Dekorasi Luar Rumah: Rekomendasi Dan Tips Menatanya

Semua orang tentu ingin mempunyai rumah dengan desain sesuai keinginan. Bukan hanya soal penataan ruang saja, namun dekorasi luar rumah menjadi sisi yang harus diperhatikan. Pasalnya, bagian luar rumah akan mendatangkan kesan pertama bagi setiap orang yang berkunjung.

Berbagai Jenis Dekorasi Luar Rumah yang Bagus

Meski sebagian besar orang berfokus pada bagian dalam rumah saja, namun ternyata bagian luar rumah juga menjadi bagian penting karena menjadi sisi pertama yang orang lihat dari sebuah rumah.

Menambah sedikit dekorasi luar rumah, akan membuat eksterior rumah terlihat menawan. Saat ini, ada banyak jenis dekorasi luar rumah yang sangat diminati. Berikut diantaranya.

Tanaman

Siapa sangka, tanaman bisa menjadi dekorasi untuk luar rumah tanpa ribet. Pemasangan tanaman pun tergolong mudah dan tidak membutuhkan banyak biaya. Pemilik rumah dapat menggunakan berbagai jenis tanaman, seperti tanaman rambat.

Renos.id

Cek produk di Renos!!!

Jika menggunakan tanaman rambat, maka pemilik cukup membiarkan tanaman menjalari tembok dan memangkasnya jika dianggap terlalu panjang. Ada berbagai jenis tanaman rambat yang bisa dipilih, seperti sirih gading, begonia rex, English ivy, morning glory plant, dan black eyed susan vine.

Selain itu, masih ada berbagai tanaman hias untuk mendekorasi bagian luar rumah. Misalnya, sedum morganianum, petunia, portulaca, bird of paradise, caladium, dan masih banyak lagi. Dengan memakai tanaman, tampilan rumah tidak hanya indah, namun juga tampak asri.

Batu Alam

Batu alam kerap dipilih menjadi bahan dekorasi untuk rumah. Bagaimana tidak, penggunaan material ini akan memberi kesan sejuk dan natural. Penggunaan batu alam akan membuat tampilan depan rumah menjadi menawan, meskipun ukuran halaman tidak luas.

Pinterest.com

Seringkali pemilik rumah dengan dekorasi luar rumah berupa batu alam tidak menambahkan dekorasi maupun ornamen lainnya. Alasannya adalah karena tekstur dari batu yang unik sudah mampu memberi tampilan elegan.

Ada banyak pilihan warna dan model dari batu alam. Mulai dari warna putih bercorak hitam hingga warna kecoklatan dengan corak abu-abu. Anda dapat memilih sesuai keinginan setelah mencocokkan dengan cat dinding rumah agar serasi.

Gipsum

Material gypsum pada umumnya digunakan untuk bagian dalam maupun atas rumah. Tapi ternyata, gypsum juga dapat menjadi pilihan dekorasi luar rumah yang tepat karena Anda dapat menentukan sendiri ingin membentuk desain seperti apa pada gipsum.

Pinterest.com

Dengan menggunakan gipsum pada eksterior rumah, maka tampilan rumah akan lebih menawan. Motif maupun desainnya akan menunjukkan ciri khas dari pemilik rumah. Ada berbagai motif yang bisa dipilih. contohnya seperti angsa, bunga, maupun ornamen unik lainnya.

Plat Besi

Belakangan ini, banyak orang memanfaatkan plat besi untuk hiasan bagian depan rumah mereka. Bahkan, plat besi tidak hanya berfungsi sebagai hiasan namun juga sering digunakan untuk pagar rumah.

kpssteel.com

Plat besi dapat dengan mudah diberi ukiran pada permukaannya dengan memanfaatkan teknologi laser cutting. Anda dapat memilih ukiran sesuai keinginan, seperti tanaman, hewan, maupun bentuk abstrak. Bentuk apapun itu tetap akan memberi kesan menarik dan unik untuk bagian depan rumah.

Selain itu, plat besi juga bisa digunakan untuk fasad rumah sehingga rumah akan terlindungi dari paparan panas matahari secara langsung. Jadi, penghuni rumah tidak akan terkena udara panas di samping sirkulasi udara yang juga terjaga.

