Cara Pasang Kipas Angin Dinding Sendiri di Rumah, Mudah!

cara pasang kipas angin dinding

Untuk mempelajari cara pasang kipas angin dinding sendiri di rumah, Anda tidak perlu memasang tukang, lho! Karena sebenarnya proses pemasangannya tergolong mudah asalkan Anda mengikuti langkah-langkahnya dengan benar.

Tanpa perlu berlama-lama lagi, yuk simak bagaimana cara pasang kipas angin dinding dalam artikel berikut. Check this out!

Karakteristik Kipas Angin Dinding

Seperti namanya, kipas angin dinding adalah perangkat kipas angin yang dapat Anda pasang di tembok atau dinding. Jenis kipas angin ini memiliki berbagai karakteristik, salah satunya adalah mampu menghemat tempat karena dapat Anda tempel pada area-area sempit.

Selain itu, kipas angin dinding juga memiliki cara penggunaannya yang sederhana dan tidak ribet. Karakteristiknya yang terakhir adalah kemampuannya untuk menggerakkan udara di dalam ruangan untuk membuatnya lebih sejuk.

Cara Pasang Kipas Angin Dinding, Catat Nih!

Berikut paparan langkah-langkah pemasangan kipas angin dinding:

1. Siapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk memasang kipas angin dinding adalah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan. Tahapan ini penting untuk memudahkan proses pemasangan.

Adapun peralatan pemasangan kipas angin dinding yang dibutuhkan adalah:

– Bor Tangan

– Palu

– Masker

– Kacamata

– Fisher Mata Bor

– Obeng

2. Mulai Rakit Kipas Angin

Langkah yang kedua adalah merakit perangkat kipas angin dinding Anda. Caranya adalah dengan membaca buku panduan produk secara seksama.

Sedikit tips, Anda bisa memulai merakit dengan cara memasang baling-baling kipas anginnya terlebih dahulu. Jangan lupa untuk memastikan bahwa baling-balingnya sudah terpasang dengan kuat agar tidak mudah goyah, ya!

3. Tandai Tempat yang Akan Ditempel Kipas Angin Dinding

Langkah ketiga, Anda bisa menandai tempat yang akan dipasang kipas angin dinding. Mulai dari dekat pintu atau dekat jendela.

Di mana pun lokasi pemasangannya tidak masalah selama area itu memang ideal untuk dipasang dan ada pertukaran udara.

4. Pasang Kipas Angin Dinding dengan Hati-hati

Simak baik-baik, ini langkah-langkah cara pasang kipas angin dinding:

– Setelah menandai posisi penyimpanan kipas angin, tandai dua lubang untuk memasang sangkutan kipas angin dinding menggunakan pensil atau buat lubang kecil dengan paku;

– Setelah itu, lubangi dengan menggunakan bor tangan, pastikan lubang tersebut rapi dan tidak ada retakan di sekitarnya;

– Tanam fisher mata bor pada lubang atau tempat sekrup baut akan terpasang;

– Lanjutkan dengan memasang sangkutan atau pengait kipas angin dinding

– Pastikan sangkutan kipas angin telah terpasang kuat karena akan menopang seluruh badan kipas angin dinding;

– Terakhir, cantolkan kipas angin dinding pada pengait yang sudah dipasang dan usahakan agar kipas angin dinding terpasang dengan kuat. Selesai!

Berapa Ukuran Kipas Angin Dinding?

Terdapat berbagai ukuran kipas angin dinding yang dapat Anda temukan di pasaran. Mulai dari ukuran 10 inci yang cocok untuk kamar dengan space yang sangat terbatas. Naik satu ukuran, ada kipas 12 inci yang bisa untuk ruangan kecil.

Kemudian, ada kipas angin dinding berukuran 16 inci untuk kamar berukuran sedang. Terakhir, kipas ukuran 18 inci yang bisa dipasang di area besar karena mampu untuk menghembuskan angin ke seluruh penjuru ruangan. 

Rekomendasi Kipas Angin Dinding untuk Anda!

Setelah mengetahui cara pasang kipas angin dinding, Anda bisa menyimak beberapa rekomendasi produk kipas angin dinding. Penasaran? Baca daftar rekomendasinya yuk!

1. Kipas Angin Dinding 16 Inci COSMOS 16-WFG

Rekomendasi kipas angin dinding yang pertama adalah COSMOS 16-WFG. Dengan kisaran harga mulai dari Rp254.000-an, kipas angin dari brand ternama ini sudah bisa Anda dapatkan.

Beberapa kelebihannya antara lain adalah variasi dan ukurannya yang lengkap. Selain itu, kipas ini juga tahan lama dan memiliki fitur hemat listrik!

Blade kipasnya dirancang khusus untuk menghasilkan embusan angin yang sejuk dan merata ke semua sudut ruangan rumah Anda. Apalagi ada fitur Super Spread yang nyaman serta standar SNI yang membuatnya terjamin aman digunakan. 

