Cara Membuat Buket Bunga Kekinian untuk Dekorasi Rumah

Buket menjadi salah satu ornamen pelengkap di rumah masa kini. Buket bunga ini bisa dibuat sendiri juga. Cara membuatnya pun mudah. Anda bisa membuatnya dengan konsep kekinian dan modern. Berikut adalah penjelasan terkait proses pembuatannya.

Tentukan Tema Buket

Langkah pertama adalah menentukan tema atau konsep dari buket yang akan dibuat. Proses ini sangat penting untuk dilakukan, baik kalangan pemula maupun profesional sekalipun. Konsep yang jelas dan matang akan memudahkan dalam eksekusi atau produksi buket.

pexels.com

Penentuan tema juga disarankan sesuai dengan warna interior di sekitarnya. Misalnya ruangan Anda dicat menggunakan warna kuning cerah, maka buket yang akan dibuat adalah berbahan dasar bunga krisan putih dan biru. Warna tersebut akan terlihat kontras dan menyatu dengan isi ruangan.

Kuncinya adalah Anda harus menyesuaikan dengan keadaan sekitar. Jangan sampai memaksakan ide yang justru menimbulkan ketidaksesuaian antara buket yang dibuat dengan kondisi di sekelilingnya. Hal itu akan menciptakan perspektif buket justru mengganggu pandangan.

Pilih Bunga yang Sesuai dengan Tema

Cara membuat buket bunga selanjutnya adalah memilih bunga yang sesuai dengan tema. Pemilihan bunga dapat berdasarkan pada bentuk fisik dan aroma bunga yang digunakan.

pexels.com

Misalnya Anda menggunakan konsep kalem dan memiliki kesan elegan, maka dapat menggunakan bunga yang memiliki aroma lembut. Selain itu, usahakan untuk memilih bunga yang berwarna tidak terlalu cerah. Hal ini akan memudahkan Anda dalam meletakkan buket.

Siapkan Bahan Pendukung Lainnya

Setelah bahan utama sudah terseleksi lanjutkan ke tahapan berikutnya, yaitu persiapan bahan pendukung lain. Beberapa elemen pendukung tersebut seperti; kain spunbond, tusuk sate, pita serut, dan kardus bekas. Anda juga dapat menambah ornamen lain sebagai hiasan.

pexels.com

Semua bahan tersebut bisa dibeli di toko aksesoris. Apabila tidak terdapat toko aksesori di sekitar Anda, pesan di Online shop. Selain harga yang lebih murah, Anda juga dapat memilih karena banyak variasi dan pilihan yang tersedia.

Jangan lupa untuk melakukan kalkulasi belanja sebelum membeli semua bahan-bahan tersebut. Hal ini bertujuan untuk efisiensi biaya dan menghindari pembelian yang tidak perlu. Dengan begitu, Anda tetap berhasil membuat buket sesuai dengan keinginan tanpa mengeluarkan banyak dana.

 

Baca Juga : Contoh Background Estetik untuk Ruang Keluarga

 

Siapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Langkah keempat yakni menyiapkan seluruh peralatan yang dibutuhkan. Hal ini sangat penting dalam menunjang proses produksi nantinya. Semakin lengkap peralatan Anda, maka akan semakin cepat pula buket dapat diselesaikan.

pexels.com

Beberapa peralatan yang umumnya digunakan adalah gunting, lem tembak, cutter, double tape, dan kawat putih. Mayoritas alat tersebut dapat Anda beli di toko ATK. Untuk kawat putih, pembelian dapat dilakukan di toko bangunan terdekat.

Buat Buket Sesuai Konsep yang Sudah Dirancang

Cara membuat buket bunga kekinian untuk dekorasi rumah selanjutnya yaitu proses produksi atau pembuatan buket. Potong kain spunbond sesuai dengan keinginan. Sesuaikan ukuran kain dengan tempat peletakannya.

Potong kain berbentuk persegi. Setelah itu letakkan bunga secara sejajar di posisi tengah kain. Untuk mengikat tangkai bunga, Anda bisa menggunakan kawat putih. Selanjutnya, tambahkan hiasan lainnya jika diperlukan.

 

pexels.com

Rapatkan sisa kain di sisi kanan dan kiri tangkai bunga. Usahakan bagian kelopak tetap terlihat utuh dan sempurna dari sisi depan. Selanjutnya, ikat kain yang sudah dirapatkan tadi dengan pita serut. Anda juga bisa menambahkan kawat putih agar ikatan lebih kuat.

Letakkan Pada Posisi yang Strategis

Langkah terakhir dalam membuat buket bunga adalah merapikan bagian-bagian yang belum tertata. Gunakan cutter atau gunting agar lebih mudah dalam proses finishing. Apabila merasa kesulitan, Anda dapat meminta bantuan anggota keluarga lainnya.

pexels.com

Letakkan buket di posisi yang strategis. Disarankan untuk memilih tempat yang berdekatan dengan dinding rumah. Hal ini bertujuan untuk menjadi tumpuan utama dari buket agar berdiri sempurna. Gunakan vas bunga sebagai penahan di kedua sisinya.

Tahapan cara membuat buket bunga kekinian di atas menjadi salah satu referensi dalam mengembangkan ide dan kreativitas dan membuat hunian Anda lebih berwarna. Anda dapat mengeksplorasi ide lebih jauh lagi guna mendapatkan konsep buket terbaik untuk dipajang di hunian keluarga tersayang.

Tags:

Artikel Terkait

Artikel Terbaru