Kayu

Sejak zaman dahulu, kayu menjadi bahan umum yang digunakan sebagai dekorasi luar rumah. Meski begitu, bukan berarti rumah Anda akan terlihat membosankan. Dengan memberi sedikit sentuhan ornamen saja, rumah akan terlihat indah dan unik.

Pinterest.com

Apalagi jika dekorasi kayu tersebut diberi ukiran dengan motif yang tidak biasa, maka tampilan rumah akan semakin unik dan menarik. Model rumah dengan konsep rustic bak villa di dataran tinggi akan sangat cocok menggunakan kayu pada bagian eksteriornya.

 

Baca Juga : Perkakas Ukur: Pengertian, Kegunaan, dan Jenisnya

 

Tips Menata Dekorasi Luar Rumah

Menata dekorasi luar rumah tentu sangat penting untuk dilakukan semaksimal mungkin agar sisi ini terlihat menarik dan memberi kesan pertama yang baik. Jangan sampai penataannya tidak sesuai, sehingga justru menimbulkan kesan berantakan.

Pemilihan Tema

Langkah pertama saat hendak mulai menata bagian luar rumah adalah dengan menentukan terlebih dahulu terkait tema yang diinginkan. Bagi Anda yang mempunyai rumah dengan desain minimalis, tentu penataan luar rumah harus terlihat simpel, namun menarik.

Selain itu, Anda juga dapat menentukan ingin menjadikan bagian luar rumah berfungsi sebagai ruang hidup atau ruang berolahraga. Jika Anda menginginkan bagian luar rumah terlihat natural, maka menggunakan berbagai tanaman dapat menjadi pilihan.

Namun apabila Anda mempunyai anak kecil, maka bagian luar rumah dapat disulap menjadi taman bermain kecil untuk mengusir rasa bosan sang buah hati. Setelah menemukan tema yang diinginkan, maka selanjutnya Anda akan lebih mudah menemukan jenis dekorasi apa saja yang akan diletakkan.

Pemilihan Warna

Warna menjadi aspek penting untuk setiap bagian rumah. Warna bagian luar rumah yang terlalu mencolok tentu akan mengganggu setiap pasang mata yang melihatnya. Begitu pula jika warna-warna yang dipilih tidak senada.

Bagi pemilik rumah minimalis, warna-warna cerah namun netral dapat menjadi pilihan. Warna cat yang terang namun menenangkan akan memberi kesan modern dan menghadirkan suasana nyaman untuk penghuni rumah maupun tamu yang datang.

Untuk pemilik rumah dengan tema alam, warna coklat dengan sedikit sentuhan warna putih atau abu-abu akan sangat cocok. Kesan natural nan hangat akan sangat terasa ketika melihat bagian luar rumah dengan warna tersebut.

Penambahan Furniture

Tak ada salahnya untuk menambah sedikit furniture pada bagian luar rumah. Contohnya dengan menambahkan kursi kecil maupun meja kecil. Selain berfungsi sebagai tempat melepas penat, dekorasi luar rumah tersebut juga akan menunjang tampilan hunian.

Jika Anda mempunyai bagian luar rumah dengan ukuran luas, menambahkan gazebo kecil untuk bersantai di sore hari juga tidak masalah. Dengan begitu, rumah akan terlihat lebih menarik dan unik.

Menggunakan Aksesoris Tambahan

Pada bagian luar rumah selain dilakukan pemberian warna yang sesuai serta penambahan furniture, Anda juga dapat menambahkan beberapa aksesori tambahan. Ini akan memberikan daya tarik tersendiri terhadap keseluruhan desain yang digunakan.

Misalnya, Anda bisa meletakkan pot tanaman pada beberapa titik halaman rumah dengan warna bunga senada, maupun memasang air mancur mini dan kolam ikan kecil. Suara aliran air akan menghadirkan suasana tenang dan meredam suara berisik dari luar.

Pemasangan patung juga dapat menjadi pilihan. Namun, tentu harus dipastikan peletakannya sesuai dan tidak menghalangi jalan. Ada berbagai model maupun bentuk patung yang dapat dipilih dengan berbagai ukuran, seperti kelinci, anjing, bunga, anak kecil, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa pilihan dan tips dekorasi luar rumah yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan daya tarik hunian. Selebihnya, jika Anda sedang mencari produk berkualitas untuk dekorasi bagian luar hunian, dapatkan kelengkapannya di Renos.id secara mudah.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru