Cara Menata Perabotan Tupperware Agar Rapi di Dapur

Perabotan yang berserakan di dapur memang sangat mengganggu pemandangan. Untuk merapikannya, apakah Anda salah satu dari orang yang mengoleksi Tupperware? Jika iya, simak beberapa alternatif cara  menatanya berikut ini agar tidak lagi mengganggu pemandangan.

Alternatif Penataan Perabotan Agar Rapi di Dapur

Ada beberapa metode yang bisa Anda terapkan untuk menata perabotan yang dimiliki. Pilihlah cara yang paling mudah agar tidak memakan banyak waktu dan tenaga. Simak macam-macam cara penataannya berikut ini.

  • Pisahkan Kontainer dengan Tutupnya

Alternatif pertama yang bisa Anda coba adalah dengan memisahkan antara kontainer dan tutupnya. Cari ini dipilih untuk menghemat ruangan. Sering kali tutup kontainer yang cenderung lebih besar akan membuatnya susah dimasukkan ke dalam ruang penyimpanan.

Siapkan dua ruang penyimpanan yang berbeda. Ruang pertama digunakan untuk menyimpan kontainer secara keseluruhan. Anda dapat menumpuk kontainer dari ukuran terbesar di bagian paling bawah. Metode ini akan membuat perabotan lebih banyak dalam satu ruangan.

Anda dapat membuat kotak penyimpanan yang lebih kecil untuk menyimpan tutupnya. Gunakan cara yang sama seperti saat menyimpan kontainer, yaitu ditumpuk dari dimensi paling besar. Gunakan selotip agar lebih mudah dalam menata tutup kontainer.

  • Menyimpan di Kabinet

Menyimpan di kabinet juga menjadi salah satu cara menata perabotan Tupperware. Gunakan metode yang sama dengan penataan sebelumnya. Letakkan kontainer berukuran paling besar di urutan terbawah. Selanjutnya sesuaikan hingga memenuhi ruang kabinet.

Renos.id

Apabila Anda merupakan orang yang cukup presisi dan menyukai keseragaman, maka dapat menyusun perabotan kontainer dalam satu warna. Hal ini juga membuat susunan nyaman dilihat oleh mata karena tampak serasi.

  • Simpan di Rak Khusus

Alternatif nomor tiga yaitu menggunakan rak khusus untuk menyimpan perabotan koleksi. Anda dapat membeli rak yang diinginkan di Online shop, toko meubel, atau forum jual beli. Ada banyak pilihan model dan harga yang bisa disesuaikan dengan budget.

Apabila Anda menginginkan rak khusus yang sesuai dengan jumlah atau dimensi perabotan, maka dapat memesan model custom. Pesan ke tukang di sekitar Anda untuk rak berbahan dasar kayu atau tukang las untuk model alumunium dan besi.

  • Menata Kontainer yang Berisi Bahan Makanan
tupperware food container

Renos.id

Menata Tupperware yang berisi bahan makanan juga dapat dijadikan sebagai opsi penataan yang efektif. Dalam hal ini, letakkan kontainer dengan bobot paling berat di bagian paling bawah. Lanjutkan dengan tingkatan yang lebih ringan sampai memenuhi ruang penyimpanan.

  • Menggunakan Pembatas Buku

Penataan perabotan di dapur juga bisa dilakukan dengan menggunakan pembatas buku. Satu hal yang perlu diingat adalah sekat yang digunakan berupa pembatas buku bagian luar, bukan sticky note untuk membatasi halaman di dalam buku.

  • Menggunakan Kardus Bekas

pexels.com

Menata perabotan di dapur dengan menggunakan kardus bekas juga akan lebih mudah untuk dikerjakan. Anda cukup menyediakan kotak snack atau kardus yang sudah tidak digunakan untuk wadah atau tutup kontainer, sangat simpel bukan?

 

Tips Merawat Tupperware Agar Awet di Ruang Penyimpanan

Renos.id

Setelah Anda mengetahui cara  menata perabotan di dapur, ada baiknya untuk menyimak beberapa tips di bawah ini agar koleksi perabotan tetap awet saat disimpan. Hal ini akan masa pemakaian perabotan jauh lebih lama.

  • Simpan Dalam Kondisi Kering

Pastikan kondisi perabotan benar-benar dalam keadaan sudah kering dan tidak ada air sisa pencucian yang menempel. Hal ini bertujuan untuk menjaga wadah tetap bersih dan tidak menjadi tempat berkembang biak jamur.

  • Gunakan SIlica Gel

Agar kondisi di dalam ruang penyimpanan selalu kering, Anda dapat menggunakan silica gell. Benda berbentuk butiran tersebut akan menyerap semua air yang terdapat di ruang penyimpanan. Dengan begitu, semua perabotan Anda tetap dalam kondisi kering dan bersih.

Silica gell dapat Anda beli di toko Online shop agar harga yang diperoleh lebih murah. Taruh 3-5 kantong silica gell dalam satu ruang penyimpanan. Semakin banyak Anda menaruh silica gell di dalamnya, maka potensi penyerapan air juga semakin banyak.

Mudah bukan penataan Tupperware sebenarnya? Dengan raji menatanya secara rapi, peralatan ini juga akan lebih awet karena umumnya cenderung lebih sering dibersihkan.

Tags:

Artikel Terkait

Artikel Terbaru