10 Cara Mengusir Semut yang Ampuh, Cepat, dan Mudah

Cara mengusir semut agar tidak datang lagi di rumah bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama ketika serangga kecil ini mulai muncul dalam jumlah besar dan mengganggu kenyamanan. Meskipun ukurannya kecil, semut dapat menyebabkan ketidaknyamanan, terlebih jika sudah mulai merambah ke area dapur atau tempat penyimpanan makanan.

Untungnya, ada banyak cara efektif yang bisa Anda lakukan untuk mengusir semut merah dan hitam di rumah dengan mudah. Bahan-bahan yang digunakan pun bisa Anda temukan dengan mudah di rumah, dan tidak merepotkan.

Lalu, bagaimana cara mengusir semut dengan mudah, cepat, dan ampuh? Yuk, simak pembahasan selengkapnya berikut ini!

Cara Mengusir Semut Agar Tidak Datang Lagi dengan Mudah

Bingung bagaimana cara menghilangkan semut di tembok atau sudut-sudut lainnya di rumah? Berikut beberapa cara paling ampuh dan mudah untuk Anda coba.

1. Menggunakan Cengkeh

cara mengusir semut agar tidak datang lagi

Pixabay.com

Cengkeh dikenal memiliki aroma yang kuat dan dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mengusir berbagai jenis serangga, termasuk semut. Rempah ini sering digunakan dalam berbagai produk pengusir serangga karena sifat antimikroba dan repellent-nya.

Jika Anda ingin menggunakan cengkeh untuk mengusir semut, ada beberapa metode yang bisa dicoba. Pertama, Anda bisa menaburkan bubuk cengkeh di sekitar jalur semut atau tempat-tempat yang sering menjadi sarang semut.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan cengkeh dalam bentuk minyak. Caranya cukup campurkan beberapa tetes minyak cengkeh dengan air dan semprotkan cairan ini ke area sarang semut. Cara terakhir dan yang paling mudah, Anda juga bisa taruh beberapa cengkeh utuh di area yang sering dilalui semut.

2. Taburkan Ampas Kopi

Selain sering dimanfaatkan sebagai pupuk organik, ampas kopi yang memiliki aroma menyengat juga dipercaya bisa digunakan untuk mengusir semut. Caranya, cukup taburkan ampas kopi di jalur semut atau di tempat-tempat yang ingin Anda lindungi, termasuk di area luar ruangan.

Jika ampas kopi sudah mengering segera ganti dengan yang baru, karena tingkat efektifitasnya dinilai sudah tidak seampuh seperti saat masih basah. Selain itu, hindari juga menaburkannya di banyak tempat karena hal ini justru malah mengundang hama lainnya, seperti kecoa.

3. Semprotkan Cuka Putih

Cuka putih dikenal efektif sebagai salah satu cara mengusir semut merah maupun hitam. Ini dikarenakan cuka putih memiliki aroma yang tajam, yang dapat mengganggu indra penciuman semut. Selain itu, cuka putih juga bersifat asam yang bisa menghilangkan jejak feromon yang ditinggalkan semut.

Jejak feromon sendiri digunakan oleh semut untuk saling berkomunikasi dan menandai jalur, sehingga menghilangkan jejak ini dipercaya dapat membingungkan semut dan mencegahnya datang kembali.

Untuk menggunakannya cukup mudah, caranya cukup larutkan cuka putih dan air dengan takaran 1:1. Lalu, semprotkan larutan ini di sekitar jalur semut, pintu, jendela, atau area lain di mana semut sering muncul.

4. Taburkan Merica, Cabai, atau Lada

cara menghilangkan semut di tembok

Pixabay.com

Merica, cabai, dan lada memiliki sifat pedas dan panas yang tidak disukai oleh semut. Bau pedas dari ketiga rempah ini dipercaya dapat mengusir semut dan mencegahnya datang kembali.

Anda bisa menggunakan salah satunya atau mencampurkan ketiga bahan tersebut dalam bentuk bubuk. Selain itu, Anda juga bisa membuat larutan dengan mencampurkan bubuk tersebut dengan air dan menyemprotkannya di area yang ingin dilindungi.

Namun, pastikan untuk mengaplikasikannya di area yang tidak terjangkau oleh anak-anak atau hewan peliharaan untuk menghindari iritasi. Metode-metode ini dinilai cukup efektif untuk mengusir semut dalam jangka pendek dan untuk infestasi (serangan hama atau parasit) ringan.

5. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih (eucalyptus oil) memiliki aroma yang kuat dan sifat antimikroba yang bisa Anda manfaatkan sebagai cara mengusir semut hitam atau merah. Cara penggunaannya, rendam bola kapas dengan minyak kayu putih, lalu letakkan di area yang sering dilalui semut.

Alternatif lain, Anda juga bisa mencampurkan beberapa tetes minyak kayu putih dan air dengan rasio sekitar 10-15 tetes minyak kayu putih per 250 ml air, lalu semprotkan pada sarang semut atau jalur mereka.

Namun, perlu diperhatikan kembali bahwa aroma minyak kayu putih yang sangat kuat mungkin akan membuat tidak nyaman, terutama jika ada anak-anak atau hewan peliharaan di sekitar.

