Ketahui 13 Cara Menghilangkan Karat pada Besi dengan Mudah di Sini!

menghilangkan karat

Karat adalah satu masalah umum yang sering terjadi pada kehidupan sehari-hari. Seringkali karat muncul pada benda-benda kesayangan kita di rumah. Namun, Anda tidak perlu mengkhawatirkannya lagi, karena dalam artikel kali ini kita akan mempelajari bersama bagaimana cara menghilangkan karat pada besi. Semua tipsnya mudah dan bisa Anda coba praktikkan sendiri di rumah. Selamat membaca!

Apa Itu Karat?

Karat adalah keadaan yang sebuah kondisi membuat besi terkena korosi. Korosi ini terjadi akibat dari proses oksidasi yang menghasilkan residu berwarna kekuningan dengan bau logam.

Korosi yang juga sering disebut sebagai karat ini terjadi ketika terdapat uap air atau udara di lingkungan sekitar benda tersebut.

Ini Hal-hal yang Menyebabkan Munculnya Karat pada Besi

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kemunculan karat pada besi. Apa saja faktornya?

1. Adanya zat pengotor

Alasan pertama terbentuknya karat pada besi adalah adanya zat pengotor. Kotoran-kotoran ini dapat mempercepat proses kerusakan atau reduksi tambahan.

Hal ini menyebabkan logam mengalami oksidasi. Contohnya adalah sisa debu karbon hasil pembakaran bahan bakar minyak. Zat tersebut dapat mempercepat reaksi reduksi yang memicu terjadinya karat pada besi.

2. Tempat dengan atmosfer yang lembab

Faktor kedua yang berkontribusi terhadap korosi atau karat pada besi adalah kelembaban udara. Penting untuk diperhatikan bahwa suhu udara yang tinggi dapat mempercepat korosi pada besi.

Mengapa hal itu bisa terjadi? Karena peningkatan suhu udara menyebabkan bertambahnya ukuran partikel dengan energi kinetik, sehingga berdampak pada proses karatan pada besi.

Pembentukan karat juga memerlukan adanya air.  Sebab itu, alasan penting terjadinya karat internal pada pipa besi adalah kondensasi uap air ke permukaan besi. Adanya uap air ini akan mempercepat proses pengkaratan secara signifikan.

3. Munculnya elektrolit

Selanjutnya, faktor umum ketiga yang berkontribusi terhadap karat besi adalah adanya elektrolit. Elektrolit, biasa disebut asam atau garam, yang akan memfasilitasi transfer muatan yang efisien. Oleh karena itu, tidak heran jika besi lebih rentan berikatan dengan oksigen di atmosfer dengan adanya zat ini.

Penting untuk diperhatikan bahwa air hujan seringkali mengandung unsur asam, sedangkan air laut mengandung garam. Dan, keduanya berkontribusi terhadap proses karatan pada besi.

13 Cara Menghilangkan Karat pada Besi, Mudah untuk Dicoba!

Kita sampai ke pembahasan utama yaitu cara menghilangkan karat pada besi. Berikut tips & trik yang bisa kamu coba dengan mudah di rumah:

1. Manfaatkan air cuka

Cara menghilangkan karat yang pertama adalah dengan memanfaatkan cuka putih. Bahan ini terbukti sangat efektif menghilangkan karat pada berbagai benda berbahan logam, terutama besi.

Cuka putih tidak cuma mampu menghilangkan karat secara langsung, tapi juga dalam jangka panjang atau bahkan permanen. Selain efektivitasnya yang luar biasa, penggunaan cuka dalam proses menghilangkan karat pada besi relatif sederhana untuk dicoba.

Bagaimana cara menggunakannya? Anda cukup merendam benda logam berkarat dalam wadah berisi cuka semalaman. Lalu, gosok karat pada besi dengan memakai wol baja atau sikat kawat.

Apabila masih ada sisa bekas karat setelah direndam dan digosok, Anda bisa mengulangi lagi prosesnya. Memang ada beberapa kondisi di mana karat pada besi susah dihilangkan, terutama apabila usia karat tersebut sudah cukup lama.

Yang terpenting, setelah semua bekas karatnya hilang, Anda perlu membersihkannya menggunakan sabun dan air. Nah, di langkah terakhir, tinggal keringkan besi atau logam secara menyeluruh, ya!

2. Gunakan ramuan dari soda kue (Baking Soda)

Metode lain untuk menghilangkan karat adalah dengan memakai ramuan dari soda kue. Trik ini juga cukup populer lho! Ada banyak orang yang sudah mencoba menggunakan soda kue sebagai bahan utama untuk menghilangkan karat pada besi.

Cara menghilangkan karat pada besi memakai baking soda juga  relatif mudah. Pertama-tama, campurkan air dengan baking soda sampai membentuk pasta yang kental. Kemudian, Anda bisa mengoleskannya ke area besi yang berkarat.

Saat menggunakan soda kue untuk menghilangkan karat, pastikan kalau Anda mengoleskannya secara menyeluruh. Tunggu hingga sekitar satu jam atau lebih, tergantung pada tingkat keparahan karatnya.

Setelah itu, jangan lupa untuk menggosok karatnya menggunakan sikat kawat dengan kuat pada semua bagiannya. Terakhir, bilas sisa baking soda dengan air dan keringkan besi.

3. Pakai kombinasi lemon dan garam

Kombinasi lemon dan garam menjadi bahan untuk menghilangkan karat yang selanjutnya. Mengapa bisa begitu? Karena kandungan asam yang ada pada lemon bisa mengangkat karat yang membandel pada besi.

Namun, lemon tetap membutuhkan bahan tambahan lainnya seperti garam untuk membuatnya bekerja secara efektif. Kombinasi kandungan asam pada lemon serta abrasivitas garam mampu membersihkan titik-titik karat pada besi.

Prosesnya dimulai dengan melumuri setiap bagian berkarat dengan garam. Kemudian, peras lemon di atas lapisan garam pada besi. Tunggu hingga garam dan lemon tercampur merata selama kurang lebih dua jam.

Kemudian, seperti cara-cara sebelumnya, Anda bisa menggosok bagian berkarat menggunakan kulit lemon. Atau, jika karatnya sudah tergolong membandel, gunakan sikat kawat yang juga keras.

Langkah terakhir, bilas residu lemon dan garam menggunakan air hingga bersih. Voila!

4. Rendam besi pada air campuran kentang dan sabun cuci piring

Metode berikutnya cukup konvensional, Anda bisa menghilangkan karat pada besi dengan menggunakan sabun pencuci piring dan kentang. Teknik ini sangat aman untuk dicoba sendiri di rumah.

Mulai dengan memotong kentang menjadi dua bagian, lalu oleskan sabun cuci piring ke area besi yang berkarat. Kemudian, gosokkan dengan kentang sampai semua bekas karatnya hilang.

Setelah dirasa cukup, Anda bisa membilasnya dan mengeringkannya lagi. Mudah bukan?

5. Gunakan Asam Sitrat

Anda bisa membeli asam sitrat di toko bahan kue atau supermarket, kemudian menggunakan bahan ini untuk menghilangkan karat pada besi di peralatan rumah tangga Anda. Apakah Anda sudah mengetahui trik ini?

Cara menghilangkan karat pada besi menggunakan asam sitrat dimulai dengan mencampurkan air hangat dengan asam sitrat. Kemudian, rendam besi berkarat selama 30 – 60 menit.

Setelah proses perendaman, titik-titik karat pada besi akan melunak. Anda bisa menggunakan sikat atau sabut kawat untuk menggosok bagian berkarat tersebut sampai menghilang.

6. Manfaatkan oli bekas

Apakah Anda punya oli bekas yang sudah tidak terpakai? Anda juga bisa menggunakannya sebagai cara untuk menghilangkan karat pada besi, lho!

Anda hanya perlu mengoleskan oli bekas pada bagian besi yang berkarat saja. Oli bekas bisa meluruhkan noda dan bercak kehitaman pada karat.

Tetapi, jangan lupa untuk mengenakan sarung tangan ya agar tangan tidak kotor selama proses pembersihan karat ini.

7. Pakai cairan stempet

Bahan lain yang terbukti ampuh menghilangkan karat pada besi, khususnya besi sepeda motor, adalah stempet atau gemuk. Bahan ini memiliki konsistensi padat seperti gel.

Stempet umumnya dipakai untuk pelumas suku cadang pada motor. Namun, sama halnya dengan oli bekas, stempet  juga efektif menghilangkan karat.

8. Gunakan cairan pembersih keramik

Cara menghilangkan karat pada besi yang berikutnya adalah menggunakan cairan pembersih keramik. Ini juga bisa Anda coba di rumah!

Panduan pemakaiannya cukup mengoleskan pembersih keramik pada titik-titik karat pada besi saja. Diamkan sebentar, lalu gosok dengan sikat sampai karat terangkat.

9. Oleskan pasta gigi

Pasta gigi adalah salah satu bahan yang mudah Anda temukan di rumah untuk digunakan sebagai cara menghilangkan karat pada besi. Anda bisa mengoleskannya pada bagian yang berkarat, diamkan selama beberapa menit, lalu gosok menggunakan lap kain.

Namun, cara ini tentunya tidak instan, ya! Anda perlu melakukannya secara berulang dan berkala hingga karat dapat hilang sepenuhnya.

10. Gosok pakai minuman soda dan alumunium foil

Minuman soda atau berkarbonasi juga cocok dipakai sebagai bahan untuk menghilangkan karat pada besi. Untuk penggunaannya, Anda juga memerlukan alumunium foil.

Langkah pertama, basahi bagian karat dengan minuman soda, lantas gosok karat dengan alumunium foil. Terakhir, Anda bias membilasnya dengan air hingga kandungan asam soda hilang dari besi.

11. Pakai cairan bensin

Tahukah Anda, bahwa Anda bisa menggunakan bensin sebagai cara menghilangkan karat pada besi? Terutama bensin jenis solar atau Pertamax Plus.

Kedua cairan bensin ini bisa jadi penghilang karat karena oktannya paling tinggi. Penggunaannya pun mudah, Anda hanya perlu mencampurkan keduanya dengan perbandingan 1:2.

Langkah berikutnya, tinggal oleskan campuran tersebut ke bagian besi yang berkarat dan gosok dengan sikat gigi atau sikat kawat.

Meski mudah, Anda perlu berhati-hati dalam penggunaannya ya. Sebab, ramuan ini termasuk mudah terbakar.

12. Gunakan amplas

Amplas adalah salah satu barang yang paling sering dipakai untuk menghaluskan serbuk kayu. Namun, ternyata barang ini juga bisa digunakan untuk cara menghilangkan karat pada besi!

Anda bisa gosokkan bagian keras amplas pada titik karat pada besi. Gosok dengan keras sampai semua karatnya bersih..

13. Gunakan cairan pembersih karat (Rust Remover)

Nah, cara terakhir untuk menghilangkan karat adalah menggunakan cairan khusus untuk membersihkan karat atau rust remover. Anda bisa merendam besi berkarat selama 15 menit hingga 8 jam tergantung usia karat itu sendiri. Kemudian, gunakan sikat kawat untuk mengangkat seluruh karatnya.

Trik ini bisa jadi jalan pintas untuk menghilangkan karat pada besi. Rust remover bisa dibeli pada supermarket.

Pada artikel di atas kita telah membahas cara menghilangkan karat pada besi serta penyebab kemunculannya. Semoga trik-trik di atas bisa Anda aplikasikan dengan mudah!

 

Artikel Terkait

Artikel Terbaru