Dengan ukuran 16 inci, kipas angin terbuat dari bahan plastik. Dayanya sendiri adalah 46 Watt dengan tegangan kipas 220 Volt.

Ada juga 3 tingkat kecepatan dari kipas angin yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Canggih banget, ya!

2. Kipas Angin Dinding 16 Inci Miyako KAW-1689 Wall Fan RC

Rekomendasi berikutnya adalah Miyako KAW-1689 Wall Fan RC! Sama-sama berukuran 16 inci, kipas angin dari brand Miyako ini pas banget dipakai untuk ruangan berukuran sedang di hunian kesayangan Anda.

Yang menarik, kipas angin seharga Rp319.000-an ini sudah dilengkapi dengan fitur remote control. Sehingga Anda bisa mengaturnya dari jarak jauh!

Poin plusnya lagi, kebutuhan dayanya hanya 35 Watt saja. Tertarik membelinya?

3. Kipas Angin Dinding 16 Inci Twin Dog TD-16WF

Twin Dog TD-16WF menjadi rekomendasi kipas angin dinding yang ketiga! Nah, kipas angin ukuran 16 inci ini dapat menjadi andalan untuk yang memiliki anggaran terbatas.

Dibanderol dengan harga yang sangat ramah di kantong, yaitu kisaran Rp107.000-an saja, Anda sudah bisa menikmati 3 tingkat kecepatan kipas angin yang bisa diatur sesuai kebutuhan. Yaitu ada tingkat kecepatan pelan, medium, hingga kencang. 

Keunggulan lain dari kipas angin dinding Twin Dog ini adalah hemat daya listrik, kebutuhan dayanya hanya sebesar 45 Watt saja. Poin lainnya, suara motornya juga gak berisik, jadi tidak mengganggu pendengaran!

Dengan bobot hanya 2.3 kg, kipas angin dinding ini juga mudah dipindahkan. Kipas angin ini juga bisa masuk wishlist jika Anda mencari kipas angin murah yang tahan lama.

4. Kipas Angin Dinding Wall Fan 18 Inci GMC 518

Butuh mencari kipas angin dinding untuk ruangan yang lebih besar? Kipas angin GMC 518 adalah jawabannya!

Dengan ukuran 18 inci, kipas angin dinding ini dijual dengan kisaran harga Rp199.000-an. Karena bilah kipasnya yang besar, embusan anginnya juga bisa tersebar dengan lebih luas dan merata.

Poin plusnya lagi, Anda hanya butuh daya 75 Watt untuk pengoperasiannya. Dinamonya pun tahan panas dan tahan lama penggunaannya. Menarik!

5. Kipas Angin Dinding 18 Inci Sanex FW-1878

Selanjutnya, ada kipas angin dinding 18 inci dari Sanex! Kipas Angin Dinding Sanex FW-1878 bisa Anda bawa pulang dengan harga berkisar Rp231.000-an.

Ukuran baling-balingnya besar dan terbuat dari besi. Sehingga ideal untuk diletakkan di ruangan yang besar.

Daya listrik yang dibutuhkan untuk pengoperasiannya sebesar 85 Watt dengan tegangannya 220 Volt. Karena terbuat dari kerangka besi dan motor yang terbuat dari kawat tembaga, kipas angin ini awet dan tak mudah rusak.

6. Kipas Angin Dinding 16 Inci Maspion MWF-4001RC Aromatic Wall Fan

Maspion MWF-4001RC Aromatic Wall Fan dilengkapi dengan fitur remote serta Thermofuse Protection yang membuat motor kipas angin tidak mudah panas. Ada juga fitur timer dan sleep mode yang membuat pengguna lebih leluasa memakainya.

Dengan sederet keunggulan seperti kualitas bahan yang awet, operasi yang membutuhkan daya rendah, serta suara senyap, kipas ini dapat menjadi salah satu rekomendasi terbaik untuk Anda.

Berapa harganya? Jika tertarik, Anda bisa menyiapkan budget sebesar Rp409.000-an untuk mendapatkannya.

7. Kipas Angin Dinding 16 Inci Sekai WFN 1627

Terakhir, ada kipas angin dinding 16 inci Sekai WFN 1627! Dikenakan harga Rp229.000-an, kipas ini juga memiliki 3 pengatur kecepatan.

Keunggulan lainnya, kipas angin ini tergolong hemat listrik dan memiliki bobot yang relatif ringan. Kabar baiknya lagi, kipas angin Sekai juga sudah memiliki garansi resmi selama 1 tahun. 

Setelah membaca informasi seputar cara pasang kipas angin dinding dan rekomendasi produknya, apakah Anda merasa terbantu?

Terima kasih telah membaca artikel ini hingga selesai. Yuk, telusuri lagi artikel-artikel menarik dan informatif lainnya pada laman blog kami.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru