9 Cara Alami Mengusir Cicak di Rumah yang Efektif

Keberadaan cicak di dalam rumah cukup menjengkelkan. Kotorannya yang tersebar di mana-mana membuat risih saat melihatnya. Simak daftar alternatif cara mengusir cicak di rumah berikut ini agar tidak ada lagi kotoran hewan merayap tersebut.

Menggunakan Tembakau

Cara pertama yang bisa Anda terapkan adalah dengan menggunakan tembakau. Aroma yang cukup kuat terbukti ampuh dalam mengusir cicak dari dalam rumah. Tidak hanya cicak, semut pun dijamin kabur karena mencium aroma tembakau yang menyengat.

pexels.com

Cara penggunaannya adalah dengan menaruh tembakau sebanyak satu genggam ke dalam plastik. Kemudian, ikat ujung plastik dengan karet atau tali rafia. Setelah itu, lubangi dengan tusuk gigi secara merata agar aroma tembakau keluar. Letakkan di bagian rumah yang banyak ditemui cicak.

Menggunakan Cangkang Telur

Alternatif selanjutnya untuk mengusir cicak yaitu memakai cangkang telur. Bahan baku yang umumnya dibuang tersebut ternyata cukup ampuh dalam mengusir cicak. Oleh karena itu, kumpulkan kulit telur yang Anda konsumsi setiap hari.

pexels.com

Cara penggunaannya adalah dengan menumbuk cangkang telur sampai berbentuk serpihan seperti tepung. Masukkan tepung cangkang tersebut ke dalam plastik. Lubangi plastik dengan tusuk gigi atau jarum untuk mengeluarkan aromanya. Bau amis dari cangkang telurlah yang  tidak disukai oleh cicak.

Menggunakan Bulu Merak

Cara mengusir cicak di rumah nomor 3 terbilang cukup unik. Corak pada bulu merak memiliki kemiripan dengan burung pemangsa cicak di alam liar. Oleh sebab itu, cicak akan menghindari bulu merak karena bulu tersebut dikira predator.

pexels.com

Anda dapat membeli bulu merak di Online shop atau pembudidaya merak. Setelah itu pasang di tempat cicak biasanya muncul. Cara ini terbukti efektif dan digunakan oleh banyak orang untuk mengusir cicak yang berada di dalam rumah.

Menggunakan Merica, Bawang Merah, dan Bawang Putih

Bumbu dapur seperti merica, bawang merah dan bawang putih memiliki aroma yang cukup menyengat seperti tembakau. Bau tersebut dapat Anda gunakan sebagai pengusir cicak dari rumah. Tentunya bumbu dapur tersebut tidak bisa langsung digunakan.

pexels.com

Cara pembuatan racikannya adalah tumbuk atau haluskan ketiganya sampai benar-benar halus. Setelah itu masukkan bumbu tadi ke dalam botol air. Tambahkan sedikit air untuk memudahkan aroma lebih cepat keluar. Jadikan air tersebut sebagai cairan semprotan ke tempat cicak berdiam.

Menggunakan Bubuk Kopi

 

pexels.com

Bubuk kopi ternyata juga dapat digunakan sebagai bahan untuk mengusir cicak di rumah. Cara pengaplikasiannya pun sangat mudah dan sederhana. Anda cukup menaburkan bubuk kopi di area cicak bersembunyi dan menampakkan diri. Bau kopi akan membuat cicak pergi.

 

Menggunakan Lada Hitam

 

pexels.com

Penggunaan lada hitam sebagai pengusir cicak dari rumah sama dengan bubuk kopi. Anda hanya perlu menaburkan lada hitam ke seluruh area yang biasanya digunakan cicak untuk menampakkan diri. Bau menyengat dari lada hitam akan membuat cicak cenderung menghindari dan pergi.

Menggunakan Larutan Deterjen atau Air Sabun

Apakah Anda sudah mengetahui informasi mengenai penggunaan deterjen atau air sabun sebagai pengusir cicak sebelumnya? Meskipun hanya menggunakan bahan sederhana tersebut, cara ini terbukti ampuh dalam mengusir cicak.

pexels.com

Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan deterjen atau sabun dengan air secukupnya. Masukkan campuran tersebut ke dalam botol. Selanjutnya, Anda cukup menyemprotkan cairan deterjen ke tubuh cicak yang sedang menampakkan diri.

Menggunakan Kapur Barus

Kapur barus identik dengan baunya yang harum dan menyengat. Bau tersebut membuat banyak hewan lebih memilih untuk menghindarinya. Anda dapat menggunakan kapur barus sebagai pengusir cicak dari dalam rumah.

pinterest.com

Cara penggunaannya pun cukup sederhana. Letakkan kapur barus di sela-sela ventilasi udara atau tempat cicak menampakkan diri. Selain itu, Anda dapat menggantung kapur barus di beberapa sudut rumah untuk mengusir cicak. Lihat perubahan tersebut beberapa hari setelah pemasangan.

Menggunakan Obat Nyamuk Semprot

Cara mengusir cicak di rumah menggunakan obat nyamuk semprot dinilai lebih praktis dan efektif. Anda cukup membeli obat nyamuk semprot di toko kelontong atau minimarket terdekat. Kemudian, gunakan obat tersebut untuk menyemprot cicak yang menempel di dinding.

pexels.com

Cairan anti serangga atau bahan kimia di dalam obat nyamuk akan membuat cicak keracunan dan segera pergi. Hal ini akan menimbulkan efek domino terhadap cicak lainnya sehingga perlahan rumah Anda bersih dari cicak.

Tags:

Artikel Terkait

Artikel Terbaru