bisa Anda cocok dengan ikan yang sudah ada di aquarium rumah. Selain kemampuan adaptasinya yang baik, ikan ini juga cepat berkembang biak. Ikan Molly dapat bertahan di dalam air dengan PH 0.7 sampai 7.8.

Neon Tetra

Jenis ikan lain yang bisa Anda pilih untuk mempercantik isi aquarium adalah Neon Tetra. Ikan berukuran kecil ini memiliki warna yang cantik dan cocok untuk untuk menambah dekorasi aquarium agar lebih berkesan. Terlebih warna yang berada di sisi horizontal ini akan tetap menyala meskipun keadaan gelap.

jenis ikan hias neon tetra

shutterstock.com

Namun, jika tertarik merawat ikan ini, Anda harus menyiapkan kondisi aquarium dengan air PH asam dan suhu tropis. Termasuk dalam jenis ikan omnivora, makanan yang cocok untuk memelihara ikan ini adalah cacing dan serangga kecil.

Koi

Pecinta ikan hias tentu sudah tidak asing lagi dengan nama ikan koi. Jenis ikan ini memiliki banyak varian, warna, dan ukuran. Harga dari ikan ini juga bervariasi, jadi Anda bisa menyesuaikan dengan budget yang dimiliki.

pexels.com

Ikan ini terkenal dengan warna-warnanya yang cantik dan menawan. Konon ceritanya memelihara ikan ini di rumah juga bisa mendatangkan keberuntungan bagi pemiliknya.

Sapu-Sapu

 

sonora.id

ikan yang mempunyai nama ilmiah plecostomus ini mempunyai bentuk mulut seperti penghisap yang unik. Bentuk mulut Sapu-Sapu ini berfungsi untuk membersihkan alga yang terdapat di aquarium. Perawatan ikan ini juga tidak begitu rumit, tetapi ikan ini sulit dikembangbiakan.

Angel Fish

Bingung memilih jenis ikan yang cocok untuk mengisi akuarium di rumah? Anda bisa memelihara ikan Angel Fish dengan ukuran tubuh mulai dari 6 inchi. Ikan hias ini tergolong dalam jenis yang agresif sehingga Anda perlu memperhatikan kondisi meja aquarium jangan sampai terlalu penuh.

twitter.com/fish_lines

Ikan ini memiliki beragam motif dan warna yang dapat Anda pilih berdasarkan selera masing-masing. Termasuk dalam golongan ikan Oscar dan Discus, sebaiknya jika memeliharanya, jangan disatukan dengan ikan berukuran kecil-kecil.

Oscar

Jenis ikan yang cantik ini banyak dicari penggemar ikan karena mempunyai warna menarik dengan harga terjangkau. Ikan ini mempunyai banyak jenis dengan ciri khasnya masing-masing, dan tentunya semuanya indah dan cocok untuk menambah kecantikan aquarium rumah.

minapoli.com

Harga ikan Oscar di pasaran bervariasi dan dijual dari harga mulai dari 30 ribu sampai dengan ratusan ribu rupiah. Perlu Anda ingat, bahwa Oscar adalah golongan ikan agresif, sehingga perlu aquarium yang luas dan tidak mencampurnya dengan jenis ikan lainnya.

Jenong         

Lohan memiliki bentuk kepala jenong. Oleh karena itu, ikan ini dikenal dengan nama jenong. Bagian kepala yang ada benjolan itu ternyata membawa daya tarik tersendiri bagi pecinta ikan hias. Pasalnya, tanda tersebut juga sebagai tanda kelamin dari Lohan.

portal-jember.com

Memiliki warna sisik seperti bentuk bunga juga mempercantik tampilan ikan ini. Lohan di pasaran dibanderol dengan harga jual mulai dari ratusan ribu rupiah. Bagi Anda yang ingin memeliharanya di aquarium, siapkan ukuran dengan tinggi minimal 50 cm. Semakin tinggi ukurannya akan semakin bagus.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru