10 Cara Mengusir Burung Gereja yang Ampuh, Rumah Anti Kotor!

cara mengusir burung gereja di rumah

Cara mengusir burung gereja di rumah bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama jika burung-burung kecil ini telah terbiasa bersarang di atap atau ventilasi rumah Anda. Tidak hanya menyebabkan kebisingan, burung gereja juga sering kali meninggalkan kotoran yang dapat berbahaya untuk kesehatan manusia.

Tak hanya itu, burung berukuran mungil yang terlihat jinak ini juga cenderung suka merusak properti rumah, sehingga dapat merugikan pemiliknya. Itulah mengapa, burung gereja memang tidak disarankan untuk dipelihara sebagai hewan peliharaan. Terlebih jenis burung ini juga memiliki tingkat adaptasi tinggi terhadap lingkungannya.

Lalu, bagaimana cara mengusir burung gereja yang ampuh? Anda bisa temukan jawabannya lewat pembahasan selengkapnya berikut ini!

Cara Mengusir Burung Gereja di Rumah

Apa yang tidak disukai burung gereja? Anda mungkin memiliki pertanyaan yang sama untuk membasmi burung liar ini. Jangan khawatir, berikut beberapa tips cara membasmi burung gereja di rumah atau tempat lainnya yang ingin Anda lindungi dari kehadiran hewan ini.

1. Singkirkan Sumber Makanan

cara mengusir burung dari rumah

Pixabay.com

Burung gereja biasanya tertarik datang ke rumah karena adanya sumber makanan yang mudah diakses. Oleh karena itu, untuk mengusir hewan ini, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyingkirkan sumber makanan yang mungkin ada di sekitar rumah Anda.

Pastikan tidak ada remah-remah, biji-bijian, atau makanan burung peliharaan Anda yang terbuka di halaman atau area teras rumah. Selain itu, bersihkan juga meja, lantai, dan tempat sampah secara rutin untuk mencegah burung gereja mendapatkan makanan.

2. Gunakan Predator Palsu

Salah satu cara mengusir burung gereja yang efektif adalah dengan menggunakan predator palsu, seperti burung elang, burung hantu, atau ular mainan. Letakkan mainan di area yang sering didatangi burung gereja, misalnya atap rumah, balkon, atau taman.

Kehadiran predator palsu ini bisa membuat burung gereja takut dan merasa tidak aman, sehingga mereka akan pergi. Untuk hasil yang lebih efektif, Anda bisa memilih predator palsu yang bisa bergerak atau memiliki mata berkilau agar tampak lebih nyata.

Penting juga untuk mengganti atau memindahkan posisi predator palsu secara berkala agar burung gereja tidak terbiasa dan menyadari bahwa itu bukan ancaman nyata.

3. Oleskan Obat Nyamuk

Alternatif cara mengusir burung gereja di rumah atau area lainnya, yaitu dengan mengoleskan obat nyamuk di tempat yang sering mereka datangi. Bau yang menyengat dan bahan kimia yang terkandung dalam obat nyamuk dapat membuat burung merasa tidak nyaman dan akhirnya pergi.

Anda bisa mengoleskan obat pengusir burung gereja ini di jendela, kusen pintu, atau area lain yang sering dihinggapi burung. Pastikan untuk tidak mengoleskan obat nyamuk pada permukaan yang mungkin terkena air hujan agar efektivitasnya tetap terjaga.

Selain itu, perlu dipahami juga bahwa penggunaan obat nyamuk yang mengandung bahan kimia secara berlebihan dan terlalu sering, mungkin bisa berpotensi merusak cat dari objek tersebut.

4. Musnahkan Sarang Burung Gereja

cara mengusir burung di atap rumah

Pixabay.com

Salah satu kemungkinan alasan burung gereja sering kembali ke rumah Anda adalah karena adanya sarang burung yang mereka buat di sekitar rumah. Maka dari itu, Anda perlu memusnahkannya agar hewan bersayap ini tidak kembali lagi.

Burung biasanya membuat sarang mereka di sekitar atap, lubang ventilasi, atau area tersembunyi lainnya di rumah. Saat memusnahkannya, pastikan Anda menggunakan alat pelindung seperti sarung tangan dan masker untuk menghindari kontak langsung dengan kotoran burung yang dapat membawa penyakit.

