9 Cara Mengetahui CCTV Tersembunyi, Bisa Pakai Ponsel!

cara mengetahui cctv tersembunyi

Apakah Anda penasaran bagaimana cara mengetahui CCTV tersembunyi? Informasi ini dapat berguna terutama ketika Anda sedang mengunjungi tempat penginapan baru.

Pasalnya, ada banyak oknum yang menyalahgunakan kamera atau CCTV tersembunyi untuk merekam sesuatu secara diam-diam. Apabila Anda mengkhawatirkan hal tersebut, yuk simak cara-cara mengetahui CCTV tersembunyi dalam artikel berikut ini. Check this out!

Manfaat dari Kamera atau CCTV Tersembunyi

Pertama-tama Anda perlu mengetahui bahwa perangkat CCTV tersembunyi sebenarnya juga punya manfaat-manfaat tertentu. Salah satunya adalah sebagai pengawas visual untuk menangkap calon penjahat sebelum melakukan aksinya. Nah, nantinya rekaman video dari CCTV tersembunyi tersebut dapat menjadi bukti kejahatan.

Biasanya jenis kamera khusus ini juga populer disebut sebagai kamera pengintai, kamera mata-mata, atau kamera rahasia.

Berbagai Bentuk Kamera atau CCTV Tersembunyi

Ada berbagai bentuk kamera atau CCTV tersembunyi. Pada umumnya, bentuknya memang sengaja disamarkan menjadi objek lain agar tidak diketahui oleh orang-orang.

Bentuk-bentuk penyamaran kamera atau CCTV tersembunyi adalah sebagai berikut:

1. Casing detektor asap tiruan

2. Sensor alarm pemadam api

3. Vas bunga

4. Benda-benda umum lainnya

Cara Kerja Kamera atau CCTV Tersembunyi

Cara kerja kamera atau CCTV tersembunyi adalah dengan menggunakan koneksi nirkabel. Sehingga kamera akan mengirim audio atau video dalam jarak 100 meter tanpa halangan.

Oleh karena itu, untuk menyaksikan rekamannya Anda tidak harus berada di dalam ruangan yang sama. Dengan teknologinya, kamera atau CCTV tersembunyi akan mengirim sinyal ke komputer dan merekamnya langsung ke hard drive.

Bahkan, beberapa model kamera mata-mata atau kamera tersembunyi keluaran terbaru juga dapat merekamnya langsung ke kartu SD untuk menghemat storage penyimpanan, lho!

Berbagai Penyalahgunaan Kamera atau CCTV Tersembunyi

Seperti yang telah disinggung di atas, ada banyak oknum jahat yang menyalahgunakan kamera atau CCTV tersembunyi. Contohnya, meletakkannya pada gantungan baju kamar mandi atau kamar ganti umum.

Tindakan ini dapat menjadi salah satu tindakan yang melanggar norma dan hukum. Serta, membuat orang-orang merasa tidak nyaman.

Cara Mengetahui CCTV Tersembunyi, Penting Nih!

Ada berbagai cara mendeteksi atau mengetahui CCTV tersembunyi. Simak di sini!

1. Perhatikan Lingkungan Sekitar

Cara pertama untuk mengetahui CCTV tersembunyi adalah dengan mengobservasi atau memerhatikan kondisi lingkungan sekitar. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui apakah ada objek atau barang tertentu yang terlihat mencolok. Bisa jadi karena posisinya janggal atau terlalu mengkilap dibandingkan objek-objek di sekitarnya.

2. Coba untuk Mematikan Lampu

Selanjutnya, Anda bisa mengetahui CCTV tersembunyi dengan cara mematikan lampu pada ruangan. Kemudian, gunakan senter ponsel untuk memeriksa keadaan ruangan tersebut.

Ketika menyalakan senter, lensa kamera ponsel Anda akan membantu memantulkan cahaya. Bahkan untuk cahaya dengan ukuran yang sangat kecil!

Ketika ada kamera atau CCTV tersembunyi di dalam ruangan gelap, akan ada cahaya yang terpantul. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah menangkap sumber pantulan cahaya tersebut.

3. Pakai Detektor Frekuensi Radio

Langkah berikutnya untuk mengetahui CCTV tersembunyi adalah dengan menggunakan detektor frekuensi radio atau RF detector! Alat ini cukup efektif lho untuk mendeteksi barang-barang yang tidak tampak oleh mata telanjang.

Khususnya, perangkat-perangkat umum yang memiliki fitur bluetooth, contohnya: ponsel, laptop, dan sebagainya.

4. Gunakan Juga Detektor Lensa Kamera

Selain itu, Anda juga bisa memakai detektor lensa kamera khusus sebagai cara lain mengetahui CCTV tersembunyi. Yang perlu Anda ketahui, sebagian besar kamera akan mengirimkan gelombang tertentu, tapi ada juga yang tidak membutuhkan gelombang radio.

Karena itulah, alat detektor frekuensi radio mungkin tidak bisa dimanfaatkan untuk mengidentifikasi kamera CCTV tersembunyi dengan model seperti itu.

Tapi, tenang saja, karena Anda tetap bisa menggunakan detektor lensa kamera khusus! Bagaimana cara kerjanya? Anda cukup mencari tahu mengenai karakteristik pantulan cahaya dari lensa kamera atau CCTV tersembunyi.

Ketika sensornya menyala dan berbunyi, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memeriksa area yang mencurigakan untuk menemukan kamera atau CCTV tersembunyi tersebut di dalam ruangan.

5. Singkirkan Objek atau Alat-alat yang Mencurigakan

Setelah mengobservasi kondisi ruangan, lalu Anda mencurigai keberadaan beberapa benda, Anda bisa langsung menyingkirkan objek tersebut.

Contohnya, pada area toilet umum yang paling sering para oknum jangkau. Untuk bisa menghindari risiko kejahatan direkam secara diam-diam di toilet, Anda bisa meletakkan perabotan mencurigakan pada luar ruangan atau menutupinya dengan benda-benda lainnya.

Tak hanya itu, Anda juga bisa meletakkan perangkatnya pada laci atau area-area tertutup lainnya. Dengan cara ini, Anda juga dapat menyelamatkan orang lain yang mungkin akan menggunakan bilik toilet yang sama. Ingat baik-baik cara ini, ya!

6. Coba Manfaatkan Kamera Depan Ponsel

Cara mengetahui CCTV tersembunyi yang berikutnya adalah menggunakan kamera ponsel. Ketika Anda masuk ke ruangan, Anda bisa menyalakan kamera depan ponsel.

Baik kamera depan ponsel atau kamera CCTV biasanya akan sama-sama memancarkan sinar infra merah. Sehingga, Anda bisa lebih mudah untuk menemukan keberadaan kamera CCTV tersembunyi ini.

7. Nyalakan Flash Ponsel

Masih menggunakan perangkat ponsel yang pasti Anda bawa sehari-hari. Anda bisa menyalakan flash kamera ponsel untuk mengecek letak kamera atau CCTV tersembunyi.

Caranya gak susah, kok! Anda cukup matikan semua sumber cahaya di dalam ruangan, seperti lampu.

Setelah memastikan kondisi ruangan sudah benar-benar gelap gulita. Nyalakan flash ponsel dan arahkan ke setiap sudut ruangan. Jika terdapat pantulan cahaya, Anda bisa terus mengarahkan flash menuju ke sumber cahaya tersebut.

Kemudian, periksa kembali apakah itu benar-benar kamera tersembunyi atau alat lainnya.

8. Gunakan Jaringan Wi-Fi

Semakin hari, Anda bisa semakin mudah menemukan jaringan Wi-Fi. Tahukah Anda bahwa kemajuan teknologi ini juga bisa menjadi salah satu cara mengetahui CCTV tersembunyi?

Selain bermanfaat untuk menggunakan internet, Anda bisa memanfaatkannya untuk mendeteksi adanya kamera pengintai yang tersembunyi di suatu ruangan yang Anda kunjungi.

Caranya, download aplikasi pemindaian khusus, alu hubungkan ponsel dengan jaringan wifi yang tersedia. Apabila sudah muncul notifikasi perizinan, klik setuju agar aplikasi bisa langsung memindai lokasi Anda.

Setelah itu, tunggu sebentar hingga proses selesai. Lalu, Anda bisa melihat daftar perangkat yang tersambung.

Apabila Anda menemukan nama jaringan yang mencurigakan pada Wi-Fi itu dapat menjadi tanda bahwa terhadap kamera atau CCTV tersembunyi pada ruangan itu.

9. Periksa Cermin yang Ada di Ruangan

Selanjutnya, jangan lupa untuk memeriksa cermin-cermin yang ada pada ruangan. Terutama saat Anda sedang berada di ruangan hotel atau toilet umum.

Cermin yang patut diwaspadai adalah cermin dengan model dua arah. Cermin ini aka menampilkan sisi berbeda serta tidak memantulkan bayangan seperti pada umumnya.

Cara mendeteksinya pun mudah! Anda cukup menempelkan satu jari ke cermin tersebut dan cek apakah ada jarak antara jari dengan pantulan. Jika ternyata tidak ada jarak, Anda sebaiknya berhati-hati dan menghindarinya, ya!

Demikian pembahasan mengenai cara-cara mengetahui CCTV tersembunyi. Mulai dari memeriksa kondisi lingkungan sekitar, menggunakan ponsel, hingga memeriksa cermin.

Semoga artikel di atas dapat bermanfaat untuk Anda di kemudian hari. Yuk, telusuri blog kami untuk mendapatkan informasi-informasi menarik dan penting lainnya!

Artikel Terkait

Artikel Terbaru