Pelajari Cara Memperbaiki Kipas Angin Rusak Paling Efektif di Sini!

cara memperbaiki kipas angin

Kipas angin adalah salah satu perangkat elektronik yang penting keberadaannya di setiap rumah. Fungsinya adalah untuk mensirkulasikan udara dan membuat suhu rumah lebih sejuk.

Apakah Anda punya masalah dengan kipas angin rusak yang tidak bisa berputar atau mendengarkan suara mendengung? Anda tidak selalu harus membawa kipas angin rusak ke tukang. Anda bisa dengan mudah memperbaiki kipas angin di rumah tanpa bantuan profesional.

Simak cara-cara memperbaiki kipas angin dengan mudah dan efektif dalam artikel berikut!

Penyebab Kipas Angin Tidak Berputar dan Berdengung

Tahukah Anda mengapa kipas angin Anda rusak? Ada dua kemungkinan penyebab masalah ini.

Pertama, bantalan atau bearing kipas mungkin sudah aus dan perlu diganti. Selain itu, kemungkinan Anda juga perlu mengganti komponen depan dan belakangnya.

Kedua, kipas tidak dapat berputar karena ketidaksejajaran as motor dan stator kipas. Hal ini disebabkan oleh penyoknya motor depan dan belakang. Apabila ini terjadi Anda harus mengganti seluruh rangkaian casing depan dan belakang.

Jika Anda mempertimbangkan untuk membawa kipas angin ke bengkel, periksa dulu cara Anda menggunakannya dan usia kipas. Penggunaan yang tidak tepat atau usia tua dapat menyebabkan masalah pada kipas.

Periksa juga kapasitor yang menyimpan muatan listrik untuk mencegah lonjakan arus saat kipas dihidupkan atau dimatikan. Kapasitor yang melemah dapat mempengaruhi kemampuan kipas untuk berputar.

Cara Memperbaiki Kipas Angin Rusak

Anda tidak perlu panik saat menangani masalah kipas angin rusak. Sekarang setelah Anda mengetahui apa saja penyebab kipas rusak, Anda dapat mencoba memperbaikinya sendiri di rumah.

Meskipun opsi termudah adalah membawanya langsung ke tukang, Anda juga dapat mencoba menghemat biaya dengan mengutak-atik kipas angin di waktu senggang.

Berikut telah kami rangkum cara untuk memperbaiki kipas angin paling efektif. Check this out!

1. Identifikasi Sumber Kerusakan atau Penyebab Kipas Angin Tidak Mau Berputar

Sebelum membongkar kipas angin, Anda perlu mencari tahu penyebab kipas tidak berputar. Periksa apakah bearing atau bushing sudah aus, kapasitor lemah, atau as motor dan stator rusak.

Setelah mengetahui penyebabnya, Anda bisa memulai proses perbaikan dengan hati-hati.

2. Buka Bagian Mesin Kipas angin

Mesin kipas terletak di bagian belakang kepala kipas. Rangkaian mesin ini memungkinkan baling-baling kipas dapat berputar.

Mulailah dengan membuka penutup depan dan belakang dan melepas baling-baling kipas. Gunakan obeng dengan empat mata kecil untuk melonggarkan kunci penutup kipas. Jangan lupa untuk simpan sekrup dalam wadah agar tidak hilang atau tercecer.

3. Bongkar Kerangka Kipas Angin

Jika langkah sebelumnya tidak berhasil, Anda bisa mencabut kabel daya dan bongkar kerangka kipas dengan hati-hati.

Lepaskan baut di bagian luar kipas untuk memisahkan bagian depan dan belakang rangka. Simpan bagian yang dibongkar dengan aman.

4. Periksa Bagian Penutup Dinamo

Buka penutup motor dinamo, buka baut-bautnya, lalu lepas stator dan poros motor dengan hati-hati agar tidak rusak.

Jika stator atau poros motor rusak maka perlu diganti dengan yang baru. Berhati-hatilah untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

5. Cek Juga Bagian Bearing atau Bushing Kipas Angin

Periksa motor dinamo untuk memeriksa apakah ada faktor keausan pada bearing atau bushing. 

Anda dapat melakukan ini dengan memeriksa langsung atau dengan memasukkan poros motor ke dalam bantalan atau selongsong dan mengayunkannya secara perlahan dari sisi ke sisi.