Setelah sarang dibersihkan, tutup akses ke area tersebut dengan jaring atau bahan lain yang sulit ditembus oleh burung.

5. Pasang Water Sprinkler

Water sprinkler atau alat penyiram otomatis bisa menjadi solusi ampuh cara mengusir burung gereja. Sprinkler yang aktif otomatis saat mendeteksi gerakan, dapat memberikan efek kejut bagi burung dan membuat mereka pergi, serta menghindari area tersebut di kemudian hari.

Selain dapat mengusir burung, water sprinkler juga bisa berguna untuk menyiram tanaman Anda, sehingga dapat memberikan manfaat ganda. Cek produk perlengkapan halaman dan taman di sini!

6. Pasang Jaring Burung

Agak sedikit lebih merepotkan, tetapi cara mengusir burung gereja menggunakan jaring ini diketahui sangat efektif. Memasang jaring burung adalah langkah fisik yang dapat mencegah burung masuk ke area tertentu, termasuk halaman rumah Anda.

Pilihlah jaring dengan lubang yang cukup kecil agar burung gereja tidak dapat menembusnya, dan pastikan jaring dipasang dengan kuat agar tidak mudah terlepas. Anda bisa memasangnya di balkon, atau ventilasi yang sering dimasuki burung.

7. Takuti dengan Pantulan Cahaya

burung gereja takut apa

worldbirds.com

Seperti banyak burung lainnya, burung gereja juga cukup sensitif terhadap pantulan cahaya. Ini bisa membuat burung gereja merasa tidak nyaman atau terganggu, sehingga akan menjauhi sumber pantulan cahaya.

Adapun cara mengusir burung gereja dengan pantulan cahaya bisa dilakukan dengan meletakkan cermin kecil atau permukaan mengilap lainnya di sekitar area yang ingin dijaga dari gangguan burung, seperti di tanaman dan pohon yang sedang berbuah.

8. Gunakan Kapur Barus

Kapur barus atau kamper bisa juga Anda gunakan sebagai pengusir alami karena baunya yang menyengat dan tidak disukai burung. Efektivitas kapur barus ini dipercaya bisa bertahan cukup lama, tapi perlu juga diganti secara berkala agar bau menyengatnya tetap terjaga dan berfungsi optimal.

Letakkan kapur barus pengusir burung gereja di area yang sering dihinggapi, seperti di atas kusen jendela, atap, atau tempat bersarangnya. Selain itu, pastikan kapur barus ditaruh di lokasi yang aman dan tidak mudah jatuh atau dijangkau oleh anak-anak maupun hewan peliharaan.

9. Gunakan Bunyi Gelombang Ultrasonik

Alat pengusir burung berbasis gelombang ultrasonik atau dikenal sebagai bird repeller dipercaya menghasilkan suara yang ditakuti burung gereja.

Alat ini bekerja dengan memancarkan suara berfrekuensi tinggi yang tidak terdengar oleh manusia, tetapi sangat mengganggu burung. Letakkan bird repeller di area yang sering didatangi burung dan sesuaikan frekuensi serta volumenya sesuai kebutuhan.

10. Gunakan Perangkap Burung

cara mengusir burung gereja dari plafon rumah

wikimedia.org

Jika burung gereja sudah terlalu banyak dan sulit dikendalikan, perangkap burung bisa menjadi solusi terakhir cara mengusir burung gereja dari rumah atau tempat lainnya.

Terdapat beberapa jenis perangkap yang bisa Anda gunakan. Mulai dari perangkap yang hanya menangkap burung untuk kemudian dilepas di tempat lain, hingga perangkap yang lebih permanen dengan tujuan untuk mengurangi populasinya.

Pilih perangkap yang sesuai dengan kebutuhan Anda, dan letakkan perangkap di area yang sering dihinggapi burung gereja.

Itulah beberapa cara mengusir burung gereja yang dikenal ampuh untuk Anda coba. Sementara itu, bagi Anda penggemar burung sebagai hewan peliharaan, Renos.id bisa dipilih sebagai solusi untuk belanja berbagai keperluan hewan peliharaan Anda.

Mulai dari pakan burung, sangkar, dan produk lainnya yang berkualitas dengan harga kompetitif. Cek website Renos.id sekarang!

Artikel Terkait

Artikel Terbaru