Cara Pasang Lampu LED Strip yang Mudah dan Praktis, Anti Gagal

cara pasang lampu led strip

Memasang LED strip di kamar, kitchen set, hingga sudut atas dinding atau plafon rumah, memang tengah populer karena dinilai dapat membuat hunian terlihat semakin mewah dan modern. Sayangnya, cara pasang lampu LED strip sering kali dianggap rumit, sehingga sebagian orang cenderung menghindarinya.

Apakah Anda termasuk salah satunya? Jangan khawatir, cara memasang lampu LED strip di rumah tidak serumit yang Anda bayangkan, kok! Apalagi, saat ini sudah banyak alat adaptor LED strip yang sangat mudah dan praktis pemasangannya.

Penasaran mau tahu bagaimana cara memasang lampu LED strip yang mudah dan benar? Yuk, simak pembahasan selengkapnya berikut ini!

Cek lampu LED untuk dekorasi rumah Anda di sini!

Cara Pasang Lampu LED Strip dengan Mudah

Berikut langkah cara pasang lampu LED strip di dinding, kitchen set, atau peralatan elektronik seperti TV di rumah.

1. Tentukan Lokasi Pemasangan Lampu

cara memasang lampu led strip di kitchen set

Pinterest.com

Langkah pertama cara pasang lampu LED strip adalah menentukan lokasi pemasangan. Anda bisa pasang lampu LED strip di kamar tidur, kitchen set, ruang tamu, di belakang televisi, atau dinding bagian luar rumah seperti teras dan taman.

Selain itu, perhatikan juga jarak ke stop kontak atau sumber listrik terdekat agar pemasangan kabel lampu strip tidak terlihat berantakan.

Sebagai tambahan, jika Anda berencana memasang LED strip di tempat lembap, seperti kamar mandi atau di luar rumah, pastikan untuk memilih lampu LED anti air atau memiliki tingkat proteksi IP yang cukup tinggi.

Cek produk lampu LED strip anti air untuk indoor dan outdoor di sini!

2. Ukur Panjang Lampu LED Strip yang Dibutuhkan

Setelah tahu lokasi mana yang akan dipasangi lampu, selanjutnya ukur berapa panjang LED strip yang dibutuhkan. Anda bisa gunakan meteran atau alat pengukur lainnya untuk memastikan ukuran yang tepat sesuai dengan lokasi pemasangan.

Ukurlah dengan teliti, karena jika panjang LED strip lebih pendek dari area yang diinginkan, hal ini bisa mengganggu hasil akhir tampilan dekoratif yang diharapkan.

Jika sudah mendapatkan angkanya, belilah lampu strip dengan panjang yang sesuai dengan hasil pengukuran tersebut. Biasanya, lampu LED strip ini banyak dijual dalam bentuk roll dengan panjang sekitar 5 meter.

Oleh karena itu, jika ternyata hasil pengukuran yang didapat lebih dari 5 meter, maka Anda perlu menerapkan sistem penyambungan paralel. Sebab, jika menggunakan sistem sambungan seri, maka cahaya lampu pada roll pertama dan roll berikutnya tidak rata.

Jadikan hunian Anda lebih modern dengan lampu LED Hannochs sensor gerak di sini!

3. Sambungkan LED Strip dengan Adaptor

cara pasang lampu led strip di kamar

Pinterest.com

Beberapa produk lampu LED strip yang dijual di pasaran mungkin tidak menyertakan adaptor yang sudah tersambung pada lampu strip, sehingga Anda perlu menyambungkannya sendiri. Namun, jangan khawatir karena prosesnya tidak terlalu sulit.

Saat melakukan penyambungan, Anda cukup memperhatikan bagian positif dan negatifnya. Pastikan sambungan ini tidak terbalik. Pada proses ini, Anda mungkin memerlukan alat solder listrik tapi bisa juga tidak, tergantung jenis adaptor yang digunakan.

Namun, sebelum menyambungkan LED strip ke adaptor, pastikan Anda sudah memiliki adaptor dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan lampu. Untuk mengetahui hal ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Lampu LED strip biasanya menggunakan tegangan rendah, seperti 12V atau 24V (informasi ini biasanya tertulis pada kemasan lampu). Jika lampu strip Anda memiliki tegangan 12V, maka pastikan adaptor yang dipilih juga mendukung 12V.
  • Setiap meter LED strip membutuhkan sejumlah daya yang dihitung dalam watt (W). Jika lampu tersebut mengonsumsi 10 watt/meter dan Anda ingin memasang 5 meter, maka total konsumsi dayanya adalah 50 watt (10W x 5 meter = 50W).
  • Setelah mengetahui berapa watt yang dibutuhkan, selanjutnya hitung arus (ampere) adaptor yang dibutuhkan. Rumusnya, Ampere = Watt : Volt. Jadi, misalnya untuk lampu LED strip 12V dengan total daya 50W, maka hitungannya: Ampere = 50W : 12V = 4,16A.

Berdasarkan contoh di atas, artinya Anda membutuhkan adaptor yang memiliki arus listrik minimal 4,2A (ampere) untuk lampu LED strip 12V dengan panjang 5 meter (50 watt).

Jika, perhitungan ini dianggap terlalu memusingkan, cara termudahnya Anda bisa lakukan konsultasi dengan penjual saat membeli adaptor. Atau, membeli lampu strip yang sudah terinstall adaptor, jadi Anda tinggal mencolokkan stekernya ke stop kontak.

Miliki lampu LED mini tumblr dengan colokan untuk pemasangan yang lebih mudah. Cek juga produk lampu LED mini warna-warni di sini!

4. Bersihkan Permukaan Tempat LED Strip Dipasang

Sebelum menempelkan LED strip, pastikan untuk membersihkan permukaan tempat lampu akan dipasang. Sebab, permukaan yang kotor, berdebu, atau berminyak dapat membuat lampu sulit menempel dengan kuat.

Gunakan kain bersih atau lap basah yang sedikit diberi cairan pembersih untuk membersihkan area tersebut. Lalu, pastikan permukaan benar-benar kering sebelum lanjut ke cara pasang lampu LED strip yang berikutnya.

Selain di dinding, lampu strip juga dapat dipasang pada permukaan berbahan kayu, plastik, logam, atau vinyl. Hal terpenting, permukaan tersebut harus halus dan tidak bertekstur untuk memastikan lampu bisa menempel sempurna.

Miliki lampu LED hias dengan 8 mode pengaturan di sini!

5. Tempelkan Lampu LED

Selanjutnya, lepas kertas pelindung lem pada bagian belakang lampu LED strip. jika lampu yang dibeli tidak memiliki perekat bawaan, Anda bisa menggunakan lem khusus untuk pemasangan LED strip. Biasanya, banyak orang menggunakan lem Korea G atau lem berbentuk double tape.

Anda bisa melepas pelindung lem tersebut secara perlahan sambil menempelkan lampu ke area yang diinginkan. Ratakan lampu strip dengan tangan dan tekan dengan lembut selama beberapa detik untuk memastikan perekat menempel dengan baik.

Pada proses pemasangan ini, penting untuk memulainya dari ujung yang paling dekat dengan stop kontak yang ingin digunakan. Ini untuk memastikan bahwa kabel adaptor bisa menjangkau lubang stop kontak.

Cek lampu LED hias dengan 8 macam kontrol cahaya di sini!

6. Potong Sisa Lampu Jika Berlebih

cara memasang lampu led strip

Pinterest.com

Jika saat melakukan cara pasang lampu LED strip ternyata panjangnya berlebih, Anda bisa memotong sisa lampu tersebut. Namun, penting untuk diperhatikan bahwa LED strip hanya bisa dipotong di titik-titik yang telah ditentukan oleh pabrikan, biasanya ditandai dengan garis atau simbol gunting.

Potong pada titik yang tepat untuk memastikan lampu tetap berfungsi dengan baik setelah dipotong. Sebaliknya, jika dipotong di sembarang titik, aliran listrik bisa terganggu dan beberapa bagian lampu tidak akan menyala.

Setelah dipotong, Anda juga bisa menggunakan konektor atau penutup ujung lampu LED strip untuk menghindari kerusakan atau korsleting di masa depan.

Temukan produk lampu LED multi color di sini!

7. Colokkan Steker ke Stop Kontak

Langkah terakhir dalam cara pasang lampu LED strip, yaitu mencolokkan steker ke stop kontak. Nyalakan lampu dan periksa apakah semuanya menyala dengan sempurna sesuai harapan, termasuk soal terangnya.

Sebab, jika cahaya strip LED agak lebih redup dari normalnya, kemungkinan itu dikarenakan arus listrik tidak mengalir cukup cepat sesuai yang dibutuhkan oleh lampu sehingga akan meredup atau bahkan mati.

Artinya, spesifikasi adaptor yang digunakan tidak sesuai dengan kebutuhan konsumsi daya dari lampu LED tersebut.

Selain itu, jika Anda menggunakan beberapa roll lampu strip dan ada bagian yang tidak menyala, periksa kembali sambungan atau konektor yang digunakan.

Sebagai tambahan informasi, beberapa LED strip memiliki fitur smart controller yang memungkinkan Anda mengatur intensitas cahaya, warna, atau bahkan efek pencahayaan dari jarak jauh menggunakan smartphone.

Cek produk Hannochs Smart LED Futura 9 watt RGB di sini!

Itulah beberapa cara memasang lampu LED strip ke listrik yang mudah, aman, dan benar. Penggunaan lampu strip sendiri dapat menjadi hiasan dekoratif yang menarik untuk interior rumah Anda agar terlihat lebih mewah dan modern.

Jika Anda sedang mencari produk perlengkapan rumah berkualitas untuk mempercantik hunian, Renos.id adalah solusinya. Dengan pilihan produk yang lengkap, mulai dari lampu LED strip hingga kebutuhan renovasi lainnya, Anda bisa mendapatkan segala yang dibutuhkan dengan harga kompetitif.

Jangan ragu untuk berbelanja di Renos.id dan wujudkan rumah impian Anda dengan produk berkualitas tinggi. Yuk, cek website Renos.id sekarang!

Artikel Terkait

Artikel Terbaru