Jika terjadi kelonggaran yang berlebihan, itu berarti bearing atau bushing sudah aus dan perlu diganti. Lepas bearing atau bushing yang lama dan ganti dengan yang baru.

Terakhir, pasang kembali bearing atau bushing pada motor dinamo.

6. Bersihkan Kipas Angin dari Debu dan Kotoran

Setelah mengganti bearing atau bushing, jangan lupa untuk meluangkan waktu sejenak untuk membersihkan debu dan kotoran yang menumpuk pada kipas.

Gunakan kain kering atau kain kanebo lembap untuk menyeka kipas, pastikan tidak ada debu yang tertinggal pada mesin atau bilahnya, ya!

7. Pasang Kembali Semua Komponen Kipas Angin  // 5. Pasang kembali komponen kipas angin

Oleskan pelumas, oli, atau vaselin pada bearing atau bushing sebelum memasang kembali seluruh komponen kipas.

Pastikan setiap komponen diposisikan dengan benar dan terpasang erat. Terakhir, uji kipas untuk memastikannya berfungsi dengan baik.

8. Tes Kipas Angin

Setelah memasang ulang semua komponen, uji kipas untuk memastikan kipas berputar dengan lancar dan tanpa masalah.

Jika kipas tidak menyala, periksa kembali pemasangan masing-masing komponen.

9. Coba Cabut Kabel dari Sumber Listrik

Jika kipas masih tidak menyala, coba cabut kabel dari sumber listrik selama beberapa menit sebelum menyambungkannya kembali dan coba nyalakan kembali kipas.

Tindakan ini dapat mengatur ulang masalah kelistrikan apa pun yang menghalangi kipas berfungsi dengan baik.

10. Periksa Ulang dengan Menyalakan Kipas

Setelah proses perbaikan selesai, periksa kembali kipas angin dengan menyalakannya. Jika masih tidak berfungsi, bongkar kembali kipas dan periksa kembali setiap komponen apakah ada masalah.

Namun, apabila Anda masih menemui masalah atau kesulitan, mintalah bantuan ahli atau tukang reparasi.

Tips Merawat Kipas Angin Supaya Tidak Mudah Rusak

Berikut ini beberapa tips merawat kipas angin supaya awet:

1. Bersihkan Kipas Secara Rutin

Tips yang pertama adalah dengan membersihkan kipas angin secara rutin. Meskipun terdengar sederhana, tips ini dapat memperpanjang masa pakainya, terutama karena baling-balik kipas cenderung cepat menumpuk kotoran.

Usahakan untuk membersihkan kipas angin Anda setiap 2 minggu atau setidaknya sebulan sekali, ya!

2. Berhati-hati dan Hindari Pemakaian Kipas Angin yang Kasar

Hindari penanganan yang kasar, seperti memutar kepala kipas secara paksa, karena dapat menyebabkan kipas tidak berfungsi atau mati.

3. Jangan Lupa Berikan Waktu Jeda Pemakaian Kipas Angin

Jika kipas Anda mulai berdengung, ini mungkin menandakan bahwa motor terlalu panas. Untuk mencegah kerusakan, istirahatkan kipas Anda dengan mematikannya sekitar 10 menit sebelum digunakan kembali..

4. Jauhkan Kipas Angin dari Air

Hindari kipas Anda dari paparan air, karena dapat merusak komponen internal dan menyebabkan kegagalan sistem kerja.

5. Periksa Juga Kondisi Kabel Kipas Angin

Periksa secara teratur kabel kipas angin Anda apakah ada tanda-tanda kerusakan atau keausan. Jika Anda melihat ada masalah, segera ganti kabel untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

Demikianlah artikel yang membahas tentang cara memperbaiki kipas angin rusak. Untuk Anda yang mengalami permasalahan kipas angin tidak berputar atau berdengung, mungkin akan sangat terbantu dengan informasi yang telah dibagikan di atas.

Bagaimana? Ternyata cara memperbaiki kipas angin rusak tidak begitu sulit bukan? Sekarang Anda bisa lebih lega karena tidak perlu merogoh kocek tambahan untuk memanggil tukang.

Ingin menemukan produk produk kipas angin di Renos? berikut linknya: kipas angin ac, kipas angin dinding, kipas angin mini. kipas angin gantung

kipas angin maspion berdiri

Artikel Terkait

Artikel Terbaru