6. Semprotkan Minyak Peppermint

Minyak peppermint bisa menjadi alternatif cara mengusir semut merah atau hitam yang cukup efektif agar tidak datang lagi, karena memiliki aroma yang kuat dan sifat antimikroba. Untuk cara penggunaannya sangat mudah.

Campurkan beberapa tetes minyak peppermint dengan air dalam botol semprot. Rasio umum yang direkomendasikan adalah sekitar 10-15 tetes minyak peppermint per 250 ml air. Lalu, semprotkan larutan ini di sekitar jalur semut, di sudut-sudut rumah, dan di tempat-tempat lain yang sering dilalui semut.

Selain dapat mengusir semut, aroma peppermint juga dapat memberikan kesegaran pada ruangan Anda.

7. Semprotkan Tea Tree Oil

cara mengusir semut hitam

Pixabay.com

Tea tree oil memiliki sifat antiseptik, anti-inflamasi, antijamur, dan antimikroba, yang juga efektif untuk mengusir semut dan beberapa serangga lainnya, seperti lalat dan nyamuk. Aroma kuat yang dihasilkan dari minyak esensial ini dipercaya ampuh agar semut tidak datang lagi.

Cara mengusir semut menggunakan tea tree oil, yaitu campurkan 10-15 tetes tea tree oil dengan 250 ml air di botol semprot. Kemudian, semprotkan larutan ini pada jalur semut atau sarang mereka. Anda juga bisa menggunakannya di area luar rumah, seperti area taman dan halaman.

Cek berbagai produk perlengkapan halaman dan taman di sini.

8. Semprotkan Air Lemon

Alternatif cara mengusir semut agar tidak datang lagi yang berikutnya yaitu dengan menyemprotkan air lemon. Air lemon memiliki sifat asam yang dapat mengganggu jejak feromon semut dan memberikan aroma yang mengganggu bagi mereka, mirip seperti cuka.

Adapun, cara menggunakan air lemon untuk mengusir semut, yaitu campurkan ½ cangkir jus lemon segar dengan 1 cangkir air. Semprotkan larutan ini di sekitar jalur semut, di tembok, di sudut-sudut rumah, atau di sarang mereka.

Selain metode di atas, Anda juga bisa menaruh beberapa potongan kulit lemon di area yang sering menjadi datangnya koloni semut. Aroma segar dari lemon juga bisa sekaligus menjadi pewangi ruangan alami di rumah Anda.

9. Siram Air Panas

Salah satu cara mengusir semut yang paling sederhana namun efektif adalah dengan menyiram air panas langsung ke sarang semut. Air panas akan membunuh semut dengan cepat dan menghancurkan sarangnya.

Metode ini terbukti sangat efektif untuk sarang semut yang berada di luar rumah atau di tempat-tempat yang mudah dijangkau. Namun, pastikan untuk berhati-hati saat menggunakan metode ini agar tidak merusak area di sekitar sarang atau melukai diri sendiri.

10. Semprotkan Campuran Pembersih Kaca dan Deterjen

cara mengusir semut merah

Pixabay.com

Campuran pembersih kaca dan deterjen dapat digunakan sebagai solusi cepat untuk mengusir semut. Campuran ini akan membunuh semut saat kontak langsung dan juga menghapus jejak feromon yang mereka tinggalkan.

Untuk membuatnya, campurkan cairan pembersih kaca dan detergen cair ke dalam botol semprot. Semprotkan larutan ini pada area di mana semut tampak masuk atau berkumpul. Setelah disemprot, lap area tersebut untuk meninggalkan residu ringan. Ulangi langkah tadi sesering mungkin hingga semut tidak datang lagi.

Cara Mencegah Semut di Rumah

Semut menjadi salah satu serangga yang paling sering ditemukan di rumah dan sangat mengganggu, terutama semut merah yang dapat menyebabkan reaksi gatal pada kulit. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mencegah semut datang dan bersarang di rumah.

Berikut adalah beberapa langkah efektif yang bisa Anda coba lakukan:

  1. Segera bersihkan remah-remah makanan, tumpahan minuman, dan sisa makanan lainnya yang bisa menjadi sumber makanan bagi semut.
  2. Simpan makanan dalam wadah yang tertutup rapat, terutama makanan manis seperti gula, madu, dan roti.
  3. Pastikan tidak ada kebocoran di rumah yang menyebabkan kelembapan berlebih, yang cenderung menjadi tempat berkumpulnya semut.
  4. Tutup celah dan retakan di rumah yang dapat menjadi pintu masuk bagi semut.
  5. Rutin menyapu dan mengepel lantai menggunakan pembersih yang mengandung antibakteri.
  6. Buang sampah secara teratur.
  7. Jaga kebersihan tanaman indoor (jika ada).

Itulah informasi seputar cara mengusir semut agar tidak datang lagi. Mengikuti berbagai cara di atas dapat menjadi langkah ampuh yang bisa Anda coba. Namun, selain itu, penting juga untuk menjaga kebersihan taman dan halaman di rumah untuk meminimalisir datangnya semut ke dalam rumah.

Renos.id bisa Anda pertimbangkan untuk membeli berbagai produk perlengkapan taman dan halaman yang berkualitas dengan harga kompetitif. Mulai dari alat berkebun, perlengkapan pembersih, hingga solusi perlindungan taman dari hama. Tunggu apalagi, cek website Renos.id sekarang!

Artikel Terkait

Artikel Terbaru