Cara Merawat Kaktus Sukulen Yang Tepat

Kaktus sukulen merupakan  jenis tanaman hias yang perawatannya gampang-gampang susah. Tanaman gurun ini memang mampu bertahan di lahan gersang. Tetapi, apabila perawatan yang diberikan tidak tepat,  membuat pertumbuhan tanaman ini tidak seperti yang diharapkan.

Cahaya, Suhu, San Ventilasi

Karena berasal dari gurun, tanaman ini membutuhkan sinar matahari yang cukup. Oleh karena itu, tanaman ini sebaiknya diletakkan di tempat yang terang, yaitu di ruangan yang bisa mendapatkan sinar matahari yang cukup.

kaktus sukulen

shutterstock.com

Meskipun membutuhkan sinar matahari yang cukup, sebaiknya tanaman ini tidak ditempatkan di bawah sinar matahari langsung. Justru sinar matahari yang kuat, akan membuat kaktus jenis ini akan berubah warna menjadi kuning. Cukup taruh di tempat yang cukup sinar mataharinya saja.

Tanaman kaktus juga bisa diletakkan di dalam ruangan, asalkan ruangan mendapatkan sinar matahari cukup serta terdapat ventilasi udara. Ruangan berventilasi akan udara tidak lembab, sehingga bisa maksimal untuk membantu pertumbuhan tanaman.

Pemberian Kompos

Kaktus sukulen juga membutuhkan asupan makanan berupa pupuk. Untuk jenis pupuk, kaktus jenis ini lebih baik diberikan pupuk berupa kompos yang sudah dikeringkan. Sebaiknya, kompos juga diberikan  campuran berupa pasir.

pexels.com

Pemberian pasir ini bertujuan untuk drainase, karena seperti diketahui, kaktus merupakan tanaman gurun dengan habitat pasir berupa pasir kering. Pemberian pasir berguna agar tanah memiliki udara dan tidak terlalu lembab.

Drainase memang sangat penting untuk tanaman kaktus. Tanaman ini sebaiknya ditanam pada pot yang memiliki lubang drainase pada bagian bawah, agar air siraman  bisa keluar dan tanah tidak basah dan lembab

Penyiraman

Penyiraman juga menjadi kunci berhasil tidaknya merawat tanaman kaktus ini. Banyak yang beranggapan, tanaman kaktus ini tidak boleh disiram karena merupakan tanaman gurun. Yang benar, kaktus tetap membutuhkan penyiraman dengan tepat agar bisa tumbuh dengan optimal.

shutterstock.com

Yang perlu diperhatikan, jangan menyiram tanaman ini secara berlebihan. Penyiraman yang berlebihan, akan membuat tanaman ini terhambat pertumbuhannya. Selain itu, jangan menggunakan air ledeng, karena mineral yang dibutuhkan  sudah menumpuk di tanam.

Menyiram Langsung Ke Tanah

Satu hal yang harus diperhatikan dalam menyiram tanaman kaktus ini adalah, siram air langsung ke Tanah, bukan ke bagian tanaman. Siram tanah, sampai air tersebut keluar dari lubang drainase, yang menandakan penyiraman sudah cukup.

Hindari menyiram tanaman kaktus ini dengan menyiram atau menyemprotkan ke bagian tanaman secara langsung. Air yang menempel pada batang, akan membuat akar tanaman rapuh serta tanaman menjadi mudah berjamur.

 

Baca Juga : Desain Rumah Simple Yang Tidak Memakan Banyak Biaya Pembangunan

 

Menyiram tanaman kaktus yang tepat adalah dengan merendam pot di dalam panci yang berisi air. Biarkan pot terendam dan air meresap melalui lubang drainase pada pot.

Setelah permukaan tanah basah, angkat pot dari panci. Penting diperhatikan, saat merendam, jangan sampai bagian tanaman ikut terendam yang membuat bagian tanaman basah.

Perhatikan Serangan Serangga

Serangga merupakan musuh utama kaktus. Oleh karena itu, dalam merawat kaktus sukulen harus memperhatikan  adanya serangan serangga ini. Serangga biasanya menyerang tanaman kaktus yang diletakkan di luar ruangan atau ditanam di halaman.

shutterstock.com

Menghindari serangan serangga bisa dengan cara meletakkan tanaman di dalam ruangan. Tetapi, apabila tanaman sudah diserang, hilangkan telur dan larva dengan cara menyemprotkan alkohol 70 persen pada bagian tanah, bukan pada bagian kaktusnya.

Pemberian Pupuk

Selain kompos, tanaman kaktus ini juga sebaiknya diberikan nutrisi tambahan berupa pupuk. Pupuk yang cocok untuk tanaman ini adalah pupuk Succulent yang bisa dibeli di toko-toko yang menjual pupuk tanaman.

Fungsi pupuk Succulent ini adalah sebagai makanan ekstra bagi kaktus. Pemberian pupuk Succulent bisa dilakukan pada musim semi dan musim panas, karena pada saat ini tanaman membutuhkan energi untuk untuk pertumbuhannya.

pexels.com

Pemberian pupuk Succulent ini juga tidak boleh berlebihan. Pemberian pupuk yang berlebihan, akan membuat pertumbuhan tanaman menjadi terlalu cepat. Akibatnya, tanaman justru akan menjadi lemah, mudah diserang penyakit dan mati.

Kaktus sukulen bisa menjadi tanaman hias yang cantik dan menarik asalkan dirawat dengan benar. Karena pada dasarnya, tanaman ini tidak membutuhkan perawatan yang ekstra. Meskipun demikian, bukan berarti tanaman ini dibiarkan tanpa perawatan.

Tags:

Artikel Terkait

Artikel Terbaru